3 Kriteria Istri Ideal

3 Kriteria Istri Ideal – Sudah menjadi keumuman bagi manusia untuk menikah, memulai bahtera hidup, mengayuh lautan rasa dengan permulaan asmara.

Hampir semua lelaki tentunya mengidolakan sang pendamping hidupnya adalah sosok yang cantik, baik akhlak perilakunya, pintar inteligensinya, dari golongan terpandang, serta kaya materi. Wajar dan sah sah saja. Tapi dapat dipastikan wanita seperti itu hanya ada satu dari sekian ribu. Jikalau anda menemukannyapun belum tentu si wanita tersebut akan serta merta mau anda ajak untuk menikah.
Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk didalamnya wanita. Jadi jangan menerapkan hukum “HARUS!” terhadap kriteria yang seperti diatas. Tujuan menikah adalah bukan seperti dalam perlombaan, siapa yang dapat istri paling cantik, pinter, baik, kaya, dia yang akan menang. Bukan seperti itu… Tapi pastikan tujuan menikah anda adalah sebagai ibadah, melaksanakan sunah Rasul, dan juga “membantu” Tuhan dalam penciptaan manusia, Tuhan menitipkan manusia yang Dia ciptakan didalam rahim istri anda kelak.
Lantas bagaimana istri yang ideal itu?
Dalam menentuak pasangan, Nabi Muhammad SAW bersabda :
Wanita dinikahi karena empat hal, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya, pilihlah karena agamanya karena itu akan membuatmu bahagia”
Itu adalah urutan bagaimana memilih pasangan yang ideal, tapi disini saya akan memberikan kriteria yang lain, maksudnya sama, hanya saja dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
Berikut 3 kriteria istri ideal :
1. Harus bisa menjadi kekasihmu
Pernahkah anda pacaran? Atau pernah menyukai lawan jenis? Bagaimana perasaan anda saat itu? Biar saya tebak, pasti anda merasa suka, sayang, dan cinta. Yapz, perasaan seperti itulah yang harus anda miliki terhadap wanita yang akan anda peristri.
Dengan mendapatkan wanita yang menyukai anda, menyayangi , dan mencintai anda, tentunya anda akan mendapatkan segala kasih. Itulah yang disebut kekasih…

Kekasih  saya ibaratkan seperti cangkul dan lahan. Lahan selalu membutuhkan cangkul  dan cangkulpun takan berguna jika tak ada lahan. Takan tumbuh tanaman yang subur jika lahan itu tidak digemburkan terlebih dahulu oleh cangkul. Cangkul saling bekerjasama dengan lahan, tak terpisah. Anda dan istri saling bekerja sama untuk berkekasih.

3 Kriteria Istri Ideal

2. Harus bisa menjadi sahabatmu
Nanti di dalam urusan rumah tangga, bukan hanya ada urusan dapur dan kasur, akan ada konflik/persoalan. Nah didalam menghadapi masalah tersebut kadang kala kita tidak bisa menyelesaikan sendiri, perlu ada pertimbangan dari pihak lain. Dalam hal seperti inilah anda akan memerlukan sahabat, sahabat diskusi, sahabat musyawarah.
Carilah istri yang pemikiran dan inteligensinya setara dengan anda, tidak terlalu dibawah dan tidak terlalu diatas anda. Ini penting, sebab yang diperlukan adalah hubungan mitra, bukan atasan atau bawahan. Istri anda harus bisa saling diskusi dan saling berfikir..

3 Kriteria Istri Ideal

3. Harus bisa kamu “ibu”kan

Coba bayangkan ketika kamu dilahirkan, ibu menjadi sosok yang rela sakit bahkan rela mati demi dirimu. Ketika kamu bayi, dia tanpa mengeluh mengurus segala kerepotan yang kamu perbuat. Ketika kamu kanak-kanak, dengangan sabarnya beliau menghadapi kenakalan dan onar yang kamu lakukan. Ketika remaja, dia tak habis berfikir memikirkan nasib masa depan kamu. Dan begitupun seterusnya sosok ibu menjadi tokoh utama yang akan selalu memikirkan segala segi hidupmu. Pemikiran itu takan habis sampai beliau wafat menyudahi jasa mulianya.
Cinta yang tulus seperti itulah yang kita akan perlukan. Istri seperti ibu, karena istri yang seperti ibu-lah yang akan memberikan ketenangan pikiran dan memberikan bantuan dengan murni dan kasih mesra, bukan menambah persoalan di dalam kehidupan anda.
Jika istri seperti ibu, dia tidak akan marah dan tetap cinta bila tanpa sengaja anda melupakannya. Dia juga tidak akan pergi bila anda sedang jatuh, bahkan jika jatuh sejatuh-jatuhnya.

3 Kriteria Istri Ideal

Itulah ketiga kriteria istri ideal menurut saya. Setiap wanita tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak akan ada wanita yang sempurna persis seperti yang kita bayangkan. Diri kita pastinya juga seperti itu, jangan cari yang sempurna-sempurna banget, karena itu susah dicari, apalagi didapat. Jangan mencari yang sempurna, carilah yang menyempurnakan. Kesempurnaan adalah kecukupan dan kesyukuran.

Usaha dan doa adalah dua hal yang mutlak diperlukan dalam pengembaraan anda mencari istri, jadi jangan tinggalkan salah satunya. Selamat mencari istri dan selamat berbahagia…

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !