7 Negara Termiskin Di Dunia Terbaru

7 Negara Termiskin Di Dunia Terbaru
Ilustrasi kemiskinan di Afrika Tengah

7 Negara Termiskin Di Dunia Terbaru – Kemiskinanan masih saja menjadi momok yang menghantui dunia ini, tidak hanya di Negara kita dibelahan dunia yang lain juga masih sering kita dengar orang-orang yang mati kelaparan.

Negara-negara di wilayah Afrika masih mendominasi sebagai Negara termiskin di dunia, dengan berbagai masalah yang juga menyertainya, terutama konflik saudara yang berkepanjangan.

Negara termiskin di dunia biasanya ditentukan berdasarkan perolehan GDP/PDB dari suatu Negara. Negara dikategorikan miskin jika mendapatkan nilai GDB/PDB dibawah yang telah ditetapkan oleh Bank Dunia (World Bank).

Ilustrasi kemiskinan di Afrika Tengah

GDP/PDB itu sendiri merupakan ukuran dari pendapatan rata-rata penduduk suatu Negara per harinya. Nilai ini dapat dijadikan sebagai indikator kemakmuran ekonomi dari suatu Negara.

Menurut Bank Dunia, jika penduduk suatu Negara mendapatkan pendapatan di bawah US$ 2 per hari, maka Negara tersebut dikategorikan sebagai Negara miskin.

Setiap tahunnya Bank Dunia melakukan monitoring terhadap gerak perkembangan GDP/PDB semua Negara di Dunia. Data yang di dapatkan itulah yang kemudian menjadi acuan untuk menentukan urutan/daftar dari Negara-negara miskin tersebut.

Berikut adalah 7 Negara termiskin di dunia pada tahun 2017 versi Bank Dunia:

7. Mozambik

Republik Mozambik adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan yang berbatasan dengan Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, Malawi, Zambia dan Zimbabwe.

Mozambik merupakan anggota Komunitas Negara-Negara Berbahasa Portugis dan Persemakmuran. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya ialah Maputo yang terletak di penghujung bagian selatan.

Mozambik merupakan salah satu negara misikin dan tertinggal di dunia. Mozambik memiliki kekayaan alam yang banyak dan luas.

Perekonomian negara sebagian besar bergantung pada pertanian, namun industri, terutama makanan dan minuman, pabrik kimia, aluminium, dan produksi minyak bumi semakin bertambah, begitupun dengan sektor pariwisata.

Besaran GDP/PDB dari Negara ini kurang dari US$1.100. Sebenarnya, Mozambik telah memperlihatkan trend pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan selama 1 dekade terakhir.

Namun, pertumbuhan tersebut kurang dapat dirasakan oleh penduduk Mozambik. Kemiskinan tetap saja terjadi akibat dari tidak meratanya pembangunan dan kurangnya lapangan pekerjaan.

6. Nigeria

Nigeria adalah sebuah negara di daerah Barat Afrika dan dikelilingi oleh Niger di utara, Kamerun di Timur, Benin di Barat, dan Chad di sebelah timur laut yang meraih kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1960.

Pasca kemerdekaannya, Nigeria diharapkan dapat tumbuh menjadi sebuah negara yang mandiri, mengingat potensi baik Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang dimilikinya cukup menjanjikan.

Namun nyatanya kemiskinan masih menjadi momok yang menakutkan di Negara tersebut. Negara dengan penduduk muslim terbanyak di Afrika ini hanya memiliki GDP/PDB sebesar US$1.070.

Negara kaya miyak ini mengalami permasalah Sumber Daya Manusia yang belum siap untuk mengolah kekayaan alam yang melimpah di Negara tersebut.

5. Burundi

Burundi adalah sebuah negara tanpa laut di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika. Negara ini berbatasan dengan Rwanda di utara, Tanzania di selatan dan timur, dan Republik Demokratik Kongo di barat.

Nama negara ini berasal dari bahasa Bantu, Kirundi. Negara ini sangat miskin. Dibanding Indonesia, pendapatan perkapitanya 400 kali lebih kecil daripada Indonesia

Dengan sumber daya alam yang sedikit, Burundi merupakan salah satu negara termiskin di dunia Negara ini hanya mencatat perolehan GDP/PDB sebesar US $951.

Negara ini mempunyai paling banyak konflik di Afrika dan di dunia, bahkan ada yang mengatakan Burundi merupakan neraka di nyata di dunia.

4. Liberia

Liberia terletak di pesisir barat Afrika, Negara yang akrab dengan konflik saudara ini Sekitar 85 persen dari empat juta penduduk negeri yang merdeka tahun 1847 itu hidup di bawah garis kemiskinan.

Dengan pendapatan per kapita 260 dollar AS per tahun, nilai GDP/PDB Liberia berada dikisaran US $935. Liberia yang subur sebagai negara tropis tergolong negara miskin di dunia.

Kehancuran ekonomi Liberia terjadi karena kekacauan sosial dan perang saudara dua kali pada dekade tahun 1980-an sampai tahun 2003.

Paling tidak 250.000 orang tewas. Kehadiran pasukan PBB yang begitu mencolok, yang mencapai 15.000 di seluruh negeri, menjadi bukti bahwa negara itu belum benar-benar aman.

3. Malawi

Negara termiskin ke-3 dunia ditempati oleh Malawi, sebuah Negara yang terletak di Afrika Selatan. Per kapita GDP/PDB dari negara ini diperkirakan sebesar US $ 820.

Sebenarnya, ekonomi Malawi telah meningkatkan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tingginya inflasi dan ketergantungan pada pembiayaan donor menjadi faktor penghambat terjadinya perbaikan yang lebih luas.

Malawi juga kerapkali diterjang benca alam, seperti banjir bandang yang terjadi sekitar setahun yang lalu, bencana ini menyebabkan sekitar 200 ribu orang meninggal, rumah dan fasilitas pemerintah porak-poranda.

2.Republik Demokratik Kongo

Negara ini dulunya dikenal dengan nama Zaire (sejak tahun 1971 hingga 1997). Negara yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resminya ini kondisinya porak-poranda oleh perang.

Perang Kongo kedua pecah pada tahun 1998. Perang yang melibatkan setidaknya tujuh tentara negara asing ini adalah konflik paling mematikan di dunia sejak Perang Dunia II yang telah menewaskan 5.400.000 orang.

Di Afrika, perang ini disebut sebagai Perang Dunia Afrika. Pada tahun 2010, diperkirakan setidaknya 45.000 orang di Kongo tewas setiap bulannya.

Republik Kongo juga dikenal sebagai salah satu tempat terakhir di bumi yang memiliki suku kanibal. Memakan manusia adalah cara untuk bertahan hidup dalam kelaparan yang mempengaruhi sekitar 67% dari populasi.

Negara yang berpenduduk 67 juta jiwa ini hanya meraih perolehan GDP/PDB sebesar US $750. Konflik masa lalu yang terus terjadi hingga kini memicu terjadinya ketidakstabilan di pemerintahan. Akibatnya, ekonomi negara ini sulit bertumbuh.

1. Republik Afrika Tengah

Oke, kita sudah berada diurutan pertama Negara paling miskin di duna yang pada tahun ini ditempati oleh Republik Afrika Tengah.

Negara kecil yang terletak di pedalaman Afrika dengan jumlah penduduk yang hanya sebesar 4 juta jiwa. Negara ini mencatat perolehan GDP/PDB terkecil di dunia, yakni hanya sebesar US $640.

Negara ini sebenarnya memiliki kekayaan yang melimpah namun karena keterbatasan sumber daya manusia sehingga menyebabkan negera ini berada di garis kemiskinan.

Selain itu juga konflik dan tidak stabilnya politik di Negara tersebut juga memberikan andil menjadi Negara tersebut menjadi Negara termiskin di Dunia.

Demikianlah 7 Negara Termiskin di Dunia 2017 Versi Bank Dunia, semoga bermanfaat !!!

Loading...
About Agus Prasetio 135 Articles
Seorang manusia biasa terlahir dari orang tua yang sangat luar biasa, Bapak Jaya Sumitro dan Ibu Jawen

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*