6 Permainan Tradisional Masa Kecil Yang Buat Kamu Bahagia

6 PermainanTradisional Masa Kecil Yang Buat Kamu Bahagia – Kemajuan zaman yang didukung dengan kemajuan teknologi membuat manusia semakin mudah untuk menjalani hidup. Kemudahan-kemudahan inilah yang menjadikan orang malas untuk bergerak. Salah satunya hadirnya smartphone dan #gadget canggih.

Anak-anak dizaman sekarang tidak perlu bermain dengan teman-teman sebayanya.mereka cukup bermain dengan smartphone.permainan di smartphone lebih canggih, beragam, dan penuh tantangan. Sehingga tidak heran jika anak-anak zaman sekarang lebih menyukai bermain dengan gadgetnya disbanding bermain dengan teman sebayanya.

Padahal Indonesia sendiri memiliki banyak sekali permainan tradisional yang mengedukasi. Permainan tradisional Indonesia mengajarkan kebersamaa, keakraban dan kerukunan. Hal yang semacam ini tidak bisa didapatkan pada permainan smartphone.

Permainan tradisional

Masa kecil kurang bahagia jika belum pernah bermain permainan tradisional seperti:

1. Permainan Petak Umpet

Petak umpet dimainkan lebih dari dua anak. Awalnya mereka melakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan menjaga pos. dan yang kalah dalam hompimpa yang akan jaga pos. sedangkan yang lainnya berpencar mencari tempat persembunyian. Mereka yang bersembunyi tidak boleh tertangkap oleh si “penjaga pos”. anak-anak yang sembunyi harus kembali ke pos dan jangan sampai ketahuan oleh penjaga pos.

2. Permainan Boi-boian

Boi-boian sebuah permainan sederhana. Permainan ini dilakukan 5-10 orang. Sebelum bermain siapkan pecahan genteng dan bola kecil. Biasanya bola yang digunakan adalah bola tenis yang sudah tak terpakai. Cara memainkannya salah satu pemain melempar bola ke tumpukan pecahan genteng. Jika tumpukan genteng roboh maka penjaga wajib mengambil bola dan dilempar ke pemain lain.

3. Permainan Gobak sodor

Permainan ini disebut gobak sodor karena ada kelompok yang menjaga benteng. Satu kelompok terdiri dari minimal 2 orang. Dimulai dari hompimpa dan dilihat mana yang menjadi pemenang dalam hompimpa. Setelah itu yang jadi pemenang berhak bermain duluan, lari dan mengejar kea rah benteng lawan. Tapi permainan ini harus cepat larinya. Jika tidak maka akan dikenai oleh lawan.

4. Permainan Gundu / Kelereng

Gundu/ kelereng menjadi salah satu permainan yang popular pada masanya. Permainan satu ini harus dimainkan rame-rame alias tidak bisa sendirian. Setiap anak wajib memasang dan mengumpulkan gundu sesuai kesepakatan. Kemudian gundu diletakkan ditengah-tengah lingkaran yang sudah dibuat. Lingkaran dibuat dengan kapur tulis/ bata merah. Memainkannya terlihat mudah. Setiap anak menyiapkan 1 gundu lalu gundu tersebut disentil hingga mengenai gundu yang ada di dalam lingkaran.jika ada gundu yang keluar dari lingkaran, maka gundu tersebut menjadi miliknya.

5. Permainan Lompat karet

Karet yang dipakai adalah karet gelang. Karet gelang dipilih karena mudah dijumpai. Nah karet gelang menjadi bahan utama dalam permainan ini. Caranya yaitu dengan mengaitkan karet-karet tersebut hingga memanjang. Permainan ini dimainkan lebih dari 3 anak. Dua anak memegang karet sedangkan yang lain  bermain. Jika anak yang bermain tidak bisa melewati rintangan dari lompat karet maka anak tersebut dinyatakan mati. Lalu anak tersebut berganti dengan anak yang sedang memegang karet disalah satu sisi.

6. Bermain Egrang

Egrang merupakan dua bamboo yang diberi pembatas sebagai pijakan pada bagian bawahnya. Cara menggunakan egrang, seorang anak harus naik dipembatas sebagai pijakan setelah berada dipijakan berjalan secara perlahan. Eits, berjalan dengan tentu tak mudah. Karena dibutuhkan kekompakan antara kaki kanan dengan kaki kiri.jika tidak kompak maka yang terjadi jatuh dari egrang.

Semua permainan tradisional Indonesia terlihat sederhana nan unik. Namun dibalik itu semua permainan tradisional Indonesia mengajarkan anak untuk hidup bermasyarakat. Selain itu juga bisa mengajarkan anak kebersamaan maupun membuat anak menjadi sehat karena sering bergerak.

Namun permainan tradisional Indonesia sudah jarang dimainkan. Tidak hanya di kota-kota besar bahkan didaerah pun sudah jarang. Demikian artikel berjudul 6 Permainan Tradisional Masa Kecil Yang Buat Kamu Bahagia, yang pasti akan membuat kamu kangen masa-masa kecil kamu.

Baca juga : 6 Alasan Kenapa Serial Animasi Si Unyil Wajib Tayang Di TV Nasional

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !