5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia – Indonesia terkenal dengan kekayaan kulinernya, dihampir setiap provinsi ada makanan khas daerah yang menjadi ikon daerah tersebut. Makanan di Indonesia tidak hanya lezat namun juga mempunyai cita rasa tinggi yang bisa memanjakan lidah yang mengunyahnya.

Banyak orang luar negeri memuji kelezatan makanan Indonesia yang kaya dengan bumbu rempah hasil bumi asli Nusantara. Tidak hanya itu makanan di Indonesia juga terbilang unik, karena jarang bisa ditemukan di negeri lain.

Tak jarang banyak wisatawan dari luar negeri yang sengaja berkunjung ke Indonesia hanya sekedar bisa menikmati makanan khas Indonesia yang mulai mendunia. Dari segi wisata dan bisnis ini jelas sangat menguntungkan bagi pemerintah.

5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Beberapa makanan khas Indonesia

Dengan semakin berkembangnya zaman lambat laun makanan khas Indonesia mulai dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya oleh wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, namun sekarang pemerintah juga sudah mulai melakukan promosi kuliner ke beberapa bagian Negara lain.

Apalagi dengan adanya fasilitas internet yang sudah hampir bisa menjangkau seluruh dunia, promosi makanan seakan lebih mudah dan tidak perlu banyak mengeluarkan biaya.

Nah sekarang tahukah kalian apa saja makanan khas Indonesia yang mendunia, baiklah marilah kita kupas satu persatu secara bersama-sama:

1. Nasi Goreng

Siapa sekarang yang tak mengenal menu makanan khas Indonesia ini, bahkan didaerah asalnya nasi goreng merupakan makanan favorit bagi segala lapisan masyarakatnya, makanan ini merupakan makanan rakyat karena harganya yang terjangkau bisa dibeli oleh semua kalangan.

Seperti namanya nasi goreng berbahan utama nasi yang di goreng dengan menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih ditambah dengan kecap manis yang semakin menambah kelezatan makanan ini.

Nasi goreng biasanya lekat dengan campuran telur yang diaduk menyatu dengan nasi, dan juga diberi sedikit sayur-sayuran seperti cesim, ditambah potongan mentimun, satu lagi yang tak mau ketinggalan yaitu kerupuk udang.

Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN Internasional dan diikuti oleh sekitar 35.000 orang menempatkan nasi goreng pada peringkat kedua dalam daftar makanan terlezat di dunia setelah rendang.

2. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Minangkabau, makanan ini kini menjamur diberbagai pelosok negeri, dibuktikan dengan banyaknya rumah Padang yang berdiri diberbagai wilayah di Indonesia.

Rendang dimasak dengan menggunakan racikan bumbu-bumbu Nusantara dan rempah-rempah yang dimasak berulang-ulang menggunakan santan kelapa sehingga menghasilkan kenikmatan rasa yang berbeda, kental dengan aroma bumbunya yang gurih, meresap dan pedas.

Cara memasaknya pun berbeda, rendang dimasak dalam jangka waktu berjam-jam supaya bumbunya meresap ke dalam daging, kita bisa menemukan makanan ini di rumah makan padang yang tidak sulit kita temui disekitar rumah kita.

Di daerahnya, Minangkabau. Rendang juga akrab dengan adat istiadat masyarakat sana, bila ada moment-moment acara adat, rendang selalu menjadi menu makanan utama untuk disantap bersama-sama.

3. Bakso

Bakso merupakan menu makanan favorit pengganti nasi di Indonesia, tidak hanya dijual di restoran-restoran mewah, makanan ini juga sering kita jumpai dipinggir-pingir jalan dengan menggunakan gerobag.

Makanan ini bisa dimakan oleh semua lapisan masyarakat karena harganya yang relatif terjangkau, baik laki-laki atau perempuan semua menyukai makanan ini, apalagi bagi  perempuan hampir semua perempuan di Indonesia gemar memakan baso.

Bakso atau baso umumnya dibuat dari daging sapi yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka kemudian dibentuk menyerupai bola pingpong. Ditengahnya biasanya diberi telur puyuh. Atau ada yang ditengahnya diberi sedikit gumpalan daging yang masih utuh.

Dalam penyajiannya bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah sapi bening dicampur dengan mie bihun, taoge, tahu. Kemudian ditaburi bawang goreng dan seledri.

Berbagai jenis bakso sekarang ditawarkan, bagi yang tidak suka daging sapi kini bakso juga bisa dibuat dengan menggunakan daging udang atau kerbau yang rasanya tak kalah nikmat.

4. Sate

Sate merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil, yang membuat makanan ini menarik adalah cara penyajianya yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi daun kelapa atau bamboo kemudian dipanggang menggunakan arang kayu.

Sate berasal dari Jawa dan dapat ditemukan dengan mudah disemua daerah di Indonesia, makanan ini juga termasuk populer di wilayah Asia Tenggara, dan juga dibeberapa daerah di Eropa seperti di Belanda.

Daging yang digunakan untuk membuat sate juga beragam seperti daging sapi, kambing, ayam dan lain sebagainya. Bumbunya juga berwarna tergantung dari selera lidah masing-masing, bumbu yang identik dengan sate adalah bumbu kecap dan bumbu kacang.

Cara penyajianya panas-panas dicampur dengan bumbu seperti yang sudah disebutkan di atas, biasanya disajikan dengan acar dari irisan bawang merah, mentimun dan cabe rawit, dimakan dengan nasi hangat, bisa juga dengan lontong atau ketupat.

5. Gado-gado

Gado-gado merupakan campuran dari sayur-sayuran yang direbus sampai matang, dan dicampur dengan bumbu kacang, atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan. Pada umumnya juga terdapat irisan kentang rebus dan irisan telur rebus. Ada juga yang menambahkan dengan kerupuk.

Gado-gado berasal dari Jawa, meski tidak sefavorit beberapa makanan di atas. Gado-gado juga mudah kita temui, khususnya dipinggir-pinggir jalan raya yang banyak menjajahkan menu makanan ini.

Ciri khas makanan ndeso ini harganya sangat bersahabat untuk kalangan biasa, dengan bumbu kacang yang kental makanan ini cocok di makan pada siang hari dengan pasangan minuman yang legendaris yaitu “teh manis”.

Gado-gado dapat disajikan seperti “salad” dalam perlombaan memasak internasional di Napoli, Italy beberapa tahun lalu, makanan ini menjadi makanan yang unik, bahkan dalam perlombaan tersebut gado-gado menempati urutan pertama, dalam ketegori tampilan sajian yang berestetika.

Demikian atikel berjudul “5 makanan khas Indonesia yang mendunia” kita cukup bangga makanan kita diakui tidak hanya di dalam negeri bahkan juga luar negeri, dan dunia mengakui akan kelezatan makanan khas Indonesia.

Salam.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !