5 Pasukan Elit TNI Yang Ditakuti Dunia

5 Pasukan Elit TNI Yang Ditakuti Dunia – Tentara Nasional Indonesia (TNI)  memang tidak bisa dipandang remeh bahkan dunia luar mengakui kehebatan tentara Indonesia.

Dalam berbagai perlombaan internasional tentara Indonesia selalu mendominasi kejuaraan yang ada. Baik dalam segi beregu maupun individual.

Ini tak lepas dari latihan yang maha berat yang dilakukan tentara Indonesia, tidak hanya kemampuan fisik bahkan kemampuan intelektual menjadi keharusan untuk dapat bergabung dengan pasukan elit Indonesia.

Ilustrasi pasukan elit Indonesia

Pada tahun 2008 Discovery channel military menempatkan KOPASSUS pada peringkat ke-3 pasukan terbaik di dunia.

Sebenarnya TNI terdiri dari 3 matra yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Kebanyakan yang orang tau hanya KOPASSUS pasukan terbaik yang dimiliki TNI dari matra angkatan darat.

Padahal masih banyak pasukan elit yang dimiliki TNI yang justru berasal dari matra lain. Nah kali ini kami akan membahas 5 pasukan elite TNI yang ditakuti dunia:

5. DENBRAVO-90

Detasemen Bravo 90 (disingkat DENBRAVO-90) dibentuk secara terbatas di lingkungan Korps Pasukan Khas TNI-AU pada 1990.

Penjaringan untuk dapat masuk menjadi anggota ini memerlukan kualifukasi khusus, hanya orang-orang hebat saja dari kalangan TNI-AU yang bisa bergabung dengan pasukan elit ini.

Pelatihan DENBRAVO-90 selama 9 bulan dan salah satu latihannya yaitu diterjunkan dari pesawat pada malam hari dengan ketinggian 10-12 km di atas permukaan tanah.

Kemampuan 1 orang DENBRAVO-90 setara dengan 5 orang TNI biasa. Bisa dibanyangkan betapa beratnya latihan untuk bisa mempunyai kemampuan setara 5 orang TNI.

DENBRAVO juga menjadi pasukan khusus pertama di Indonesia yang mampu menguasai ilmu bela diri Stema yang merupakan ciri khas dari pasukan elit Rusia.

4. KOPASSUS

KOPASSUS merupakan pasukan elit Indonesia yang paling populer karena sudah banyak prestasi yang diberikan kepada negera mulai dari pemberontakan PKI hingga menumpas gerakan makar DI/TII

KOPASSUS memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Pelatihan KOPASSUS selama 9 bulan dan salah satu latihannya berlari dari Surabaya sampai Jakarta dalam waktu yang sudah ditentukan.

Kemampuan 1 orang KOPASSUS sama dengan 8 orang TNI. Ini diperoleh dari latihan yang sangat berat yang dilakukan krops baret merah ini.

3. KOPASKA

KOPASKA merupakan pasukan elit yang dimiliki marinir Indonesia, pasukan ini sudah teruji bahkan ketika Indonesia baru menikmati kemerdekaan.

Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan KOPASKA didirikan 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya.

KOPASKA berkekuatan 3.000 prajurit. Satu grup di Armada Barat di Jakarta, dan satu grup di Armada Timur di Surabaya.

Jika tidak sedang ditugaskan dalam suatu operasi, tim Detasemen KOPASKA dapat ditugaskan menjadi pengawal pribadi VIP seperti Presiden dan Wakil Presiden

Kemampuan 1 Orang Kopaska setara dengan 24 orang TNI. Bahkan diyakini kemampuan 1 orang kopaska lebih dahsyat dari pada itu.

2. YONTAIFIB

Batalyon Intai Amfibi atau disingkat YONTAIFIB adalah satuan elit dalam Korps Marinir, untuk menjadi bagian dari anggota ini dilakukan seleksi ketat dari kesehatan, fisik hingga mental.

Salah satu program latihan bagi siswa pendidikan YONTAIFIB, adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 6 km di Selat Madura.

Dalam segi tingkat kemampuan 1 orang YONTAIFIB setara dengan 24 orang TNI. Anggota YONTAIFIB nanti akan diseleksi lagi untuk menjadi anggota Denjaka, pasukan elit terbaik yang dimiliki TNI.

Metode pelatihan calon prajurit Taifib dibagi dalam beberapa tahap yang mencakup Medan Darat, Laut, Udara dan Bawah Air. Dalam setiap tahap calon akan terseleksi secara alamiah karena materi yang dihadapkan semakin hari semakin berat dan menuntut para siswa benar-benar menguasai ilmu yang diberikan pada tahap sebelumnya

1. DENJAKA

Detasemen Jala Mangkara (disingkat DENJAKA) adalah sebuah detasemen pasukan khusus TNI Angkatan Laut. DENJAKA adalah satuan gabungan antara personel KOPASKA dan YONTAIFIB Korps Marinir TNI-AL.

Latihannya sangat menakutkan yaitu berenang dengan konsisi tangan terikat dan kaki terikat melewati Selat Sunda Sejauh 30 km.

Tangan diborgol, kaki diborgol, tubuh diikat dengan tali, dikasih balok besi dan dijatuhkan ke dalam perairan Selat Bali sampai tenggelam, ujiannya untuk melepaskan diri dari cengkraman itu.

Dalam segi tingkat kemampuan 1 orang DENJAKA sama dengan 120 orang TNI. Wow sangat luar biasa bukan?

Untuk dapat masuk satuan ini sangatlah berat setiap anggota harus melewati seleksi yang begitu ketat, tidak hanya kemampuan fisik dan mental saja namun kemampuan intelektualitas harus pula dimiliki jika ingin menjadi bagian dari satuan DENJAKA.

Demikian 5 Pasukan Elit TNI Yang Ditakuti Dunia semoga bermanfaat !!!

Sumber : Berita Militer Indonesia.

2 pemikiran pada “5 Pasukan Elit TNI Yang Ditakuti Dunia

  1. Pak Agus, sekedar info tetapi bisa di cek ulang. TNI AL satu-satunya matra yang mempunyai 3 satuan berkualifikasi Komando. KORP PASUKAN KATAK anggotanya terdiri dari prajurit TNI AL dari korps PELAUT dan bukan MARINIR maka kalau di US NAVY disebut NAVY SEAL [ SEa And Land ]. YONTAIBIF anggotanya pasti MARINIR kalau USMC disebut MARINE RECON. DENJAKA gabungan dari KOPASKA dan YONTAIFIB tetapi kebanyakan dari MARINIR karena pasukan pemukul di darat TNI AL yang utama adalah Marinir.

Tinggalkan komentar