13 Kriteria Menjadi Guru Idaman Dan Cara Mendapatkannya

13 Kriteria Menjadi Guru Idaman Dan Cara Mendapatkannya – Menjadi guru haruslah bisa menjadi idola atau idaman semua siswanya. Dengan menjadi idola atau idaman siswanya, maka guru lebih mudah dalam berinteraksi dengan siswa dan siswa dapat mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru, siswa juga lebih menghormati guru.
13 Kriteria Menjadi Guru Idaman Dan Cara Mendapatkannya
13 Kriteria Menjadi Guru Idaman Dan Cara Mendapatkannya
Yang paling berperan adalah guru SD / MI. Karena pada usia SD / MI, yaitu usia  sekitar 6 sampai 12 tahun adalah usia dimana mereka merekam dan meniru.  Oleh karena itu guru SD / MI dituntut untuk menjadi suri tauladan yang baik untuk siswa-siswanya. Semua guru mulai dari guru kelas satu sampai kelas enam memiliki karakteristik sendiri – sendiri.
Guru kelas  satu dan dua adalah guru yang dianggap mempunyai kecerdasan emosional, sosial dan kepribadian yang tinggi. Guru yang tulisannya bagus. Guru kelas dua juga penanaman konsepnya bagus, karena kelas dua mulai ada konsep perkalian dan pembagian. Guru kelas tiga adalah kunci keberhasilan. Guru kelas tiga tulisannya bagus, penanaman konsepnya bagus yaitu penanaman cara membacanya, berhitung hafalan perkalian dan pembagian, hafalan agama dan umumnya juga. Guru kelas  empat dan lima dianggap guru yang dinamis, kreatif, inovatif, kecerdasannya tinggi, karena kelas empat dan kelas lima adalah duta SD / MI, yaitu puncak kegiatan SD / MI.maka guru kelas empat dan lima harus selalu siap memberi inovasi kepada siswa.Guru kelas enam dianggap sebagai guru yang paling cerdas, karena kelass enam melaksanakan seluruh konsep dari kelas 1 sampai 5.
Berikut adalah 13 kriteria menjadi guru idaman dan bagaimana cara mendapatkannya :
1. Percaya diri
Perlu diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi percaya diri adalah kurang bisa menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan. Untuk dapat menambah percaya diri, guru harus mau mendalami materi yang akan diajarkan kepada siswa.
2. Ramah dan selalu riang
Seorang guru harus selalu menyapa, murah senyum, riang kepada siswa.  Walaupun suasana hati sedang tidak baik tetapi diusahakan untuk tetap ceria.
3. Kreatif dan menarik
Caranya dengan menguasai metode-metode dalam mengajar hingga mampu melakukan eksperimen agar pembelajaran lebih menarik.
4. Menguasai materi
Caranya dengan menyiapkan materi sebelum mengajar, yaitu berupa , silabus, prota, promes, RPP, dll.
5. Penuh keakraban
Caranya :
Berinteraksi dengan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran
Bercerita lucu
Memberikan hadiah bagi siswa yang berprestasi
6. Menghargai siswa
Caranya dengan Memberikan hadiah bagi siswa yang berprestasi, tidak melecehkan, memperlakukan semua siswa dengan adil.
7. Peduli
Caranya dengan menanamkan simpati terhadap siswa.
8. Berpenampilan baik
Caranya dengan berpakaian yang rapi, sopan, bersih, tidak kusut, dan tidak kotor.
9. Semangat dan antusias
Caranya dengan tersenyum, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting dalam materi pelajaran, datang tepat waktu.
10. Adil dan sabar
Caranya dengan melakukan ujian terhadap siswa, dalam memberikan materi harus sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa.
11. Tidak gaptek (gagap Teknologi)
Caranya guru harus bisa menggunakan laptop/ komputer, dapat melakukan surat menyurat dengan menggunakan emai, dapat mengakses internet.
12. Memberikan umpan balik (Konstruktif)
Caranya dengan memberikan komentar pada lembar kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, memberi saran kepada siswa.
13. Berfikir kritis
Caranya dengan merespon pertanyaan dari siswa serta cepat menjawab, kritis dalam memecahkan masalah, mampu memperbaharui informasi – informasi terkini seputar dunia pendidikan.
Jika Anda ingin menjadi guru idaman maka cobalah ke tiga belas resep di atas. Semoga ilmu yang Anda ajarkan benjadi berkah untuk Anda. Ingatlah salah satu amal yang terus mengalir walaupun Anda sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat. Selamat berjuang !

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.