Artikel, Travel

6 Tips Jalan-Jalan Gratis Ala Backpacker

6 Tips Jalan-Jalan Gratis Ala Backpacker – Siapa yang tidak ingin jalan gratis backpacker ke luar negeri? Jalan-jalan murah? Banyak. Jalan-jalan hemat? Itu sudah biasa. Jalan-jalan gratis, bahkan masih dibayar itu baru luar biasa. Nah, berhubung luar biasa, cara-caranya juga tidak biasa.

Kamu juga harus bersiap bahwa untuk melakukan sesuatu yang luar biasa, memerlukan usaha dan menghadapi kesulitan. Mari kita langsung ulik beberapa contoh yang bisa menginspirasi, agar tidak membuat kamu penasaran.

1. Menjadi Pemandu Wisata

Di era internet seperti sekarang kamu bisa menjadi pemandu wisata, tidak hanya di dalam negeri, namun ke luar negeri pun bisa. Begitu banyak peluang dan kesempatan lewat di depan mata.

  • Kamu bisa belajar cara menjadi tour guide terlebih dahulu baik freelance maupun penuh waktu dengan bergabung di sebuah travel agent Setelah itu mulailah melebarkan sayap menambah wawasan dengan menjadi tour guide meski dengan cara jalan gratis backpacker ke luar negeri.
  • Bila kamu beruntung memiliki pengalaman ini, kamu bisa mulai menjadi pemandu wisata Ini artinya kamu mulai bisa membuat rencana perjalanan sendiri, backpacker-an tentunya. Negara tujuan bisa dimulai dari negeri tetangga seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand. Setelah itu memberanikan diri ke negeri yang memerlukan visa seperti Korea dan Jepang. Kenapa tidak?
  • Akhirnya kamu bisa jalan-jalan keliling dunia, bukan gratis lagi tapi dibayar. Jadi mulai sekarang kamu harus meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Selain itu berusaha untuk mengenal dengan baik tempat-tempat wisata dunia yang menarik dan terjangkau. Jangan lupa belajar membuat itinerary ke luar negeri ya!

2. Menjadi Pekerja Sukarela di Salah Satu Organisasi Dunia

Tips Jalan-Jalan Gratis Ala Backpacker

Mau bekerja menjadi sukarelawan memetik anggur di Australia? Nah, ternyata cukup banyak organisasi dunia yang menawarkan kepada generasi muda untuk menjadi pekerja sukarela skala internasional. Salah satunya adalah WWOOF (World Wide Opportunities on Organix Farms).

  • Pekerja Sukarela di Pertanian Organik ini adalah sebuah organisasi yang membantu mereka yang ingin bekerja sukarela di bidang pertanian. Kamu akan ditempatkan di sebuah pertanian organik untuk bekerja selama setengah hari di kebun. Para petani akan memberikan pekerjaan di kebun dengan imbalan penginapan dan makanan gratis sehari penuh.
  • Dengan sistem kerja yang sama kamu juga bisa melakukan pekerjaan sukarela lain seperti menyelamatkan penyu di Cape York, atau menyelenggarakan festival seni di Arnhem Land. Kamu juga bisa mendaftar sebagai sukarelawan konservasi untuk membantu menyelamatkan ekosistem Australia. Semua biaya perjalanan, makan, dan penginapan menuju dan dari lokasi proyek ditanggung.
  • Selain itu ada juga berbagai organisasi internasional – tidak hanya di negeri Kanguru ini – yang menawarkan sukarelawan untuk ekspedisi penelitian. Bagi kamu yang hobi berpetualang, sangat menarik bukan? Sudah mendapat pengalaman berharga,  kamu masih bisa jalan gratis backpacker

3. Menjadi Pengajar Bahasa di Luar Negeri

Cara yang satu ini memang memerlukan keahlian bahasa yang cukup tinggi dengan kemampuan bahasa asing yang baik. Bagi kamu yang menguasai bahasa Inggris dengan baik bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.

  • Lembaga pendidikan di luar negeri melalui internet mencari tenaga pengajar bahasa asing di negara tertentu. Namun bagi kamu yang kurang pede mengajar bahasa Inggris, saat ini kampus-kampus di Australia Barat seperti Universitas Adelaide dan UNSW (The University of New South Wales) banyak membutuhkan pengajar bahasa Indonesia.
  • Nah, jika kamu berminat cobalah browsing mencari informasi di internet. Jika sudah rejeki tak akan lari ke mana bukan? Selain bisa jalan gratis backpacker saat kamu liburan, kamu juga mendapat pengalaman bekerja yang istimewa.

4. Menjadi Sukarelawan atau ‘Volunteering’

Jalan-Jalan Gratis Ala Backpacker

Menjadi sukarelawan di berbagai belahan dunia cocok bagi kamu yang berjiwa muda sekaligus petualang. Volunteering atau tenaga sukarela bisa menjadi ajang jalan gratis backpacker buat kamu.

  • Banyak bidang yang bisa kamu pilih sesuai keahlianmu. Dengan mendaftar sebagai sukarelawan, kamu bakal bekerja di suatu tempat, selain mendapatkan makanan dan akomodasi secara gratis.
  • Pertama kali agar lebih mudah, kamu bisa mengecek situs Indonesia terlebih dahulu sebagai perkenalan di dunia sukarelawan dalam negeri, misalnya http://ivh.or.id/. Di situs itu kamu bisa melihat apa saja kegiatan yang dilakukan para sukarelawan itu serta bagaimana prosedurnya.
  • Baru selanjutnya dari pengalaman dan bersosialisasi dengan para sukarelawan Indonesia kamu bisa saling bertukar informasi ataupun bisa melihat situs volunteering internasional seperti http://www.bamboo-gvn.org/

5. Menjadi Kru Kapal Pesiar atau Yacht

  • Dengan cara yang satu ini, kamu bisa jalan gratis backpacker ataupun jalan-jalan mewah melalui laut serta mendapatkan makan dan tempat tinggal secara gratis. Bukan hanya gratis, tapi kamu malahan digaji saat bekerja. Biasanya pekerjaan di Yacht memang tidak permanen seperti halnya di kapal pesiar.
  • Kapal pesiar memiliki rute yang sudah ditentukan sebelumnya di setiap perjalanan. Tentu mengasyikan bagi yang hobi jalan-jalan sambil bekerja. Memang dibutuhkan keterampilan khusus seperti mekanik, kuliner, ataupun navigasi. Apalagi bila Anda menyukai dan memahami tentang perjalanan laut, coba browsing secara online untuk mencari informasi lebih lanjut.

6. Mencari Beasiswa

Tips Jalan-Jalan Gratis Ala Backpacker

Jika kamu masih mahasiswa, manfaatkan program pertukaran pelajar yang akan memberi kesempatan buat kamu jalan gratis backpacker.

  • Saat ini beragam pilihan program beasiswa internasional dari ilmu pasti, ilmu sosial, politik, hingga ilmu bahasa. Jadi jangan bilang kalau kamu tidak memiliki kesempatan ya?
  • Ada beberapa program yang hanya menyediakan biaya hidup dan tempat tinggal di negara tujuan. Namun cobalah mencari beasiswa yang memberikan tiket pulang pergi juga. Coba browsing negara tujuan yang kamu inginkan dan cari tahu persyaratannya.

Nah, bagaimana menurutmu, siap mencoba salah satu cara di atas – agar bisa jalan gratis backpacker – yang susah-susah gampang itu?

Baca juga :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !