7 Kegiatan Usaha Menjanjikan Di Desa

7 Kegiatan Usaha Menjanjikan Di Desa – Pada artikel kali ini wisata usaha akan mengulas seputar wirausaha di daerah pedesaan. Kenapa, ada beberapa alasan kami mengambil tema ini. Berikut alasan kami.

Mencoba membantu pembaca dalam mencari ide usaha yang sering kali tidak terpikirkan oleh pembaca.

Sejak tahun 2014 pemerintah sedang menggalakan kesejahteraan lingkungan pedesaan dengan program pnpm dan pendanaan milyaran rupiah oleh pemerintah pusat.

Ikut membantu dalam peran sebagai warga negara dalam pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

Itulah tiga alasan utama kami menuliskan artikel ini. Wirausaha dan pedesaan, kaitan keduanya menjadi tantangan generasi mendatang. Sebuah generasi yang terbiasa dididik dengan kenyamanan dan serba instan. Apakah kita semua akan mampu mencapai keadilan bagi seluruh wilayah indonesia ?.

Cita-cita tersebut akan terwujud dengan baik jika seluruh pihak benar-benar bercita-cita dengan keteguhan. Bukan hanya sekedar kampanye pemerintahan baru demi dukungan masa atau semangat sesaat yang tidak tahu hakikat niat. Untuk konsisten bercita-cita menjadi sukses dari pedesaan, maka kami persembahkan 7 peluang wirausaha yang berpotensi sukses di daerah pedesaan. Berikut :

1. Mendirikan toko kelontong atau bisnis pakaian murah

Toko kelontong adalah toko yang menyediakan bermacam kebutuhan sehari-hari seperti beras, sayur, gula minyak dan lain-lain. Prospek mendirikan usaha toko kelontong sangat menggiurkan. Memang tidak serame jika membuka di area pasar, namun justru jauh dari pasar kita dapat menjaring pembeli dari lingkungan sekitar yang memiliki akses terbatas. Kita bisa menjualnya sedikit lebih mahal, itung itung biaya tranport kita untuk kulakan.

7 Kegiatan Usaha Menjanjikan Di Desa

2. Jasa potong rambut

Eits jangan salah, jasa pemotongan rambut menjadi usaha yang menguntungkan jika di kelola dengan baik. Terlebih jika usaha ini dilakukan ketika menjelang lebaran, saya jamin pasti banyak yang antri untuk menyewa jasa potong rambut.

3. Juragan angkot pedesaan

Menjadi juragan angkot baik di pedesaan ataupun di perkotaan sama-sama menjanjikan. Namun ada sedikit perbedaan. Jika didaerah pedesaan angkot yang diminati adalah mobil pikup dan mobil carry. Kenapa?. Mobil picup digunakan untuk mengangkut benih dan hasil pertanian, serta mengangkut kulakan dari pasar. Sementara mobil carry di gunakan untuk disewakan, karena biasanya masyarakat pedesaan jika pergi kemana-mana maka akan mencarter mobil, ini dikarenakan akses transportasi yang masih minim. Jasa ojeg juga sangat diandalkan oleh masyarakat pedesaan.

4. Menjadi juragan traktor

Tanah yang masih luas sebagai lahan pertanian butuh sebuah alat yang mampu bekerja cepat dalam mengolah tanah pertanian tersebut. Umumnya tanah sawah di pedesaan masih berhektar-hektar. Dari peluang inilah kita dapat manfaatkan momentum untuk menjadi juragan traktor. Pada saat akan musim tanam uang dari trakrtor-traktor yang disewakan akan mengalir memenuhi rekening.

5. Toko bangunan

Usaha yang satu ini butuh modal yang besar. Daerah pedesaan merupakan daerah yang masyarakatnya sedang berkembang. Banyak rumah-rumah yang sedang atau akan di bangun. Karena umumnya rumah-rumah pedesaan sedang bertranformasi dari rumah yang terbuat dari bambu atau kayu dibangun menjadi rumah tembok, maka akan membutuhkan bahan bangunan yang banyak. Ada sebuah fakta unik, usaha toko bangunan malah lebih berkembang di bandingkan dengan di lingkup perkotaan.

6. Jasa penyewaan pompa air

Pada musim kemarau sawah-sawah tadah hujan akan mengandung sedikit air. Perlu ada pompa air untuk menaikan air ke sawah-sawang tersebut. Biasanya usaha pompa air akan kepanenan order pada pertengahan musim tanam.

7. Membuka jasa pemotongan kayu

Lahan yang masih luas biasanya ditanami dengan kayu-kayu besar. Atau mengambil dari hutan-hutan sekitar desa. Namun tentunya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jasa pemotongan kayu setiap harinya akan terus beroprasi.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !