Berita, Profil Dan Tokoh

7 Sisi Unik Soekarno

7 Sisi Unik Soekarno – Soekarno, nama yang sangat familiar di telinga bahkan didalam hati dan pikiran seluruh rakyat Indonesia. Tak heran, karena jasa beliau sangat besar bagi bangsa ini. Beliau adalah salah pelaku utama dalam memerdekakan  Indonesia dari cengkraman penjajah.

Namun dibalik pikirannya yang cerdas, sisi spiritualiasnya yang tinggi, diplomasinya yang hebat, dan kisah kisah heroik lainnya, Soekarno tetaplah manusia, yang mempunyai sisi biasa layaknya manusia biasa, mempunyai sisi unik yang mungkin belum banyak yang kita ketahui.

7 Sisi Unik Soekarno
Soekarno

Berikut 7 sisi unik seorang Putra Sang Fajar, Soekarno :

1. Soekarno Menggandrungi Musik Keroncong, Musik keroncong adalah aliran music yang lahir di Indonesia. Namun bukan termasuk sebagai musik tradisional, tapi keroncong adalah salah satu jenis musik diatonis karena dipengaruhi oleh musik barat.

Bentuk kecintaan Soekarno pada musik keroncong bisa dibuktikan salah satunya adalah saat diasingkankan di istana bogor selepas G-30S/PKI, Bung Karno menginventarisasi musik-musik keroncong yang populer tahun 1930-an dan kemudian menghilang. Dengan beberapa seniman keroncong, beliau berhasil menyelamatkan beberapa karya keroncong.

2. Penggemar Wayang, Mungkin kita bertanya-tanya. Apa yang menginspirasi seorang Soekarno sehingga menjadi orang hebat, yang tetap berjuang meski mendapat hadangan yang demikian terjal.

Salah satu yang menginspirasi beliau adalah Gatot Kaca, tokoh pewayangan yang memperjuangkan sesuatu hal meski harus melewati cobaan berat dan kekalahan berkali-kali.

Ya, Soekarno memang sangat menyukai kesenian wayang. Beliau hafal banyak cerita pewayangan. Saat masih bersekolah, Soekarno muda sering begadang semalam suntuk saat ada pertunjukan wayang.

Dalam biografinya, Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat, Soekarno berkata “Pertunjukan wayang didalam sel itu tidak hanya menyenangkan dan menghiburku. Dia juga menenangkan perasaan dan memberi kekuatan pada diriku. Bayangan-bayangan hitam dikepalaku menguap bagai kabut dan aku bisa tidur nyenyak dengan penegasan atas keyakinanku. Bahwa yang baik akan menang atas yang jahat”.

3. Tidak Menyukai Wanita Seksi, Soekarno dikenal memiliki kharisma yang mampu membuat wanita-wanita bertekuk lutut kepadanya. Namun wanita seperti apa yang disukai Soekarno?

Diceritakan pada suatu sore Soekarno dan Fatmawati sedang berjalan-jalan, lalu Fatmawati bertanya mengenai tipe wanita yang disukai Soekarno. Lalu Soekarno menjawab “Saya menyukai perempuan dengan keasliannya, bukan wanita modern yang pakai rok pendek, baju ketat dan gincu bibir yang menyilaukan.”

4. Soekarno dan Fatmawati Tak Pernah Merayakan Ulang Tahun Pernikah, “Kami tidak pernah merayakan kawin perak atau kawin emas. Sebab, kami kami anggap itu soal remeh, sedangkan kami selalu dihadapkan pada persoalan-persoalan besar yang hebat dan dahsyat” begitu cerita Ibu Fatmawati.

Dapat dimaklumi memang, karena saat berlangsungnya pernikahan, zaman sedang berkecamuk dan Soekarno disibukan dengan persoalan bangsa yang lebih penting dari kepentingan pribadinya.

5. Soekarno Tak Pernah Minum Alkohol, Sebagai seorang presiden pasti sering bertemu dengan pemimpin dunia internasional dan tentunya mendapat jamuan dan minuman yang mengandung alkohol. Namun jika mendapat minumal, Soekarno akan tegas menolak dan memagang prinsip sebagai muslim yang pantang minum alkohol dan akan meminta air jeruk sebagai gantinya.

“Bung Karno tidak pernah minum alkohol. Apapun minumannya” ujar Bambang Widjanarko, mantan ajudan Soekarno.

Sekedar informasi, pada pagi hari Soekarno minum kopi, pada sore hari akan minum teh, dan sisanya minum air putih.

6. Lebih Memilih Pakain Sederhana, Sebagai seorang presiden, sangat gampang untuk memiliki dan mengenakan baju yang mahal dan serba baru. Namun dalam kesehariannya, gaya berpakaian Soekarno sangat sederhana. Jika ada yang robek, beliau akan menyuruh orang untuk menjahitkannya. Begitupun sandal, lebih senang memakain yang lama meski hampir rusak. Begitu pula dengan busana-busana lain, meski begitu Bung Karno tetap memperhatikan penampilannya.

7. Cara Makan Yang Sederhana, Untuk ukuran presiden, minimal menggunkan sendok dan garpu ketika bersantap makan. Namun berbeda dengan Soekarno,  dalam istana beliau tetap  menggunakan tangan ketika makan, ini adalah kebiasan sejak dulu, terutama kalau makan bersama keluarga.

Makanan kesukaan Soekarno pun amat sederhana, yaitu sayur lodeh, sayur asam, telur mata sapi, ikan asin, dan sambal.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !