7 Jurusan Kuliah Terfavorit di Indonesia

7 Jurusan Kuliah Terfavorit di Indonesia – Ini buat kalian para anak muda SMA dan sederajat yang masih bimbang mau kuliah tetapi masih bingung mau mengambil jurusan apa, ini tulisan pas buat kalian sebagai bahan referensi agar kelak tidak menyesal dikemudian hari karena salah mengambil jurusan.

Memilih jurusan kuliah yang tepat akan sangat membantu kita ketika sudah memasuki dunia pekerjaan, jangan sampai karena jurusan kuliah kita tidak populer menyebabkan kita menjadi susah mendapatkan pekerjaan.

Selain itu juga bisa menjadi pendorong bagi kita untuk rajin belajar guna mendapatkan jurusan yang diinginkan yang ternyata persaingannya semakin hari semakin ketat saja, bila kita tidak menyiapkannya jauh-jauh hari maka akan sulit mendapatkan jurusan kuliah yang kita inginkan.

7 jurusan terfavorit di Indonesia

Ilustrasi proses perkuliahan

Nah inilah beberapa jurusan kuliah terfavorit di Indonesia diambil dari beberapa sumber yang dapat dipercaya, baiklah marilah kita ulas satu-persatu.

1. Teknik Informatika atau Komputer

Memasuki zaman modern seperti sekarang dimana teknologi maju kian cepat maka tak heran banyak orang yang mengidamkan kelak ketika kuliah akan mengambil jurusan Teknik Informatika atau Komputer

Selain faktor di atas lapangan pekerjaan bagi sarjana lulusan ini juga kesempatan kerjanya sangat luas, sebab kemampuan mengoperasikan komputer hampir semua kantor membutuhkan.

Jurusan Teknik Informatika atau komputer dalam beberapa survei yang dilakukan oleh kementrian terkait selalu menempati urutan teratas dengan peminat yang begitu banyak.

2. Kedokteran

Berbeda di Finlandia yang menempatkan Guru menjadi jurusan terfavorit, di Indonesia menjadi seorang dokter merupakan cita-cita hampir setiap anak di Indonesia.

Sebab dokter dilihat sebagai profesi yang mulia, tidak hanya itu bonus gajih menjadi dokter juga bayarannya relatif tinggi.

Tak heran bila jurusan yang satu ini difavoritkan anak, orang tua juga banyak yang menginginkan anaknya kelak akan menjadi seorang dokter.

Disamping soal gaji yang melangit, menjadi seorang dokter juga bisa meningkatkan strata sosial keluarga, karena posisi dokter di Indonesia merupakan posisi yang istimewa karena tidak setiap orang mampu untuk mengambil jurusan itu, karena biayanya yang terkenal mahal.

3. Teknik Sipil

Peminat anak untuk kuliah di jurusan teknik sipil di Indonesia semakin tinggi dengan menjamurnya bisnis properti di Indonesia, jurusan teknik sipil memungkinkan para lulusannya untuk bisa menjadi insinyur.

Posisi yang juga sangat di idamkan bagi orang tua atau calon mertua, karena bila bisa bekerja di sektor ini dianggap sebagai orang yang sukses. Tidak hanya itu teknik sipil juga kerap diisi oleh orang-orang pintar, karena kuliah di jurusan ini dia harus mahir mengusai materi matematika dan fisika.

Sesuai paradigma masyarakat Indonesia orang yang bisa dibidang matematika dan fisika maka dia tergolong orang yang pintar.

4. Farmasi

Tidak hanya bisnis properti yang sedang meningkat di Indonesia, bisnis farmasi pun sama, maka tak jarang banyak anak yang tertarik kuliah mengambil jurusan ini.

Selain sebagai apoteker, kuliah di jurusan ini pun lapangan pekerjaanya luas, bisa juga bekerja di perkantoran dan perusahaan-perusahaan farmasi yang semakin banyak ada di Indonesia.

Sarjana Farmasi bila tidak ingin bekerja dia juga bisa mendirikan Apotek, meski Apotek sudah menjamur di Indonesia namun hampir semuanya laku keras, ada saja setiap hari konsumen yang membeli obat.

5. Ilmu Kesehatan

Berbeda dengan jurusan Farmasi, jurusan ilmu kesehatan mengacu pada penelitian pola makan dan kesehatan masyarakat, dalam jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu kesehatan masyarakat.

Yang tujuaanya adalah memperbaiki standar hidup masyarakat, seperti yang sudah diketahui diberbagai daerah di Indonesia, standar hidup sehat masyarakatnya masih memprihatinkan, khususnya terjadi di daerah yang tidak terjangkau akses kesehatan.

Jurusan kesehatan juga menawarkan pekerjaan yang menarik, sarjan lulusan ini bisa bekerja di dinas kesehatan, yang hampir disetiap daerah tedapat dinas ini. Tidak hanya itu sarjana dalam lulusan ini juga bisa bekerja di sektor swasta untuk melakuka riset di perusahaan medis.

6. Manajemen

Tidak mengherankan jurusan Manajemen masuk dalam daftar jurusan terfavorit di Indonesia, jurusan ini menawarkan lapangan pekerjaan yang sangat luas, bisa masuk dalam banyak lini pekerjaan.

Diantaranya wirausahawan, pengelola usaha, konsultan manajemen, bisnis manajemen, konsultan pemasaran, manajer keuangan hingga bisa menjadi struktur di program pelatihan kewirausahaan.

Tawaran lain bagi sarjana manajemen adalah dia bisa menjadi wirausahawan sendiri, mengelola bisnis milik sendiri, dengan bekal dia berada di kuliah maka tidak jarang banyak orang yang sukses berwirausaha sendiri setelah mereka lulus kuliah.

7. Akuntansi

Jurusan akuntansi masih juga menjadi primadona di Indonesia, tidak berbeda jauh dengan jurusan manajemen, jurusan akuntansi pun menawarkan lapangan pekerjaan yang begitu luas.

Lulusan sarjana akuntansi banyak yang pekerja di perusahaan-perusahaan besar nasional, lulusan ini juga bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS), sector swasta, BUMN dan organisasi non pemerintahan, kantor akuntan publik dan wirausaha.

Orang yang kuliah di jurusan ini juga dibekali dengan ilmu keuangan, kegiatan bisnis dan pengorganisasian serta pengetahuan dibidang teknologi informasi. Yang bisa membuat daya tawar diri semakin tinggi.

Demikian ulasan singkat mengenai jurusan kuliah terfavorit di Indonesia, Semoga bermanfaat.

Salam.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !