Artikel

7 Cara AMPUH Mengatasi Rasa Malas Membuat Skripsi

7 Cara AMPUH Mengatasi Rasa Malas Membuat Skripsi

Adik bertanya, “kakak wisudanya kapan?”
Ibu & Bapak bertanya, “kamu kapan wisuda?”
Teman bertanya, “Kapan diwisuda bro???”
Pacar juga ikut-ikutan Tanya “Mamas gak pngn lulus & wisuda?”
Paman, bibi, saudara sepupu, teman SD, dan samapai-sampai mantan pacarpun juga menanyakan hal yang kurang lebih sama. Edan…..
Pertanyaan pertama biasanya aku berlagak tidak dengar, ketika ditanyakan lagi aku akan bilang “gampang..”, pertanyaan ketiga aku mulai naik dan menjawab “ada pertanyaan lain?”, dan ketika pertanyaan keempat aku mulai EEEMMMOOOOSSSSIIII!!!!!!!! Aku emosi cuk! Sabar ada batasnya cuk!
Setelah emosiku reda, aku juga berfikir, walaupun mereka menyebalkan dengan pertanyaan mereka itu, tapi itu ditanyakan karena mereka sebenarnya sayang kepadaku, peduli terhadapku. Cieee aku disayangi…..
Yah, aku mahaiswa semester akhir di slah satu perguruan negeri di Purwokerto. Semenjak sudah tidak ada lagi jadwal perkuliahan, aku lebih sering nganggur tak jelas, main-main, berkelana kesana kemari tak ada guna, aku selalu malas memulai mengerjakan skripsi. Pokoknya aku malas mengerjakan skripsi! Aku penginnya nikah! Hahaha…
Tapi karena kepenginan nikahku itulah aku jadi berpikir “kalau kaya gini terus, kapan aku lulus..kalau belum lulus, kapan aku dapat kerja….kalau belum dapat kerja, kapan aku menikah…” Dengan alasan seperti itulah, aku akan berusaha melawan rasa malas mengerjakan skripsi.
Mungkin kamu juga mengalami hal yang sama dengan kondisiku, malas. Untuk melawan rasa malasku dan malasmu setidaknya ada 7 cara ampuh yang bisa digunakan untuk melawan rasa malas itu :
1. Niat
Yups, segala sesuatu pastilah harus diniatkan, tak terkecuali mengerjakan skripsi. Niat disini bukan hanya sekdedar niat, keinginan, tapi niat disini adalah niat yang kuat! Tekad! Lagian mengerjakan skripsi itu adalah niat yang baik, pasti berhasil. Lha wong maling yang biasanya nyolong juga berhasil, masa kita enggak! Pasti..Tuhan bantu kok…
Aku sudah niat, anda? Ayo cepat diniatkan!
2. Tentukan Deadline
Dengan menentukan deadline waktu wisuda, kita akan dipaksa untuk melakukan kerja, mau tidak mau kita harus selesai sebelum deadline tersebut. Orang malas seperti kamu itu (aku juga) memang harusnya dipaksa. Kalau gak dipaksa ya pasti wisuda yang sudah diniatkan takan di action-kan.
3. Susun Agenda Kegiatan & Target
Buatlah jadwal khusus mengenai hal-hal rinci dan teknis yang harus kamu kerjakan. Misalnya hari ini kamu harus pinjam buku diperpus, menulis minimal 5 halaman, menemui dosen, dll. Jadwal bisa juga kamu buat dari kertas ataupun whiteboard, pajang di dalam kamar kamu, ini akan sangat membantu.
4. Singkirkan Hal Lain
Biasanya ketika melakukan hal-hal yang baik kita akan selalu mendapat cobaan, begitu juga mengerjakan skripsi. Mulai dari organisasi, kegiatan olahraga, teman yang ngajakin main, dll.. termasuk juga menulis di blog yang aku lakukan ini, haha
Untuk lebih fokus dan maksimal, utamakan skripsimu itu, tinggalkan kegiatan yang lainnya. Tapi jika kegiatan lain tidak bisa ditinggalkan, ya minimal dikurangi.
7 Cara AMPUH Mengatasi Rasa Malas Membuat Skripsi
fokus
 5. Lihat Teman
Lihat teman-temanmu itu, tanggal pertama masuk kuliah mereka sama denganmu, kampusnya sama, perpusnya sama, dosennya sama, makannya juga sama dengan kamu…mereka saja bisa lulus masa kamu tidak bisa. Jika perlu hubungi dan ggobrolah dengan mereka, mengenai tata cara, kesulitan, kemudahan dalam mengerjakan skripsi..tidak usah malu, tidak usah gengsi..
6. Pikirkan Orang Tua & Masa Depan
Ingat..kamu itu sudah besar,sudah tua..balaslah kerja keras mereka yang telah membiayaimu kuliah, membelikanmu motor, dan member uang yang kamu gunakan untuk makan bareng pacar kamu itu.. Selama kuliah mereka telah bekerja keras memenuhi kebutuhanmu, sekarang tinggal kamu yang bekerja keras untuk menyelesaikan skripsi.
Pikirkan juga masa depanmu, kamu tentunya pengen cepet kerja. Nah semakin kamu menunda-nunda mengerjakan berarti kamu semakin menunda-nunda juga untuk mendapat kerja. Secara langsung kamu juga sudah menyia-nyiakan masa depanmu.
7. Istikomah, Konsisten, Disiplin
Segala hal tanpa istikomah, konsisten dan disiplin adalah sebuah kepercumaan. Kan sudah sering kita dengar ada istilah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, kerjakanlah skripsimu secara terus menerus, tak kenal lelah dan tahan cobaan. Kerjakanlah, suatu saat pasti skripsimu itu akan selesai.
Selamat berjuang bro! mari kita sama-sama berjuang! Kalau kamu diwisuda mungkin kamu bisa menghubungi aku. Syukur-syukur aku bisa datang & memberi bunga.
-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !