10 Peringkat Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru

Update 28 Mei 2016

Pada postingan ini kami akan memposting 10 Universitas Terbaik Di Indonesia. Perengkingan Bedasarkan Jumlah Jurnal dan Web Universitas terkait.

Baik langsung saja kita ke TKP , Berikut adalah 10 universitas terbaik di Indonesia baik universitas Negeri atau Swasta menurut Webometrics:

Peringkat (3) 1. Universitas Gajah Mada (UGM)

Turun menjadi peringkat 3

Universitas ini terletak di provinsi Yogyakarta, Universitas pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1949 merupakan salah satu universitas terbaik yang dimiliki Indonesia. UGM merupakan cikal bakal Universitas di seluruh indonesia. Usut punya usut, UGM merupakan alasan kenapa kota Jogjakarta di sebut sebagai kota pendidikan. Universitas Gajah Mada pada tahun ini 2014 menyisihkan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam perebutan Universitas terbaik di indonesia dan dunia. Peringkat Dunia 600.

 

Peringkat (2) 2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Posisi masih tetap di urutan 2

Pada tahun lalu ITB menduduki peringkat pertama, namun pada tahun ini tersingkir ke peringkat dua oleh UGM. ITB berdiri pada tahun 1959 di Bandung. ITB merupakan salah satu dari pemilik akreditasi ABET yang dianugrahkan oleh Amerika Serikat, tidak heran karena Institusi ini memiliki fasilitas-fasilitas yang nomer wahid seperti Perumahan Dosen, Laboratorium, Bengkel, Studio, Galeri, dan Fasilitas-fasilitas olahraga. Peringkat Dunia 640.

 

Peringkat (1) 3. Universitas Indonesia (UI) 

Naik menjadi peringkat 1

UI memiliki peringkat dunia 696. Universitas Indonesia menjadi tiga besar universitas terdepan di Indonesia. Universitas yang terletak di dekat Ibu kota tepatnya di kota Depok ini menjadi Universitas favorit yang paling banyak dicari. Diresmikan dengan nama Universitas Indonesia pada tahun 1950 ini mempunyai kampus yang terpencar dijakarta, bandung dan kota lain.

 

4. Universitas Airlangga (UNAIR)  

Terlempar dari 10 besar

UNAIR diresmikan pada tanggal 10 November 1954, sebuah prestasi yang luar biasa pada tahun sebelumnya UNAIR berada di posisi 1404 dari seluruh Universitas di Indonesia. Pada tahun ini UNAIR melesat menjadi peringkat 4 di Indonesia dan 1013 Dunia. Tampaknya visi dan misi untuk menjadi Universitas yang mandiri, inovatif dan terkemuka sesuai selogan benar-benar direalisasikan, selamat dan sukses untuk UNAIR.

 

Poeringkat (8) 5. Universitas Pajajaran (UNPAD) 

Turun peringkat ke posisi 8 universitas terbaik Indonesia

Digagas oleh Ir. Soekarno akhirnya UNPAD diresmikan pada tahun 1957. Pada tahun ini UNPAD mendapat peringkat dunia 1036 dan menjadi peringkat 5 Universitas terbaik di Indonesia. Peningkatan Ranking yaitu dari 1084 dunia menjadi 1036 merupakan prestasi yang harus dicontoh oleh Universitas lain di Indonesia.

 

Peringkat (6) 6. Universitas Brawijaya Malang (UNBRAW) 

Posisi masih stagnan dan bertahan di peringkat 6

Universitas yang terletak di ujung selatang pulau Jawa tepatnya di kota Malang berdiri pada tahun 1963. Untuk level di Indonesia rangking UNBRAW masih stag di posisi 6 dari tahun kemaren dan sekarang. Peningkatan di rangking dunia menanjak cukup signifikan yaitu dari 1254 menjadi 1052. Peringkat dunia tidak berpengaruh pada peringkat di Indonesia karena poin Universitas di atasnya juga meningkat seperti UNPAD. Namun, universitas yang berada di atasnya semestinya waspada karena UNBRAW semakin mendekati rangking mereka.

 

Peringkat (4) 7. Universitas Diponegoro (UNDIP) 

Naik menjadi peringkat 4

Mengalahkan Universitas Kristen Petra, AIRLANGGA dan IPB, UNDIP melesat menduduki peringkat 7 di Indonesia. Meskipun dari beberapa survey UNDIP yang dilakukan oleh lembaga yang berbeda menyatakan UNDIP masih berada di posisi 10 besar. namun dari rilis terakhir mengatakan UNDIP sudah berada diposisi 7. Universitas yang didirikan sejak tahun 1961 mengalami peningkatan yang signifikan dan perkembangan yang baik.

 

Posisi (7) 8. Institut Pertanian Bogor (IPB) 

Naik peringkat ke posisi 7

IPB didirikan pada tahun 1963 mendapat posisi 8 besar universitas terbaik Indonesia. Merupakan Institut yang mengedepankan jurusan-jurusan pertanian. Berada di kota bogor yang merupakan kota dengan curah hujan yang paling tinggi di Indonesia.

 

Peringkat (5) naik dari luar 10 besar . Universitas Riau

Melejit menjadi peringkat 5, padahal di tahun sebelumnya tidak masuk 10 besar

Universitas Riau didirikan dari keinginan dan tujuan bersama antara masyarakat dan pemerintah lokal Riau. Keinginan ini diwujudkan dengan membentuk Preparatory Committee Universitas Riau (P3TR) di Tanjung Pinang. Namun, setelah ibukota provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, dan panitia juga pindah ke Pekanbaru. Pelopor pendirian Universitas yang Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abd ar-Rahman, H.s. Soesman dan Drs. Sutan Balia. Dari panitia besar dibentuk Yayasan Universitas Riau, dan dari mendirikan universitas ini. Universitas ini bernama Universitas Riau dengan Surat Keputusan Yayasan Universitas Riau No.02 / KPTS / JUR / 62 pada 25 September 1962, diperkuat oleh Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan 123 20 September 1963, efektif pada 1 Oktober 1962.

 

Peringkat (9) Universitas Sebelas Maret (UNS)

Disolo atau Surakarta Jawa Tengah ada sebuah kampus negeri berkualitas yang patut anda pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta atau yang sering kita kenal dengan nama UNS adalah perguruan tinggi negeri masuk dalam jajaran kampus terbaik seluruh Indonesia. Kampus UNS ini juga dipakai sebagai tempat Pelatihan Profesi Guru atau yang kita kenal dengan PLPG. Jika ingin kuliah disini, kampus ini menyediakan berbagai paket pendidikan baik itu diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktor.

 

Peringkat (10) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) adalah perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Berdiri pada tanggal 2 September 1961 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 tahun 1961, tanggal 21 Juli 1961. Pendirian Unsyiah dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia, nomor 161 tahun 1962, tanggal 24 April 1962 di Kopelma Darussalam, Banda Aceh. Unsyiah berkedudukan di Ibukota Provinsi Aceh dengan kampus utama terletak di Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Banda Aceh. Saat ini, Unsyiah memiliki lebih dari 30.000 orang mahasiswa yang menuntut ilmu di 12 Fakultas dan Program Paska Sarjana.

 

9. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Terdepak dari 10 besar

ITS berada diperingkat 9. Usaha untuk mendapatkan pengakuan dunia sudah dimulai sejak tahun 2005/2006. Peringkat dunia berada pada 1228. ITS mengedepankan Sains dan Teknologi, merupakan salah satu pusat Sains dan Teknologi di Indonesia.

 

10. Universitas Gunadarma (UG)

Terdepak dari 10 besar

Merupakan satu-satunya Universitas swasta yang mampu menembus 10 besar. mengalami penurunan peringkat dunia dari 1165 menjadi 1302 di tahun 2014. Terletak di kota Depok Jawa barat. Jurusan Ekonomi merupakan unggulan di Universitas ini.

Baca juga: 7 Jurusan kuliah terfavorit di Indonesia

  • Catatan :

Rangking tersebut didasarkan pada :

Keberadaan (Presence), yaitu jumlah halaman publikasi elektronik seperti web yang terdapat dalam lingkup web utama (domain web).

Keterbukaan (Openness) adalah relevansi sumber elektronik yang dipublikasikan di web terkait dengan kegiatan akademik serta perguruan tinggi terkait.

Dampak (Impact), berapa banyak jumlah halaman-halaman lain yang mencatumkan URL link perguruan tinggi.

Keunggulan (Excellence), yakni jumlah publikasi jurnal secara internasional yang juga harus memenuhi kriteria mutu tinggi. 

Berikut saya lampirkan tabel gambar dari 10 Peringkat Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru ;

10 Peringkat Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru

Berikut lampiran akreditasi dan rank 10 Peringkat Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun sebelumnya

10 Peringkat Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru

Demikian artikel 10 Peringkat Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru, semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi untuk anda.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !