Artikel

5 Perlombaan Unik Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia

5 Perlombaan Unik Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia –  Tak terasa sebentar lagi kita akan merayakan kemerdekaan negeri ini, memasuki bulan Agustus kita sudah mulai bisa merasakan atmorfir menyambut hari kemerdekaan.

Hampir disetiap daerah kini sudah berhias, dengan ciri khas memasang gapura-gapura dan umbul-umbul berhias warna-warna khas kemerdekaan dan tentunya memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing.

Antusiasme warga Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan tergolong tinggi, karena memang pada moment hari kemerdekaan biasanya akan terdapat lomba-lomba yang unik dan menarik.

5 Perlombaan Unik Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia
Ilustrasi lomba panjat pinang

Perlombaan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat kita, mereka rela bergotong royong untuk ikut serta mensukseskan jalannya perlombaan di desa masing-masing. Bahkan ada yang dengan sukarela menjadi donatur lomba.

Banyak manfaat dari perayaan hari kemerdekaan di Indonesia, selain lebih mengakrabkan warga juga menjadi hiburan yang menarik bagi yang terlibat.

Ada banyak perlombaan khas Indonesia dalam rangka merayakan hari kemerdekaan. Nah berikut ini ulasanya:

1. Panjat Pinang

Dalam setiap moment hari kemerdekaan perlombaan panjang pinang hampir selalu diadakan, lomba panjat pinang adalah lomba memanjat batang pinang yang sudah dilumuri pelicin (biasanya menggunakan oli), dibuat sedemikian rupa untuk sulit memanjatnya.

Kemudian di atas batang pinang akan diberi hadiah yang menarik, untuk dapat mendapatkan hadiah itu, seorang harus mampu memanjat pohon pinang itu, dalam perlombaan ini digunakan sistim regu. Masing-masing regu akan bekerja sama untuk bisa memanjat batang pinang itu dengan cara apapun.

Penonton kerap kali terhibur, karena kelucuan regu yang memanjat batang itu, karena dilumuri dengan pelicin, regu akan bersusah payah memanjat batang pinang itu secara bekerja sama.

2. Balap Karung

Lomba balap karung merupakan lomba yang sangat khas Indonesia, masyarakat sangat menantikan perlombaan ini, karena sifatnya yang lucu, apalagi kalau pesertanya perempuan semakin manambah gelak tawa bagi yang menyaksikan.

Dari asal namanya “balap” yang berarti cepat, peserta diharuskan secepat mungkin menuju garis finis dengan menggunakan karung sebagai alat untuk meloncat, siapa yang dapat meloncat dengan cepat dia yang akan sampai terlebih dahulu.

3. Makan Krupuk

Lomba makan kerupuk dilakukan dengan cara, kerupuk digantungan dengan seutas tali setinggi mulut peserta. Lomba ini bisa dilakukan oleh pria maupun wanita karena tidak terlalu sulit.

Siapa yang dengan cepat berhasil memakan habis kerupuk dia yang menjadi pemenangnya, namun lomba makan kerupuk tidak semudah yang dilihat, karena posisi kerupuk yang digantung maka memerlukan teknik khusus untuk memakannya.

4. Joged Balon

Jogged balon merupakan lomba yang sering membuat gelak tawa para penonton yang melihatnya, karena dalam perlombaan ini selain balon tidak boleh jatuh. Ada iringan musik yang akan mengiringi perlombaan ini, bila iringan musik dinyalakan maka peserta wajib untuk berjoged.

Lomba ini dilakukan berpasangan, balon diletakan di dahi peserta dengan cara berhadapan, bila balon sampai jatuh maka peserta dinyatakan kalah dan yang berhasil mempertahankan posisi balon agar tidak jatuh mereka dinyatakan menang.

5. Tarik Tambang  

Tarik tambang dilakukan beregu, yang masing-masing regu biasanya terdiri dari lima orang, lomba tarik tambang memerlukan tenaga yang kuat untuk bisa memenangkan perlombaan ini.

Cara melakukan perlombaan ini adalah dengan menarik sekeras mungkin seutas tali yang panjang dari peserta lain.

Demikian  ”5 Perlombaan Unik Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia”, selamat berlomba dan jayalah Indonesia. Merdeka.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !