10 TEMPAT WISATA SELAM TERBAIK MILIK INDONESIA

Kali ini kami akan memberikan postingan tentang tempat-tempat wisata selam terbaik milik Indonesia. Tempat-tempat berikut merupakan tempat yang sudah terkenal keindahan biotalautnya sampai ke luar Indonesia.

1. Pulau Komodo

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Pulau komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini hampir menjadi salah satu situs warisan dunia di tahun 2010 lalu. Sesuai dengan namanya, pulau komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Hewan komodo merupakan kadal raksasa purba yang masih ada di dunia. Letak pulau komodo berada di sebelah timur pulau Sumbawa terpisah oleh selat Sape. Yang terkenal dari pulau ini selain hewan komodo adalah tempat wisata selam yang luar biasa indah.

2. Pulau Bunaken

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Luas Pulau Bunaken 8, 08 km2. Letaknya di teluk Manado di sebelah utara pulau Sulawesi, Indonesia. Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman sampai dengan 1.344 meter. Dari sekitar 20 titik penyelaman , 12 titik selam berada mengelilingi pulau Bunaken. Ke dua belas titik inilah yang paling terkenal dan paling sering di kunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan domestic atau wisatawan manca.

3. Talumben, Bali

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Talumben sudah sangat popular di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Kekayaan biota laut yang ada di daerah ini sungguh luar biasa. Jelas ini akan sangat memanjakan para penyelam dan wisatawan.

4. Pulau Wakatobi

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Pulau Wakatobi berada di Propinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini merupakan sebuah kabupaten tersendiri yang beribukota Wangi-wangi yang di tetapkan pada tanggal 18 Desember 2003. Selain sebagai nama pulau, Nama Wakatobi merupakan nama kawasan Taman Nasional. Luas keseluruhan sekitar 1,39 juta hektar di dalamnya termasuk seluruh keragaman laut. Daerah ini merupakan daerah konservasi laut dengan keindahan bawah laut yang memukau.

5. Raja Ampat Papua

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Raja Ampat merupakan sebuah daerah kepulauan dan sudah menjadi kabupaten di profinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten terletak di Waisai. Satu-satunya tranportasi untuk menghubungkan antar pulau dengan menggunakan angkutan laut dan udara. Jangan di Tanya, keindahan bawah laut Raja Ampat merupakan salah satu yang terbaik di Bumi ini.

6. Pulau Bangka

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Pulau yang terletak disebelah timur pulau Sumatra, Indonesia. Termasuk dalam wilayah profinsi Kabupaten Bangka Belitng, yang sekarang sedang di gadang-gadang menjadi pulau Laskar Pelangi. Luas pulau Bangka sekitar 11.693, 54 km2.

Spot renang di daerah ini di jamin akan memuaskan mata yang melihat.

7. Selat Lambeh

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Sebuah perairan sempit yang memisahkan daratan utama Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh. Kekayaan biota laut Selat Lambeh sudah terkenal sampai ke luar negeri. Keanekaragaman trumbu karang dan warna warni ikan sangat memanjakan.

8. Pulau Banda

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Terletak di tenggara Pulau Ambon. Terdiri dari 10 pulau kecil dengan luas 55 km2. Memiliki 3 pulau utama yaitu Pulau Neira, Banda dan Pulau Gunung Api.

9. Kepulauan Derawan

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dataran pantai dengan topografi datar, berpasir, memiliki kemiringan di bawah 25 derajat. Terdapat beraneka ragam biaota laut seperti yang sangat terkenal Scorpionfishes. Lalu pada kedalaman 10 meter kita akan menjumpai karang yang terkenal sampai ke penyelam luar negeri. Mereka menyebutnya “Blue Trigger Wall”. Karang ini memiliki panjang 18 meter dan terdapat ikan Trigger yang melegenda.

10. Alor

10 Tempat Wisata selam Terbaik Milik Indonesia

 

Terdapat di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayah 2.119 km2. Pulau ini berbatasan dengan laut Flores, laut Banda, Selat Ombai, serta selat Pantar. Karena letak geografis inilah keanekaragaman biota yang ada di dalamnya sangat luar biasa.

semoga artikel ini bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !