3 Kampus Terfavorit di Purwokerto

3 Kampus Terfavorit di Purwokerto – Purwokerto selain sebagai kota investasi yang menjanjikan, juga bisa dikatakan sebagai kota pendidikan, di kota ini banyak berdiri kampus-kampus dengan menawarkan jurusan yang beragam.

Purwokerto merupakan kota kecil dibagian selatan Jawa Tengah dengan penduduk sekitar 292.782 Jiwa. Mayoritas penduduknya sebagian besar adalah petani dan bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Banyak julukan yang disematkan ke kota ini. Ada yang mengatakan kota mendoan, kota kripik, kota gethuk sampai dengan kota pendidikan.

3 Kampus Terfavorit di Purwokerto

Univerisitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto

Julukan sebagai kota pendidikan memang tidak berlebihan karena kota ini banyak dijubeli para mahasiswa yang bersekolah disini ditunjang dari banyaknya kampus yang berada kota ini, selalin itu akses untuk menuju kota ini juga relatif mudah.

Banyak moda transportasi yang bisa dipilih untuk menunju kota ini. Dari mulai kereta api, bus hingga travel yang lalu lalang menuju kota ini. Transportasi unggulan di kota ini adalah kereta api.

Biaya hidup di Purwokerto juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia. Jadi buat yang ingin bersekolah disini tidak usah khawatir memikirkan biaya hidup. Hanya dengan uang Rp. 5.000,00 kita bisa makan kenyang.

Banyaknya mahasiswa yang bersekolah disini juga memunculkan geliat ekonomi warganya, dari mulai rumah makan, tempat kos dan wisata lokal kerap kali diramekan dengan adanya mahasiswa.

Sekarang mari kita bahas kampus-kampus favorit di Purwokerto dilihat dari banyaknya mahasiswanya:

Universitas Jendral Soedirman (Unsoed)

Unsoed terletak di jalan H.R. Boenyamin No. 708, lokasinya yang strategis memudahkan para mahasiswanya untuk menuju ke kampus tersebut. Kampus ini masih memegang tinggi kearifan lokal karena memang cirri khasnya seperti itu.

Sejarah penderiannya karena waktu itu hanya ada beberapa kampus negeri saja diwilayah Provinsi Jawa Tengah, maka atas inisiatif tokoh masyarakat dan pemerintah daerah akhirnya berdirilah kampus ini pada tanggal 23 September 1963.

Kampus ini cukup dikenal di Indonesia khusunya di Jawa Tengah terbukti dari mahasiswanya yang tidak hanya berasal dari wilayah Karisidenan Banyumas saja namun menyebar dari berbagai pelosok negeri.

Mengambil nama Jendral besar Soedirman yang berasal dari daerah kampus ini berdiri, untuk mengenang jasa-jasa beliau, dikampus ini juga terdapat monument patung Soedirman sebagai ciri khas kampus ini.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

Dulu Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bernama IKIP Muhammadiyah Purwokerto kemudian berevolusi menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terletak di desa Dukuhwaluh, Kembaran, Purwokerto Timur.

Kampus ini mulai sejak berganti nama, perkembanganya begitu pesat, banyak gedung-gedung baru dibangun untuk memenuhi banyaknya antusiasme mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah disini.

Dari tahun ketahun kampus biru ini selalu berkembang tidak hanya mahasiswanya yang banyak tersebar dari beberapa wilayah di Indonesia namun juga jurusan semakin tahun semakin lengkap.

Terakhir kampus ini membuka prodi Kedokteran, meski relatif baru namun ternyata peminat yang ingin masuk di prodi ini terbilang banyak. Bahkan mereka rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk bisa masuk ke kampus ini.

Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (IAIN)

Sebelum beganti nama menjadi IAIN kampus ini dulu bernama STAIN, bahkan sampai sekarang masih banyak orang yang menyebut kampus ini dengan nama STAIN. Memang pergantian nama ini tergolong masih baru.

Kampus Agama ini beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 40 A Purwokerto. Lokasi yang strategis untuk belajar karena tidak terlalu ramai dengan hingar-bingar kendaraan bermotor.

Kampus ini berdiri pada tanggal 21 Maret 1997, diawali dengan berdirinya IAIN Sunan Kalijaga yang menginduk kepada IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam perkembanganya kampus ini berganti nama menjadi STAIN Purwokerto yang mandiri lepas dari induknya.

Kemudian pada tahun 2014 lewat Peraturan Presiden Nomer 139 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) berubah nama kembali menjadi IAIN. Dengan pengembangan status kelembagaan tersebut IAIN Purwokerto memiliki kewenangan yang lebih luas untuk melakukan pengembangan berbagai disiplin ilmu dalam rumpun Islamic studies.

Demikian tulisan singkat mengenai “3 Kampus Terfavorit di Purwokerto” mari bersekolah di kota kami. Kota kecil penuh kenangan dengan segala hal-hal unik yang menyertainya.

Semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !