10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA

Pada postingan kali ini wisata sains akan mengulas 10 Universitas terbaik yang ada di kawasan Asia Tenggara. Hal ini sangat penting kita perhitungkan sebagai bahan acuan dalam memilih universitas tempat kuliah. Artikel ini selain sebagai refrensi juga dibuat untuk menyambut MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean) yang akan di mulai tahun 2015  Tentunya kaum-kaum muda Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya didaulat sebagai  penerus bangsa yang punya kewajiban menjadi lulusan terbaik dari universitas-universitas terbaik. Baik berikut kami rangkumkan 10 Universitas terbaik ditahun 2015 versi webometrik.com, perengkingan berdasarkan beberapa parameter kualitas sebuah Universitas, seperti kualitas pendidik, fasilitas perkuliahan dan lainnya. Chek this :

1_National University of Singapore

National University of Singappore (NUS) merupakan universitas bertaraf internasional yang diakui dunia. Hal ini terbukti dalam peringkat NUS di berbagai ranking universitas yang terpercaya seperti QS World University Ranking dan Times Higher Education. Belum lama ini, NUS memperoleh peringkat kedelapan di dunia berdasarkan jumlah subjek yang menyabet top 10 di QS World University Ranking. Rahasia kesuksesan adalah, NUS tidak hanya menawarkan varian mata kuliah dengan dosen-dosen yang sangat berdedikasi dan berprestasi tetapi juga menyediakan berbagai program seperti double degree, minor, exchange program, internship dan berbagai program-program spesial lainnya yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi dari para mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi persaingan global. Selain itu, berbagai kesempatan untuk magang, berkuliah atau melakukan kegiatan sosial secara sukarela di berbagai belahan dunia terbuka lebar bagi para mahasiswa.

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
National University of Singapore

Mahasiswa tidak hanya mengambil mata kuliah dibidang mereka saja, mereka dibebaskan untuk memilih mata kuliah di luar bidang mereka. Hal ini memungkinkan ketika mahasiswa tersebut lulus maka akan mampu bersaing di dunia global, tidak hanya melulu ahli dijurusan tertentu saja. Pemilihan mata kuliah ini berdasarkan minat mahasiswa, misalnya seorang mahasiswa jurusan sains tertarik mengambil mata kuliah ekonomi, maka di universitas ini disediakan jatah pemilihan mata kuliah minat di luar bidang/ jurusan yang di ambil.

2_Mahidol University

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
Mahidol University

Mahidol University adalah sebuah public research university yang berada di kota Bangkok, Thailand. Berdiri tahun 1888, sejarah awalnya adalah Sekolah Praktek Kedokteran Sirriraj Hospital dan kemudian pada tahun 1943 berubah menjadi University of Medical Science. Universitas awalnya berfokus pada bidang studi kedokteran lalu kemudian berkembang ke bidang studi lainnya.

Mahidol University International College (MUIC), adalah Universitas internasional pertama di Thailand, MUIC menawarkan program graduate dan undergraduate kelas internasional yang beragam.

3_Nanyang Technological University

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
Nanyang Technological University

Nanyang Technological University, didirikan pada 1955, berlokasi di bagian barat daya Singapura. Mahasiswa NTU mencapai 49.155 orang. NTU terdiri dari 4 fakultas dan 12 sekolah tinggi. Fakultas Teknik dengan enam sekolah, fokus pada inovasi teknologi. Fakultas Sains menawarkan ilmu sains. Sekolah bisnis menawarkan program MBA. Fakultas Humaniora, Seni, dan Ilmu Sosial menawarkan program untuk bidang seni, desain, media digital interaktif.

4_Kasetsart University

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
Kasetsart University

Terletak di jalan Phahonyothin no 50, Lat Yao, Jatujak, Bangkok 10900 dekat Phahonyothin Jalan Kilometer 14 di antara persimpangan jalan Phahonyothin dan Ngamwongwan.

Kasetsart University adalah universitas yang dikenal di dunia internasional dalam hal keunggulan akademik dan karya standar dunia. Ini adalah penggerak utama dalam menghimpun sumber daya intelektual untuk membantu bangsa mencapai pembangunan berkelanjutan dan kekuatan negosiasi di masyarakat dunia. Universitas asal Thailand ini menyodok di urutan 4 universitas terbaik di Asia Tenggara.

5_Universitas Gadjah Mada

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. Masyarakat Indonesia sering menyebut UGM. UGM merupakan universitas bersifat nasional. Universitas Gadjah Mada berperan penting dalam pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia Pada saat didirikan, Pada masa pendirian Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, namun sekarang memiliki 18 Fakultas, satu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), dan satu Sekolah Vokasi. Universitas Gadjah Mada adalah universitas tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan atau program studi. Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

6_Chulalongkorn University

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
Chulalongkorn University

Universitas didirikan oleh pemerintah pada akhir abad ke-19. Terbentuk dari reformasi birokrasi Raja Chulalongkorn, yang bertujuan untuk mengubah masyarakat Thailand feodal menjadi negara modern. Pada tahun 1899, raja mendirikan Kepegawaian Pelatihan Sekolah. Mereka yang lulus dari sekolah akan bekerja untuk kerajaan.

Pada April 1, 1902 nama sekolah harus diganti untuk meningkatkan martabat mahasiswa dan lulusan. Pada tanggal 1 Januari 1911, berganti nama sekolah menjadi Civil Service College of Raja Chulalongkorn.

Kampus ini menawarkan 8 jurusan yang diajarkan oleh 5 sekolah termasuk;

  • Sekolah Hubungan Internasional di Royal Palace
  • Sekolah Pelatihan Guru di Baan Somdet Chao Phraya
  • Kerajaan Medical College di Rumah Sakit Siriraj
  • Sekolah Ilmu Hukum
  • Sekolah Teknik Ilmu di Windsor Palace

 

Sekarang sudah banyak jurusan yang disediakan oleh Chulalongkorn University. Universitas ini masuk dalam 10 universitas terbaik di Asia Tenggara.

7_Chiang Mai University


10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
Chulalongkorn University

Universitas Chiang Mai memiliki empat kampus, tiga diantaranya terletak di Chiang Mai dan satu di Lamphun, total mencakup sekitar 3.490 hektar (14,1 km2). Universitas Chiang Mai adalah universitas riset besar, dengan mayoritas pendaftaran yang berasal dari mahasiswa pascasarjana dan profesional.

8_Universiti Teknologi Malaysia

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015

Chiang Mai University

 

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) adalah lembaga utama pendidikan tinggi tertua di Malaysia yang mengkhususkan diri di bidang teknik dan teknologi. Pada tahun 1904, UTM menyediakan hampir dua pertiga dari tenaga kerja negara di bidang teknik dan profesi yang berkaitan dengan teknologi. Fokus utama universitas ini adalah dibidang teknologi, meskipun sekarang sudah dibuka banyak jurusan.

Universitas ini memiliki perpustakaan yang sangat besar (dikenal sebagai Perpustakaan Sultanah Zanariah) dengan fasilitas online. Ada layanan bus gratis, serta lokal dan internasional restoran di kampus. Universitas menyediakan fasilitas ramah cacat. UTM bertujuan untuk mencapai status universitas global dan peringkat di antara 50 universitas terbaik di dunia pada tahun 2020.

9_Universiti Putra Malaysia

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
Universiti Putra Malaysia

Universitas Putra Malaysia (bahasa Melayu: Universiti Putra Malaysia, UPM) adalah sebuah universitas di Malaysia. Universitas ini didirikan pada tahun 1971 sebagai Universitas Pertanian Malaysia, melalui penggabungan antara Fakultas Pertanian Universitas Malaya dan Kolej Pertanian Malaya Serdang. Universitas ini bermula dengan tiga buah fakultas yaitu Pertanian, Perhutanan dan Kedoktoran Hewan dan Sains Peternakan dan terus kekal sebagai sebuah universiti tradisional yang memberikan tumpuan terutama kepada pendidikan ijazah pertama, penyelidikan dalam bidang pertanian dan bidang yang berkaitan. Walaubagaimanapun, pada awal tahun 80-an, UPM telah memperluaskan bidang tumpuannya dengan memasukkan bidang Sains dan Teknologi (S&T).

Pada tahun 1994, UPM memulakan satu rancangan yang bercita- cita tinggi untuk membina Universiti Masa Hadapan yang menyediakan sistem-sistem penyampaian yang lebih baik dan terkini dalam pendidikan sains dan teknologi dengan memanfaatkan bidang teknologi maklumat (IT) yang sedang pesat berkembang. UPM telah bertukar dengan pesatnya menjadi kampus tanpa sempadan yang melampaui sempadan kebangsaan.

10_King Mongkut’s University of Technology Thonburi

10 UNIVERSITAS TERBAIK ASIA TENGGARA TAHUN 2015
King Mongkut’s University of Technology Thonburi

 

University of Technology Thonburi adalah akademi teknologi terkemuka di Thailand, dengan fokus pada pengajaran dan penelitian di bidang teknik dan teknologi serta melayani industri. Nama terkenal singkat universitas adalah “Bangmod”, nama lokal untuk daerah di sekitar universitas. KMUTT terletak di Thung kabupaten Khru, Bangkok dan secara resmi didirikan pada tanggal 18 April 1960. universitas ini memiliki tiga kampus: dua dari mereka di Bangkok (Bang Mod dan Bangkhuntian) dan yang ketiga di provinsi Ratchaburi.

Demikian artikel 10 Universitas terbaik di Asia Tenggara yang wisata sains rangkum untuk para pemuda yang sedang bingung menentukan pilihan akan kuliah di mana. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih

Baca juga : 3 UNIVERSITAS TERBAIK DUNIA

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !