7 Cara Mengetahui Dia Teman Sejati Atau Tidak

7 Cara Mengetahui Dia Teman Sejati Atau Tidak – “mencari teman memang mudah, apabila untuk teman suka. Mencari teman tidak mudah, apabila untuk, teman susah..” itulah sepenggal lirik lagu Rhoma Irama yang menggambarkan susahnya mecari teman sejati yang dapat kita andalkan, yang selalu ada bukan hanya  ketika senang tetapi ketika susahpun dia selalu peduli. Lalu dari sekian banyaknya teman yang kita miliki, manakah yang benar-benar teman sejati? Berikut adalah 7 Cara Mengetahui Dia Teman Sejati Atau Tidak :

1.    Perhatian

Perhatian adalah refleksi dari kepedulian, ketika dia memeperhatikanmu berati dia mempedulikanmu dan tidak salah kamu menjadikannya teman. Untuk mengetahui dia perhatian atau tidak, coba katakan sesuatu yang penting atau yang terjadi di hidup anda, lihat apakah dia menanggapi atau mecari tahu terhadap hal tersebut. Jika dia tidak menanggapi hal tersebut, cobalah beritahu hal tersebut di lain waktu. Jika masih belum mempedulikan, cobalah dilain kesempatan dengan memberikan isyarat tentang hal tersebut, lalu kamu bisa menyimpulkan apakah dia dapat dijadikan teman sejati kamu atau tidak.

7 Cara Mengetahui Dia Teman Sejati Atau Tidak

2.    Kesetiaan

Kesetiaan mutlak diperlukan untuk berlangsungnya hubungan yang baik, termasuk pertemanan kalian. Lihat reaksi si dia ketika kamu melakukan kesalahan yang agak berat hingga mungkin orang lain akan menjauhimu, jika dia teman sejatimu dia tidak akan mengikuti orang lain untuk meninggalkanmu, sebaliknya dia akan mengingatkan dan memberikan penguatan. Atau dengan cara ceritakan suatu rahasia teman anda yang lain, apakah dia akan berkomentar atau tidak, teman sejati mengetahui betul suatu kepercayaan dan menjaga rahasia dalam setiap hubungan. Pastikan dia tidak nampak keberatan karena anda telah menceritakan rahasia teman anda terhadap orang lain. Dia juga akan memaafkan terhadap hal-hal bodoh yang kamu lakukan terhadapnya, karena dia menganggap kamu tidak akan mengulanginya lagi dan akan belajar dari kesalahanmu itu.

3.    Kebanggaan

Seorang teman sejati akan bangga terhadap prestasi kamu, bukannya iri terhadap kesuksesan kamu atau bahkan menganggap biasa/menyepelekan. Teman sejati akan selalu ada dalam setiap suasana. Kenyataanya banyak yang menghibur dan menguatkan anda ketika terjadi sesuatu yang mengecewakan/menyedihkan anda. Tapi lebih jarang menemukan orang yang menepuk pundak anda dan mengucapkan selamat atas keberhasilan yang telah anda lakukan.

4.    Kejujuran

Teman sejati akan mengatakan kepadamu (penyampaiannya dengan cara yang baik, bukan dengan cara menghina atau merendahkan) hal buruk tentangmu, walaupun itu kan membuatmu membencinya sekalipun. Dia peduli terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh sikap dan sifat kamu itu. Kejujuran juga dia lakukan dari kejujuran kata, sikap dan sifat.

7 Cara Mengetahui Dia Teman Sejati Atau Tidak
sahabat sejati

 

5.    Keterbukaan

Salah satu cara mengidentifikasi apakah dia layak kamu jadikan teman sejati adalah keterbukaan. Dia akan memberikan akses yang seluas-luasnya terhadap semua aspek kehidupan si dia. Sifatnya seperti apa, keluarganya bagaimana, atau bahkan dia kan menceritakan hal-hal yang sangat privasi yang tidak akan diceritakan terhadap orang lain. Tidak ada yang ditutup-tutupi dalam hal pertemanan, semua terjadi tulus begitu saja.

6.    Penghargaan

Buatlah misteri positif, katakan kamu baru saja mendapatkan hal yang bahagia tetapi kamu tidak ingin menceritakan kepada orang lain. Teman sejati tidak akan memaksakan kamu untuk bercerita karena dia menghargaimu karena memang kamu tidak ingin menceritakan hal tersebut. Tapi jangan buat misteri negatif, teman sejati akan berusaha keras mencari tahu terhadap hal negatif itu, karena dia perhatian.

Seorang teman sejati juga tidak akan merendahkanmu dihadapan teman yang lain (kecuali forum bercanda), teman sejati adalah orang yang baik,karenanya dia akan menghargai setiap orang.

7.    Pengorbanan

Apakah dia mau mengorbankan sesuatu jika hal itu bisa membuatmu senang? Relakah dia meninggalkan kepentingannya sendiri dan lebih memilih menghampirimu ketika anda membutuhkan seseorang? Ketika kalian berada dalam situasi genting apakah dia akan terburu-buru berlari keluar “menyelamatkan diri” ataukah dia tampak mendahulukanmu dan berusaha menyelamatkanmu? Itu pertanyaan-pertanyaan yang dapat dijadikan indikator apakah dia teman sejatimu atau tidak.

Jika si dia lulus dalam empat hingga tujuh piont diatas, maka kamu mungkin telah mendapatkan teman sejati. Jika kurang dari empat maka kamu harus meninjau ulang hubunganmu terhadapnya dan membicarakan hal ini kepada si dia. Tapi pengukuran ini jangan disimpulkan dalam waktu yang singkat, harus diukur dalam waktu yang lama, karena mungkin saja kita yang kurang/tidak peka terhadap setiap hal yang sudah dia lakukan terhadapmu.SEMOGA KAMU MENDAPATKAN TEMAN SEJATIMU.

Baca juga : Hubungan hidup kita dengan hidup orang lain

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !