Bisnis Online

10 Tips Mendaftar AdSense Non Hosted

Apakah anda sudah lelah mendaftar adsense non hosted,?

... atau menyesal mengcostum domain blog dari blogspot ke domain pribadi padahal trafik blog sudah tinggi dan sudah menghasilkan dari adsense hosted?

Artikel ini akan mengulas pengalaman pribadi diterima adsense non hosted setelah costum domain....
oke, mari kita berbagi pengalaman…

Apa itu Adsense ?

Google adsense menjadi sebuah layanan periklanan PPC (Pay Per Clik) yang disediakan oleh google untuk memberikan kemudahan beriklan di blog/website.

Adsense memudahkan bagi pihak yang ingin memasang iklan dan mengenalkan produk mereka melalui aplikasi google adword di internet.

Disisi lain, google juga membuka kesempatan bagi para pemilik situs baik itu web / blog milik mereka untuk dipasangi iklan PPC google AdSense. Namun situs tersebut harus mematuhi aturan google yang ketat.

Banyak situs-situs besar di Indonesia yang menggunakan PPC adsense sebagai salah satu sumber penghasilan situs mereka.

Detik,com, Kaskus,co.id, kompas, viva serta banyak lagi situs-situs besar memanfaatkan google adsense sebagai suber pendapatan.

Google adsense menjadi primadona bagi para blogger dunia juga Indonesia, mereka berlomba mendapatkan pundi-pundi dollar dari adsense.

Uniknya adalah, siapa saja dapat mendaftar menjadi publisher adsense selama mereka memiliki sebuah situs, bisa berupa website/blog.

Mulai sekitar tahun 2012-2013, saya tidak tahu tepatnya, adsense mulai menerima blog berbahasa Indonesia, dimana sebelumnya hanya blog berbahasa tertentu saja yang bisa menjadi publisher adsense.

Akun Adsense Hosted Dan Non Hosted

Apa itu?

Sejak dua tahunan yang lalu, google membagi akun adsense menjadi dua jenis. Yaitu akun adsense hosted dan akun adsense non hosted.

Perbedaanya, akun adsense hosted adalah akun adsense yang disediakan bagi publisher yang menggunakan produk google seperti blog berplatform blogspot dan youtube. Akun ini hanya bisa di pasang di situs yang masih dalam naungan Google.

Sedangkan akun non hosted yang sering disebut sebagai akun adsense Non Hosted, jika anda memiliki adsense jenis ini, Anda bisa memasang  disemua blog/situs yang Anda miliki baik itu situs mitra google atau situs di luar naungan google seperti blog berplatform wordpress.

Setelah Anda membaca prolog di atas, saya yakin bagi yang baru mengenal adsense sudah memiliki gambaran terkait adsense.

Beikut 10 Tips Mendaftar AdSense Non Hosted

Jika disitus lain memaparkan trik-trik yang kadang kala sesat dan curang, saya mencoba menuliskan tips mendapat adsense Non Hosted dengan jujur dan disukai google.

Uraian ini hasil pengalaman saya diterima adsense Non Hosted.

#1 Konten / Isi Situs Yang Anda Miliki

Penting !

Tidak mungkin google akan menerima blog yang isinya hasil copy paste. Google sangat menyukai sebuah konten fress dan berisi.

Misalkan ;

Kita menganggap konten yang berbobot dan berisi adalah konten dengan tulisan panjang lebar, membahas hal-hal penting, bermanfaat bagi orang lain.

Namun nyatanya, konten dengan tulisan ringan, bahasa ringan dan tulisan yang bagi kita tidak terlalu penting malah lebih disukai google dari pada sebuah panduan lengkap panjang lebar yang sudah banyak diulas di Internet.

Contoh nyata, saya menjumpai blog dengan tulisan paling banyak 500 kata, dan yang di bahas didalamnya hal-hal yang kurang penting dan kurang diminati orang, namun blog tersebut diterima menjadi publisher adsense non hosted.

Kelebihan selain konten yang orisinil, frekuensi update artikel yang stabil. Bukan sering, tapi stabil. Jika kita mampu menerbitkan 5 artikel setiap hari, maka usahakan Anda stabil, dan lakukan hal yang sama setiap hari.

Tulislah sebuah konten yang unik dan berbeda. Meskipun tidak banyak di cari di internet, namun artikel jenis ini saya jamin sangat di sukai google.

Misalnya begini,

…banyak blog membahas tentang bisnis, jarang sekali yang membahas tentang wisata pedesaan, tulisan tentang wisata pedesaan akan lebih disukai google dari pada Anda menulis artikel bisnis yang sudah banyak ditulis blogger lain.

Konten kamu harus unik !

Bagaimanapun, konten adalah nyawa dalam sebuah web/blog. Luangkan waktu lebih untuk menulis konten. Lupakan sejenak tentang tampilan blog,  tapi fokus pada koten yang Anda buat, ..pertama dan utama adalah konten…

#2 Berapa Trafik Situs Anda?

Ada sebuah semboyan, Jika Anda ingin berhasil, kenali dan pelajari apa yang akan kamu lakukan !

Apa si tujuan google adsense ?

KEUNTUNGAN !.

Nah, jangan pikir adsense akan menerima situs anda jika situs anda tidak “berpotensi” menguntungkan.

“ngga ko, saya menjumpai blog dengan trafik rendah, tapi diterima adsense?

Pasti ada sisi unik tersendiri dari situs tersebut, kenapa saya sebut ‘berpotensi”, karena situs unik, akan menguntungkan google. Google memiliki pandangan lain, inilah yang saya sebut POTENSI.

Saya contohkan : Situs dengan trafik 1 juta pengunjung per hari, saya yakin, tanpa harus mendaftar adsensepun, adsense akan bersedia beriklan di blog tersebut. Dan kadang konten yang ada tidak terlalu panjang. Hanya menginformasikan sebuah berita aktual. Namun mampu meraup trafik jutaan sehari.

Keuntungan, trafik tinggi = potensi pendapatan tinggi = google menawari anda adsense tanpa repot mendaftar.

#3 Pengunjung Adalah Raja

Nah, ini sering kita lupa. Mendesain blog dengan template aneka rupa, dipenuhi pluggin, loading blog berat karena widget-widget ga penting.

Pertanyaanya, Apa yang akan Anda sajikan kepada pengunjung Anda?, Tampilankah, atau isi?

Saya si ga mau, kalau berkunjung ke blog yang bikin ga nyaman. Mending pergi cari blog lain.

Jangan salah bro, google selalu menilai blog Anda dari pengalaman pengguna yang mampir ke blog anda.

Jadi berikan servis prima, pengunjung yang berkunjung adalah orang yang sedang memiliki masalah, jadi berilah solusi dengan menonjolkan konten yang blog anda miliki. Jdikan pengunjung nyaman dan betah.

Apa hubunganya dengan google adsense ?

PENARGETAN IKLAN !,

..setiap iklan yang muncul akan menyesuaikan jenis dan isi konten yang ada. Konten Anda berupa berita wisata, maka adsense akan menyesuaikan iklan yang tampil apa saja yang berhubungan dengan wisata.

Jika tampilan blog anda super ribed, google juga malas untuk menarget jenis iklan yang sesuai dan mahal.

Belajar membuat pengunjung nyaman, adsense akan tertarik dengan blog Anda.

#4 Desainlah Blog Untuk Pengunjung Bukan Untuk Anda

Nah, masih terkait pengunjung. Biasanya blogger pemula yang lagi seneng-senengnya.

Mereka mendesain blog dengan berbagai bentuk, memasukan banyak sekali widget, dari tulisan yang berjalan, format tanggal yang bikin pusing sampai memasukan hewan peliharaan dalam blog.

Oke, tidak masalah jika tujuan blog yang anda buat hanya dilihat Anda, tapi bagaimana jika blog yang Anda buat untuk dibaca orang lain?

Bukan ilmu yang mereka dapat, malah pusing kepala dengan widget-widget yang Anda pasang.

Desain yang simple, atau ramai namun disesuaikan dengan konten dalam blog Anda. Pokoknya Anda sebisa mungkin bertindak dan berpandangan sebagai pengunjung blog Anda.

Tanyakan apakah anda nyaman?,

Apakah masalah Anda terselesaikan dengan membaca konten di blog tersebut?,

Apakah Anda nyaman, terbantu dan tidak tersesat?

Gunakan widget / pluggin yang memeang dibutuhkan dan membantu pengunjung menavigasi blog Anda.

#5 Tunggu Blog Anda Berumur 2 Minggu

Alasan penolakan adsense yang paling sering terjadi adalah tentang konten yang belum cukup. Dalam dua minggu, padahal Anda sudah menulis 100 artikel orisinal, namun alasan google masih tentang konten yang belum cukup.

Kenapa?

Karena artikel-artikel anda belum terindeks sempurna. Ingat jika ingin adsense non hosted, saran saya adalah jangan submit url manual ke webmaster , biarkan google mengindex dengan sendirinya.

Anda cukup buat akun google webmaster, buat peta situs, tapi biarkan pengindekan dilakukan oleh google.

#6 Buatlah sebuah strategi

Kalau saya begini :

Untuk blog Baru

3 hari pertama buat artikel sebanyak 40 artikel orisinal ya, 3 hari berikutnya setting template dengan baik, satu minggu berikutnya lupakan blog, tidak perlu menulis artikel, mengedit template dll. Biarkan saja. Lalu setelah 2 minggu berlalu sejak pembuatan, daftarkan blog Anda.

Kenapa tidak perlu membuat artikel atau mengedit template, karena blog Anda akan di anggap blog yang belum selesai dalam tahap pembangunan.

Kelebihan mendaftarkan blog baru adalah, belum banyaknya kesalahan yang kita buat. Jadi peluang untuk diterima adsense non hosted akan lebih besar.

Blog Lama :

Jika ingin mendaftar blog yang sudah berumur, maka pastikan trafik anda sudah tinggi.

#7 Pending Membuat Internal Link sampai Anda di terima

Nah, Jangan buat label di bagian atas, buatlah halaman seperti about, privacy dan lainya. Intinya jangan buat internal link secara manual.

Ini juga berlaku dalam artikel, usahakan jangan buat link-ling baik link internal ke artikel lain atau link eksternal.

Buatlah sebuah tulisan tanpa link, namun jika sudah diterima, baru buat link. Karena internal link sangat membantu SEO.

Kenapa?

Saya tidak bisa menjelaskan secara detail, ini adalah pengalaman pribadi saya. Mungkin berfungsi untuk mengurangi broken link atau sejenisnya.

#8 Buatlah Blog baru Yang Fress

Syarat Adsense non hosted adalah costum domain, jadi buat blog dengan costum domain. Bisa  melalui blogger atau wordpress, saya sendiri menggunakan costum domain blogger.

Jika Anda ingin hosting sendiri saran saya gunakan wordpress.

Pada saat itu saya membeli domain di Niagahoster.co,id untuk costum domain saya.

Ini Link NiagaHoster.co.id : Domain Murah Niagahoster

Seperti yang sudah sedikit di singgung, blog baru = sedikit kesalahan = di sukai google. Namun memiliki kelemahan, trafik yang belum tinggi, kita harus repot mengoptimasinya, serta blog belum sepenuhnya terindex google.

Untuk mendaftar adsense non hosted, kita membutuhkan sebuah blog yang unik dalam hal isi. Jadi carilah tema yang belum banyak di bahas di Internet.

Kalaupun Anda memiliki blog lain dan blog tersebut sulit untuk diterima adsense, buatlah blog baru sebagai blog khusus untuk mendaftar adsense.

Karena, ketika Anda sudah diterima adsense non hosted, Anda bisa memasang iklan di blog anda yang lain. namun ingat ! , blog tersebut tidak melanggat TOS google.

#9 Tidak Perlu Backlink

Kita sering lupa, bahwa adsense menarget iklanya sesuai dengan minat pengunjung. Apa artinya? Artinya sbisa mungkin blog yang akan Anda daftarkan Adsense reguler memiliki lalu lintas pengunjung dari mesin pencari.

Banyak blog yang ternyata sumber pengunjungnya dari referal atau direct. Biasanya blog yang sumber pengunjungnya dari lebih dari 50% berasal dari direct adalah blog baru yang mendapat backlink berkualitas dari situs bagus.

Namun ini salah, jika Anda berniat mendaftarkan blog ke adsense. Karena adsense menyukai pengunjung yang berasal dari mesin pencari.

Kenapa? Karena google melakukan penargetan iklan berdasarkan pengunjung.

Backlink memang memperkuat posisi kita di search, namun jika blog Anda masih baru jangan terburu-buru mencari backlink. Apalagi blog tersebut ingin didaftarkan adsense premium.

#10 Membuat Perlengkapan Blog (Navigasi yang baik)

Apakah Anda harus membuat privacy Policy, About dan kontak dalam blog?

Jawabanya, bisa iya bisa tidak. Pada kenyatanya, blog tanpa fasilitas tersebut bisa diterima. Google hanya menitik beratkan pada kata-kata Navigasi, jadi fokuslah membuat navigasi yang baik untuk pengunjung Anda.

Saya pribadi, pada saat diterima, hanya menyertakan halaman kontak saja. Label saya taruh di widget dan home + kontak saya taruh dibagian Atas. Pokoknya sertakan yang menurut Anda penting Untuk Pengunjung.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat !

Saya akan bercerita tentang pengalaman menghasilkan uang selain dari adsense,,

bahwa adsense hanya satu dari banyak cara menghasilkan uang dar internet,,

Saya sedang membuat artikel tentang Belajar bisnis online yang akan, telah dan sedang saya lakukan sekarang,,

Silahkan berlangganan artikel dari IM.Chyrun, mari kita belajar bersama dari awal…

10 Comments

  1. saya lihat blognya sudah bagus mas, terkategori dengan rapi dan user friendly…pengalaman pribadi saya :

    1. Tunggu sampai dengan sumber trafik yang datang sebagian besar dari mesin pencari..bisa di lihat di google analytik apakah sumber trafik sudah dominan dari mesin pencari..
    2. Jangan terlalu banyak backlink dulu, karena menjadikan sumber trafik hanya dari referal.
    3. jangan sering gonta ganti template,,,biarkan google sempurna dalam mengenali blog tersebut…

    semoga bermanfaat mas..

  2. untuk mendaftar adsense terkadang butuh keberuntungan, namun lebih dari 50% keberhasilan adalah karena isi konten itu sendiri, jika anda yakin blog sudah benar2 layak untuk mendaftar adsense, maka usahakan terus untuk mendaftar dengan blog yang sama..semoga ini bisa membantu.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !