5 Destinasi wisata di Banyumas yang tidak semua orang tahu

5 Destinasi wisata di Banyumas yang tidak semua orang tahu – Purwokerto bagi sebagian orang dikenal sebagai kota investasi dan pendidikan, ternyata dibalik itu semua ada sisi lain di kota yang penuh kenangan ini (Bagi sebagian pelajar yang mempunyai kisah cinta sih) hehe, nah bagi kita yang sampai sekarang masing sendiri apa dong kenangannya (Garuk-garuk kepala).

Bagi saya yang dulu sering bolos kuliah, maksud saya yang sering memanfaatkan fasilitas dispensasi kuliah. Dari pada bingung, bengong terus mikir jorok. haha, dan kebetulan saya juga senang traveling maka hal yang saya lakukan adalah jalan-jalan bersama teman seperjuangan pencari dispensasi itu, untuk memanfaatkan destinasi wisata yang ada di Banyumas.

Selain berharap di tempat yang kami tuju menemukan jodoh yang bisa kami persunting, tujuan kita jalan-jalan adalah lebih mengenal sisi lain destinasi wisata baru di daerah kami beradu harap dan menghabiskan jatah uang saku yang kami terima dari orang tua kami masing-masing. Huhu.

Baca juga : Sejarah Wisata Gunung Putri Desa Kalitapen

Okeh saatnya kita jalan-jalan, nah berikut ini 5 Destinasi wisata di Banyumas yang tidak semua orang tahu.

  1. Curug Nagga

Curug Nangga

Curug Nangga

Curug (Air Terjun) Nangga menjadi popular sekitar tahun 2014 lewat orang-orang yang sering men-share-nya di Media sosial, curug Nangga sendiri terletak di desa Petahunan, Pekuncen, Ajibarang, selain curug yang bisa kita nikmati disana adalah panorama alam yang sangat memukau dahsyat dan mengelegar, idih alay banget ya. hehe… disamping itu kita juga disana disajikan menu makanan khas Banyumasan yaitu pecel dan mendoan, mantap bukan? Coba bayangkan sembari menikmati makan sembari juga kita menikmati indahnya panorama alam tentunya juga akan lebih lengkap dengan gadis yang kita cintai, suap-suappan gitu (Huh Ekspektasi).

  1. Curug Telu

Jurug Telu

Curug Telu

Yah memang di Banyumas sendiri bejibun yang namanya curug (Air terjun), namun curug yang satu ini berbeda dari curug yang lain, karena disana ada tawaran yang menarik yang sukar mata kita untuk menolaknya, serius panoramanya indah banget bro, kaya air-air terjun di Eropa gitu, untuk bisa ke Curug telu juga lumayan menantang bro, kita harus berjalan kurang lebih sekitar 2 km dari tempat masuk hingga sampai ketempat tujuan

  1. Masjid Saka Tunggal

Majid Saka Tunggal (Cikakak)

Majid Saka Tunggal (Cikakak)

Konon ceritanya masjid saka tunggal merupakan masjid tertua di nusantara, tidak hanya masyarkat Banyumas, masyarakat luar Banyumas juga banyak yang berkunjung disana, bahkan ketika saya berkunjung kesana, saya berkenalan dengan orang dari luar jawa (Sumatra), ada daya tarik religious yang kuat dari masjid ini selain tadi yang katanya merupakan masjid tertua di nusantara (meski masih dalam perdebatan), di masjid ini juga disajikan arsitektur yang menarik dan banyak simbol-simbol yang bisa kita pelajari dengan cara bertanya kepada juru kunci (kuncen) yang siap kapan saja bila ada pengunjung datang, disana juga ada sesuatu yang menarik yaitu, terdapat segerombolan kera yang begitu banyak yang semakin membuat masjid itu semakin unik dan menarik bagi para pengunjung.

  1. Batur Agung

Batur Agung

Batur Agung

Batur Agung terletak di Desa Baseh Kecamatan Kedung Banteng di kaki Gunung Slamet, disana ada beberapa varian wisata yang bisa kita kunjungi yang suka wahana air dan suka berenang ada waterpark, disini cocok bagi kalian yang berlibur membawa anak-anak meski bukan anak anda, iya lah waktu dulu saya kesana saya bawa keponakan, hehe, nah bagi bapak-bapak atau om-om ganteng yang suka mancing tetapi bukan memancing keributan loh ya ! disana juga disajikan kolam pemancingan, ada beberapa macam ikan yang bisa kita pancing, kecuali Hiu, hihi, nah ini nih yang suka dengan tantangan disana juga ada Flyling fox dan arung jeram kali logawa, buat yang suka memacu adrenalin. Ini cucok buat kalian.

Baca juga : 10 Tempat Wisata Alam Terbaik Di Asia

  1. Omaeh Bedjo

Salah Satu Aktifitas di Omaeh Bedjo

Salah Satu Aktifitas di Omaeh Bedjo

Nah yang terakhir ini nih tempat wisata edukatif yang membuat saya paling iri, iya memang dari dulu saya ingin menciptkan sebuah wadah edukatif bagi anak-anak yang kurang beruntung karena faktor ekonomi kedua orang tua, ah mimpi ini sampai sekarang masih berniang-niang di kepala saya.

Berawal dari keprihatinan tentang pendidikan dan kebudayaan dalam hal ini kesenian, Septo Pandu Gunawan (23) mendirikan komunitas Oemah Bedjo, terletak di RT 04 RW 04, desa Randegan, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, dia mengajak anak-anak untuk bermain dan belajar bersama anak, guna mengembangkan karakter dan keterampilan yang mereka miliki, langkah awal yang dia lakukan adalah mendirikan taman baca dan industri kripik rumahan. Disamping itu dia juga mengembangkan kesenian khas Banyumas tujuannya adalah untuk melestarikan kebudayaan lokal daerah tempat dia dilahirkan. Selain berwisata disana juga kita bisa belajar tentang dunia anak yang sudah sering kita lupakan dan tentunya kesenian.

Demikian Destinasi wisata di Banyumas yang bisa Anda kunjungi.

Baca juga : Wisata Gua Lawa

Semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !