Artikel

5 Makanan Lebaran Khas Nusantara

5 Makanan Lebaran Khas Nusantara – Setelah satu bulan penuh berpuasa, kini tibalah saatnya untuk kembali memanjakan lidah kita dengan menu hidangan lebaran yang istimewa.

Di Indonesia begitu banyak menu makanan yang istimewa karena memang negri ini adalah negeri yang kaya akan kuliner.

Hampir disetiap daerah memiliki menu khas yang tidak dimiliki di daerah lain. Seperti Minangkabau dengan masakan padangnya atau Jogja dengan gudegnya.

5 Makanan Lebaran Khas Nusantara
Beberapa makanan khas lebaran

Referesi menu makanan untuk menyambut lebaran begitu banyaknya namun ada beberapa makanan khas sebagai jamuan saat lebaran. Oke baiklah mari kita ulas:

1. Opor Ayam

Seolah sudah menjadi kewajiban bila lebaran tiba, menu makanan yang begitu populer dihidangkan disetiap keluarga adalah opor ayam.

Opor ayam merupakan makanan khas Jawa, didaerah asalnya opor ayam kerap dihadirkan dengan telur ayam yang masih utuh.

Meski berasal dari Jawa namun ternyata menu makanan ini memang sangat digemari bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, karena rasanya yang enak dan cara membuatnya tidak terlalu susah.

Opor ayam biasanya disajikan dengan ketupat dan kerupuk yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Satu lagi yang tidak ketinggalan adalah sambal, sambal melengkapi hidangan menyantap opor ayam.

Apa lagi makan di tengah-tengah berkumpulnya keluarga, maka semakin nikmatlah kita menyantap opor ayam. Hemm nyam nyam.

2. Ketupat

Ketupat atau kupat adalah makanan khas asia tenggara, bahan dasarnya berupa beras yang dibungkus dengan menggunakan daun kelapa (janur).

Ketupat sering kali disajikan dalam perayaan lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan Ramadan.

Bisa dibayangkan lebaran tanpa ketupat rasanya seperti apa? Ketupat merupakan simbol bahwa lebaran telah datang. Bahkan dibeberapa daerah di Nusantara, membuat ketupat saat lebaran sudah menjadi sebuah tradisi yang harus dilakukan.

Seperti di daerah Grobogan, Semarang. Disana ada tradisi yang bernama lebaran ketupat. Masyarakat disana saling membantu untuk membuat bungkus ketupat dengan menggunakan daun pohon kelapa yang masih muda (janur).

Dibentuk sedemikian rupa, menghasilkan motif seperti anyaman dan berbentuk seperti kotak. Ada juga ketupat yang berbentuk memanjang seperti bulatan besi. Namun yang lazim di Indonesia bentuk ketupatnya berbentuk kotak.

3. Sambel Goreng Kentang

Menu sambel goreng kentang ini memang sangat cocok disajikan pada saat lebaran. Apalagi jika kita juga membuat opor ayam, seolah sudah menjadi pasangan opor ayam dan sambel goreng merupakan dua menu makanan yang pas disajikan secara bersama-sama.

Bahan dasar untuk membuat sambel ini adalah cabe merah dan kentang, atau kita juga bisa menambahkan ati ayam dalam pembuatan sambel ini.

Sambel goreng kentang kerap kali dibuat dalam moment-moment tertentu seperti hajatan, lebaran kita gampang menemukan menu makanan ini. Namun bila hari-hari biasa kita sulit menemukannya.

4. Rendang

Rendang adalah makanan yang berasal dari Padang, meski berasal dari sana, masakan ini begitu sangat digemari di Indonesia.

Ini bisa dibuktikan dari banyaknya warung-warung padang di negeri ini, hampir disetiap daerah berdiri warung Padang.

Makanan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan, karena masakan padang (rendang) harganya cukup terjangkau.

Rendang mempunyai ciri khas pedas dengan campuran beberapa bumbu rempah-rempah yang dimasak berulang-ulang dengan menggunakan santan kelapa.

Di daerah asalnya Minangkabau rendang kerap kali dihidangkan dalam acara-acara tradisi Minangkabau.

Tak terkecuali pada saat lebaran rendang menjadi menu makanan istimewa tidak hannya di daerah asalnya bahkan dibeberapa daerah di Indonesia.

5. Kue Kering

Kue kering adalah sebutan untuk kue yang berstruktur keras, kue ini pada saat lebaran datang menjadi menu makanan favorit bagi empunya rumah untuk disajikan kepada para tamu yang datang.

Kue kering juga menjadi cemilan yang menarik ditengah berkumpulnya keluarga di rumah.

Kue kering berbahan dasar tepung, sehingga banyak yang menyebut kue ini dengan nama kue tepung.

Kue jenis ini di Indonesia sering disebut dengan nama roti, dibeberapa daerah roti sudah menjadi makanan pokok menggantikan nasi.

Demikian menu makanan khas lebaran yang ada di Indonesia, Semoga bermanfaat dan selamat berlebaran.

Salam

 

2 Comments

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !