Artikel

6 Tips Menghadapi Masalah Hidup

Dalam hidup tidak selamanya merasa bahagia, ada canda, tawa, duka bahkan tangis di dalamnya, semua terangkum lengkap dalam proses perjalanan kehidupan. Manusia tak selamanya dalam kondisi stabil, seperti iman kadang naik kadang turun, berikut ini tips yang bisa kita coba ketika sedang mengalami masa-masa sulit dalam hidup.

6 Tips Menghadapi Masalah Hidup
Ilustrasi orang sedang menghadapi masalah

1
Berkunjunglah kepada orang tua

Orang tua yang saya maksud disini bukan hanya orang tua yang melahirkan kita, tetapi orang yang dituakan yang bisa memberi energi positif ketika kita berkunjung dan bercengkrama dengan mereka, bersilaturahmilah dengan orang yang tepat sebab ketepatan kita untuk bertemu dengan orang yang mampu memberi semangat itu penting. Orang tua bisa menjadi charger yang sangat ampuh untuk kita kembali bersemangat dan memandang positif semua cobaan. Mereka sudah kenyang dengan asam garam kehidupan, oleh sebab itu kita bisa mengambil ilmu kehidupan dengan orang-orang terdahulu.

Berceritalah kepada teman yang tepat

Berceita dengan orang yang tepat ketika sedang mengalami masalah itu perlu, setiap orang pasti mempunyai teman dekat berceritalah karena manusia tidak cukup hebat untuk bisa menyelesaikan problematika hidup tanpa bantuan orang lain, bercerita juga sedikit mengurangi beban, setidaknya kita tidak merasa sendiri ada orang-orang hebat dibelakang kita, yang sungguh mencintai kita dengan apa adanya.

3   Menulislah

Masih ingatkah kita waktu masa SMP dulu, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ada materi yang masih saya ingat yaitu Menulis Diary (buku harian). Buku harian dalam perkembangan modern ini sudah terlupakan. Kita sering kali tak sadar bahwa menulis itu juga bisa meredam masalah yang sedang kita hadapi, tulis saja apa pun yang ingin kalian tulis, teman tak selamnya ada untuk kita, tetapi buku atau media tulis yang lain selalu ada untuk kita, maka mulai dari sekarang cobalah untuk menulis, terkait dengan masalah yang sedang dihadapi, tulisan kadang bisa menjadi teman curhat yang baik, percayalah.

Tanamanlah kebaikan

Belajarlah menanam kebaikan dari sekarang, ada hukum sebab akibat, siapa yang menanam dia yang akan menuai, nah kebaikan yang kita tanam sering kali menolong kita di saat-saat genting, dia muncul secara tak terduga. Selalu ada jalan bagi manusia yang suka untuk menolong sesama.

Jalan-jalan

Hal yang jarang dilakukan orang ketika sedang dirundung masalah adalah jalan-jalan, cobalah untuk keluar rumah, letakan dulu sebentar beban masalah yang ada. Dengan jalan-jalan kita bisa mengambil hikmah, perhatikan orang-orang disekitar dan lihatlah kita masih jauh beruntung dari mereka, amati orang satu persatu lihat kesibukan mereka lihat aktifitas mereka. Sebagai bahan alternatif saya rekomendaikan sesekali anda berkunjunglah ke stasiun, taman kota atau rumah sakit.

Jalani, Hadapi, Hayati, Nikmati (J2HN)

Jalani saja seberat apa pun permasalahan yang sedang dihadapi, kita tak punya banyak waktu untuk menghindar dan menyesali, hadapi, ingat katakutan tidak terbukti 100%, kadang kita merasa takut dengan sudah menjustifikasi pikiran kita sendiri dengan bayang-bayangan yang menakutkan namun realita kadang tak seperti itu maka hadapi saja. Hayati permasalahan yang hadir di hidup kita, ini bisa sebagai bahan evaluasi untuk kedepan kita bisa menjadi manusia yang lebih baik. Cobalah untuk bisa menikmati masalah, nikmati dan resapi sampai kita menemukan rasa syukur ketika sedang berbahagia. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !