Mau Kuliah ?5 Kampus Terbaik Kelas Karyawan

12 Destinasi Menawan Pulau Tidung Gugus Kepulauan Seribu

Destinasi Menawan Pulau Tidung. Berawal dari cerita sahabat yang ingin menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Ada seorang teman menceritakan pengalaman berkunjung ke gugusan pulau seribu bernama Pulau Tidung.

Kali ini chyrun.com ingin bercerita tentang keindahan Pulau Tidung. Cerita ini kami buat berdasarkan pengalaman Tour Wisata pada saat kami masih kuliah.

Mengenal Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu dari gugusan kepulauan seribu yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa. Terletak di Kecamatan kepulauan seribu selatan, Kabupaten Kepulauan seribu, Jakarta.

Jarak dari Jakarta ke pulau tidung tidak sampai 3 jam perjalanan. Kondisi alam yang menawan dan keramahan penduduk khas ketimuran menjadikan Tidung terkenal ke seantero Nusantara bahkan Dunia.

Pulau tidung terdiri dari 2 pulau. Tidung besar dan Tidung kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang terkenal dengan sebutan Jembatan Cinta. Pulau tidung menjadi destinasi unggulan wisata bahari Nusantara kepada Dunia.

Pulau Tidung Besar dengan luas 54 Ha dan Pulau Tidung Kecil 18 Ha, Pulau Tidung Besar terdiri dari 4RW dan 29RT terdiri dari 1142 kk dan 4354 jiwa.

Jalur menuju pulau Tidung kami tempuh dari Muara Angke Jakarta. Di muara angke tersedia kapal penumpang yang menunggu para wisatawan yang akan berkunjung ke pulau Tidung. Sebenarnya ada jalur menuju pulau tidung yang lebih cepat yaitu melalui pelabuhan Rawasabang Tanggerang. Kita hanya membutuhkan sekitar satu jam jika melalui Pelabuhan Rawasabang Tanggerang.

Ada banyak paket wisata yang ditawarkan jika anda menyewa agen wisata, Dari harga 300 ribu-5 juta rupiah. Pada saat kami ke pulau tidung, kami memilih datang secara berkelompok dan menyewa paket wisata sesuai dengan kantong para Mahasiswa.

Kami berangkat dari Muara angke sekitar pulul 7 pagi dan sampai sekitar pukul 10 siang. Sesampainya di sana, kami disambut oleh pasir putih dan jembatan yang nampak panjang indah menghubungkan kedua pulau.

Ada beberapa destinasi wisata yang ditawarkan, dari hutan magrove, wisata bawah air, Wisata Jembatan Cinta, Wahana Air, Bersepeda dan lain-lain. Yang paling mengesankan adalah ketika bersepeda mengelilingi seantero pulau tidung besar. Kita akan melihat pemandangan yang luar biasa dan menawan.

Oke, berikut kami sajikan 11 destinasi wisata pulau Tidung kepulauan seribu ;

#1. Pulau Tidung Besar

Sedikit sudah di singgung di atas tentang Tidung Besar. Jika kita mengunjungi Tidung maka kaki kita pertama kali akan berlabuh di Pulau Tidung Besar.

Pulau Tidung besar dihuni oleh penduduk lokal daerah setempat. Tapi jangan khawatir, kita tetap bisa menikmati keindahan pulau ini.

pulau tidung besar

Apa saja yang ditawarkan tidung besar, asir pantai yang indah, semilir angin sejuk, jernihnya air laut dan beberapa spot untuk bersantai ria menikmati suasana pantai.

Di pulau tidung besar ini banyak fasilitas yang tersedia, dari akomodasi yang mudah, kuliner serta penginapan. Semuanya cocok untuk kantong ukuran mahasiswa.

Kita bisa bersantai dan menikmati pemandangan eksotis bersama pasangan atau keluarga besar.

#2. Pulau Tidung Kecil

Pulau tidung kecil tidak memiliki penduduk lokal. Ini artinya alam akan terjaga dalam kondisi alamiah dan akan membuat Anda semakin terpesona dengan keindahanya.

Sajian utama pulau ini adalah hutan mangrove. Mangrove di pulau ini sangat penting perannya. Mencegah proses pengikisan pantai oleh air laut dan menjaga setiap sendi kehidupan di pulau.

Pulau Tidung kecil
Pulau Tidung kecil

Karena pentingnya mangrove, kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam menanam pohon mangrove sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian kita pada lingkungan khususnya pulau tidung kecil.

Di pulau ini Anda bisa berpartisipasi dalam menanam pohon mangrove. Selain berkunjung dengan tujuan pariwisata, ada sesuatu yang Anda tinggalkan di pulau tidung. Dan suatu saat Anda bisa kembali lagi untuk melihatnya.

#3. Jembatan Cinta

Jangan tanya kenapa dinamai jembatan cinta gaes , saya tidak tahu. Setahu saya, jembatan ini mengubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Jembatan Cinta pulau tidung
Sumber gambar : wisatapulautidung.com

Panjang jembatan kurang lebih 800 meter. Terbuat dari kayu. Dari atas jembatan, wisatawan dapat melihat pemandangan bawah air laut seperti terumbu karang, ikan-ikan dengan warna-warni.

Saat menjelang matahari terbit atau pada saat matahari terbenam, jembatan ini menjadi tempat yang romantis.

Jarak jembatan ke permukaan air laut paling tinggi sekitar 8 meter. Banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk menguji adrenalin dengan terjun dari atas jembatan ke dalam laut. Jembatan ini adalah salah satu spot terbaik jika  kamu hobi fotografi.

#4. Makam Keramat

Letaknya di pulau Tidung kecil, konon makam ini adalah seorang makam panglima yang dengan gagah berani melawan kolonialisme belanda.

Ada 2 versi cerita mengenai makam keramat ini. Jika di atas adalah versi pertama, maka berikut adalah versi kedua.

Makam ini ditemukan tahun 2011, sebuah makam keramat kabarnya berasal dari suku Tidung Kabupaten Malinau-Kalimantan Timur, menurut cerita beliau adalah seorang raja di wilayah suku Tidung yang Hijrah ke Pulau Tidung Besar ketika zaman penjajahan belanda dan nama raja tersebut adalah raja Pandita yang hingga wafatnya dimakamkan di Pulau Tidung kecil yang lokasinya terpencil dan jauh dari penduduk.

Karena diartikel ini membahas wisata, jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang sejarah Pulau tidung bisa di baca di sini.

#5. Pantai Saung Perawan

Pantai ini adalah spot yang dikhususkan untuk peristirahatan setelah anda lelah berkeliling pulau tidung. Banyak pohon rindang dan semilir angin pantai yang sejuk.

pantai saung perawan

Pantai ini juga dilengkapi dengan kemudahan kemudahan tranportasi seperti penyewaan sepeda. Anda bisa bersantai dan mencari minuman di pantai ini.

#6. Pulau Payung Besar

Seperti halnya pulai tidung, pulau payung juga di bagi menjadi pulau payung besar dan pulau payung kecil.

Pulau ini tidak jauh dari pulau tidung. Pulau ini menawarkan kegiatan luar ruangan salah satunya adalah kegiatan berkemah di pinggir pantai.

Bermalam di pantai pulau payung menjadikan pengalaman kamu tak terlupakan. Kamu bisa melakukan snorkeling di sekitaran pulau dan melihat keindahan bawah laut yang cantik.

Pulau Payung
img.okezone.com

#7. Pulau Payung Kecil

Tidak berbeda dengan pulau payung besar, pulau payung kecil juga menawarkan hal serupa. Hanya saja kalah populer dengan pulau payung besar.

#8. Pantai Cemara Kasih

Tersedia warung yang menyajikan jajanan. Pantai cemara kasih juga merupakan pantai yang biasanya dijadikan sebagai tempat peristirahatan wisatawan.

Pulau cemara tidung
Sumber : Liputan6.com

Ada fasilitas tempat duduk seadanya dan ada ayunan yang menggantung pada pohon-pohon rindang pinggir pantai.

#9. Penangkaran Penyu Sisik

Pulau tidung memang salah satu jalur perlintasan reproduksi penyu sisik. Hal ini serius di manfaatkan oleh pemerintah dan pihak yang terkait untuk memasukan destinasi penangkaran penyu dalam kepariwisataan.

Sangat cocok untuk wisata edukasi bagi anak-anak dan pelajar. Menanamkan kecintaan pada lingkungan dan menjaga ekosistem tetap seimbang. Apalagi kini banyak sekali perburuan ilegal penyus sisik yang tidak beradab.

Letaknya di pulau pramuka berdakatan dengan Pulau Tidung, Penangkaran Penyu Sisik menjadi destinasi wisata yang tidak boleh di lewatkan ketika Anda berkunjung ke pulau tidung.

#10. Pulau Semak Daun

Pulau semak daun di penuhi dengan semak belukar dan daun-daun hijau. Kesejukan akan terasa jika kamu berada dipulau semak daun.

#11. Taman Nasional Bawah Laut

Snorkeling dan diving adalah andalan destinasi wisata yang ditawarkan oleh gugus kepulauan seribu. Pun juga dengan keindahan bawah laut pulau tidung. Bawah laut pulau tidung masih masuk kawasan taman nasional bawah laut kepulauan seribu.

Taman Nasional bawah laut tidung
Sumber : inilahtempatwisata.com

#12. Penangkaran Hiu

Selain penangkaran penyu sisik, masih di tempat yang sama yaitu pulau pramuka. Penangkaran Hiu adalah gerakan pelestarian hiu dari ancaman kepunahan akibat  perburuan liar. Salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi adalah penangkaran hiu di pulau pramuka. Jika Anda berani, anda bisa berenang dengan hiu-hiu yang ada di penangkaran.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *