Berita, Internet Dan Teknologi

5 Media Sosial Network Terpopuler Dunia

Anda tahu 5 Media Social Networking paling Populer di Dunia – Baik, pada artikel ini chyrun.com akan mengulas dengan gamblang 5 media sosial populer Dunia, ranking ini di dasarkan pada pengukuran menggunakan alexa tool. Dalam alexa tool kita dapat menilai sebuah kepopuleran website, yang tentu didalamnya bisa berupa media sosial, blog atau media informasi lain.

Tentu data dalam artikel ini relevan karena diambil dari tool alexa.com yang akan kami jelaskan poin demi poinnya, jadi baca artikel ini sampai selesai, tentu untuk menambah pengetahuan anda tentang media social networkings. Anda akan disuguhkan dengan data yang bersumber dari pengukur kepopuleran website ternama dunia alexa.com.

Perlu saya garis bawahi disini, kami ingin memberi informasi / gambaran umum saja. Bahwa yang akan Anda lihat adalah ranking khusus yang disesuaikan pada waktu sekarang, bahwa data ini di ambil pada tanggal 21 Januari 2016, mungkin akan terjadi perubahan jika kondisi ini diukur pada waktu yang berbeda.

Tentu data ini kami sesuaikan dengan web yang berbasis pada media sosial Networkings. Oke, mari kita mulai.

(# 1) Facebook.com

Facebook awalnya di prakarsai oleh Mark Zuckerberg. Nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg Lahir di New York Amerika Serikat 14 Mei 1984 Dia membuat aplikasi chat dan data base pencarian di lingkungan kampusnya, tidak dinyana, aplikasi tersebut banyak di gunakan oleh mahasiswa kampus tersebut, yah padahal Mark belajar di lingkungan Harvard university, dimana mahasiswa-mahasiswa jenius bersekolah di situ. Namum Mark mampu mampu mencuri perhatian dengan karyanya.

Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Andrew McCollum dan Chris Hughes, kini mereka masuk dalam deretan orang-orang paling berpengaruh dan terkaya didunia.

Oke, mari kita bahas aplikasi facebook, dalam peringkat global, media sosial facebook menancapkan eksistensi dan menduduki situs No 2 yang paling banyak dicari di kolong bumi setelah google. Nah, kenapa saya tempatkan facebook sebagai jaringan media sosial network terpopuler, karena meskipun google menempati peringkat pertama, namun google bukan perusahaan yang fokus pada akun media sosial namun lebih kepada mesin pencari, google memang memiliki akun media sosial yaitu google + ,namun masih kalah populer oleh facebook.

Berikut scren shot peringkat alexa global :

Anda Tahu? 5 Media Sosial Networking Populer Dunia

Apakah Anda ingin tahu, negara mana yang paling banyak mengakses facebook, berikut data detail negara dengan pengguna facebook terbanyak.

  1. Amerika Serikat 21,8 % dari seluruh jumlah akses dibumi, di negara tersebut menduduki peringkat No. 2 situs terpopuler.
  2. India 9,2 % dari total akses di global, menduduki situs peringkat terpopuler No. 3 di India.
  3. Brazil 4.1% dengan peringkat terpopuler No. 2 di negara tersebut
  4. United Kingdom United (Negara Persemakmuran Inggris) 3.2% menduduki peringkat pupuler No.2.
  5. Germany 3.0% Menduduki situs populer No.3 di negara German.

Anda Tahu? 5 Media Sosial Networking Populer Dunia

Sisanya sampai dengan 100% tersebar di Negara-negara di dunia, salah satunya Indonesia. Dan rata-rata memiliki rangking tiga besar di negara lain, salah satunya di Indonesia, facebook menjadi populer No. 2 setelah Google.

Tahukan Anda, facebook memiliki cabang, atau dalam istilah web disebut subdomain, berikut adalah aplikasi cabang dari facebook, dan menjadi penyokong dan mengembangkan facebook.com secara umum.

Facebook.com 98.43%, apps.facebook.com 9.21%, web.facebook.com 1.66%, l.facebook.com 1.11%, m.facebook.com 0.95%.

Baik, rasanya cukup membahas facebook, meskipun masih banyak yang bisa dibahas, namun artikel membahas sebatas rank global. Oke, masuk peringkat berikutnya.

(# 2) Twitter.com

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan.

Kicauan/ tweet adalah istilah khas twitter. Twitter didirikan pada 21 Maret 2006 di San Francisco, California, Amerika oleh Evan Williams, Noah Glass, Jack Dorsey dan Biz Stone. Kini Jack Dorsey menjadi CEO twitter.

Banyak sekali tool yang seolah membuat pengguna twitter dapat melakukan apa saja di twitter. Saya telah menulis pada artikel sebelumnya berjudul “Panduan Twitter : Apa Saja dengan Twitter Anda”. Dalam artikel tersebut saya jelaskan # 31 Tool Twitter yang akan memudahkan Anda untuk melakukan apa saja dengan akun twitter Anda. Silahkan bisa dibaca.

Oke, mari kita lanjutkan membahas twitter, dalam rangking global dari situs alexa, twitter menduduki peringkat 8 terpopuler di Dunia. Namun kenapa di artikel ini menjadi No.2, karena dilihat dari twitter sebagai media sosial, bukan penilaian sebagai website besar yang membahas banyak hal seperti google, amazon dan lain-lain. karena kembali lagi, bahwa artikel ini membahas Media sosial populer di Dunia.

Berikut scren shot dari alexa terkait ranking twiiter secara global :

5 Media Sosial Network Terpopuler Dunia

Berikut 5 negara dengan pengakses twitter terbanyak :

5 Media Sosial Network Terpopuler Dunia

  1. United States 20.8%  menjadi terpopuler No. 8
  2. Japan 14.0% Negara asia dengan pengakses twitter terbanyak dan menduduki peringkat populer No. 9 di negara tersebut.
  3. India 9.8% menduduki peringkat No. 9 di India.
  4. United Kingdom (Inggris Raya) 3.8% menduduki peringkat No. 12 di Inggris.
  5. Spain / Sepanyol 3.5% menduduki peringkat No. 7 di negara sepakbola ini.

Sisanya sampai dengan 100%, pengguna tersebar di seluruh Negara termasuk Indonesia. Berikut adalah anak perusahaan dari Twitter.inc :

Twitter.com dengan penyumbang pengunjung 97.32%, api.twitter.com 4.46%,  tweetdeck.twitter.com 3.46%, analytics.twitter.com 1.22%, support.twitter.com 0.71%.

Sekali lagi, data yang kami ambil dari alexa dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan tingkat populeritas akun tersebut, mungkin di masa datang rang ini bisa naik atau turun.

(# 3 ) Plus.google.com

The Bigest Company basic Internet is A Google.com. Yah google memang sebuah perusahaan raksasa yang hampir mendominasi Internet Dunia. Bahkan kini dinobatkan sebagai perusahaan berbasis Internet terbesar di Dunia.

Google Inc. adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang bergerak pada berbagai bidang baik pada jasa dan produk Internet. Produk-produk besutan google.inc meliputi teknologi pencarian (yang kita kenal dengan google.com), komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring ( salah satunya media sosial google +).

Perusahaan google.inc, yang kabarnya akan berubah menjadi ABC.XYZ. Google didirikan 4 September 1998, Menlo Park, California, Amerika oleh Larry Page dan Sergey Brin. Dalam perkembanganya, google menjelma menjadi ‘the bigest company in the word’ dan benar-benar mendominasi internet dunia saat ini.

Nah, salah satu aplikasi media sosial besutan google adalah Plus.google.com. atau terkenal dengan istilah Google +. Google plus tidak kalah populer di banding dengan facebook dan twitter, dengan induk perusahaan google, google plus menjadi sub domain google dan ketenaranyapun mengikuti google.com.

Berikut scren shoot kepopuleran google sebagai media sosial networking Google + yang merupakan anak cabang dari google.com:

5 Media Sosial Network Terpopuler Dunia

Mendompleng kepopuleran google.com, tentu menjadikan media google plus sama populernya dengan google.com. Jika dilihat dari rangking alexa, maka jelas menjuarai dengan tingkat kepopuleran No.1 secara global. Dan bahkan mendominasi hampir di semua negara di Dunia.

Tahukah Anda 5 Negara pengakses google terbanyak?

5 Media Sosial Network Terpopuler Dunia

Berikut adalah 5 negara dengan akses terbanyak ke google beserta peringkat google di negara tersebut.

  1. United States 34.1% menduduki ranking 1
  2. India 10.1% menduduki populer rank No. 2
  3. Japan 3.4% berada di ranking populer No. 5 di negara Jepang
  4. Iran 3.1% menduduki populer rank No. 1
  5. Russia 2.6% menduduki peringkat populer No. 6

Di indonesia sendiri juga menduduki rank populer No. 1 dan menjadi situs terpopuler yang di susul facebook.

Google juga memiliki cabang / sub domain pendukung domain utama google.com, berikut saya sajikan untuk Anda beserta prosentasi pengunjung yang datang dari situs tersebut :

Google.com 64.64%, mail.google.com 55.24%, accounts.google.com 22.68%, docs.google.com 11.76%, drive.google.com 8.56%.

(# 4) Instagram.com

Instagram didirikan oleh Kevin Systrom, seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Kevin Systrom dan Mike Krieger adalah pendiri Instagram, sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial.

Instagram mulai diperkenalkan pada sekitar tahun 2010 oleh Kevin Systrom and Mike Krieger dari Burbn Inc. Namun pada tahun 2012, facebook Inc telah mengambil alih instagram. Sekarang file berbentuk foto atau vidio singkat yang kita bagi di instagram bisa kita hubungkan ke jejaring sosial lainnya, seperti facebook, twitter, tumblr dan flickr.

Dari data peringkat website populer, instagram menduduki peringkat No. 24 terpopuler Dunia. Dan terus naik menjadi situs yang banyak digemari oleh masyarakat Dunia.

Berikut adalag scren shot yang kami ambil dari alexa terkait rank instagram.com :

5 Media Sosial Network Terpopuler Dunia

Berikut adalah 5 negara dengan pengunjung instagram terbanyak di Dunia :

  1. United States memiliki pengunjung dari negara ini sebesar 24.4% dari total pengunjung global dan menempati peringkat No. 22 di negara ini.
  2. Russia menyumbang pengunjung 5.6% dari total pengunjung global dan menduduki peringkat No.18 di Rusia.
  3. India menyumbang pengunjung 4.7% dan menempati urutan No.58 sebagai situs populer di India.
  4. Japan menyumbang pengakses instagram sebesar 4.2% dari pengakses global serta menduduki ranking No. 62 di negara Sakura ini.
  5. Brazil Menyumbang pengunjung global sebesar 4.0% dan menduduki  ranking No.15 di negara Samba tersebut.

(#5) Pinterest.com

Ben Silbermann adalah pendiri Pinterest lahir pada tahun 1982. Ben adalah seorang entrepreneur Amerika di bidang internet dan menjadi CEO Pinterest. Perjuangan menjadi populer tidak ditempuh dengan mudah, banyak cobaan dan tantangan yang dihadapi Ben Silbermann. Pinterest dirikan sekitar tahun 2010 oleh para pendirinya yaitu Paul Sciarra, Evan Sharp, dan Ben Silbermann.

Konsep Pinterest hampir sama dengan instagram, hanya saja instagram lebih terkenal dahulu dan lebih populer. Namun kini pinterest sudah mampu menyaingi instagram, ini dapat di lihat dari ranking global. Bahkan di Amerika, pinterst sudah mengalahkan instagram dari segi populeritas.

5 Media Sosial Network Terpopuler Dunia

Oke, berikut adalah 5 negara penyumbang pengguna terbanyak media sosial networking Pinterest.com :

  1. United States menyumbangkan 45.7% dan menduduki rank No.12 di negara tersebut, bahkan lebih populer dari instagram.
  2. India menyumbang pengguna sekitar 8.3% dan menduduki rank populer di No. 33.
  3. United Kingdom ada sekitar 3.0% dari pengguna global berasal dari Inggris Raya dan menempati media sosial populer No.37.
  4. Canada menyumbang 2.7% dari pengguna global serta menempati peringkat No. 20.
  5. Russia, pengunjung pinterest dari rusia menyumbang pengguna 2.2% dari total pengunjung global dan menduduki peringkat No. 55 di negara tersebut sebagai situs populer.

Baca juga : 5 Media Online Berita Terpopuler Di Indonesia