Pengertian Akuntansi dan Program MYOB Accounting

Akuntansi dan program MYOB accounting – Akuntansi adalah seni mencatat, penggolongan, peringkasan dan pelaporan transaksi-transaksi keuangan suatu organisasi dengan cara-cara tertentu yang sistematis, serta penafsiran terhadap hasilnya. Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya.

Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja.

Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu proses Pencatatan – > Penggolongan – > Peringkasan – > Pelaporan – >  Penganalisaan data keuangan dari suatu organisasi.

Kegiatan pencatatan dan penggolongan adalah merupakan proses yang dilakukan secara rutin dan berulang–ulang setiap kali terjadi transaksi keuangan. Sedangkan kegiatan pelaporan dan penganalisaan biasanya hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Persamaan dasar akuntansi merupakan persamaan yang menunjukkan bahwa jumlah semua harta atau sumber-sumber yang tercamtum pada sisi kiri adalah berasal dari kreditur dan pemilik, sehingga jumlah sisi kiri harus sama dengan sisi kanan. Proses akuntansi digambarkan sebagai berikut:

HARTA (ASSETS) = KEWAJIBAN + MODAL

Akuntansi menggunakan sistem pencatatan berpasang (double entry system). Misalnya perusahaan mengeluarkan kas untuk membayar sewa gedung. Terhadap transaksi ini, akuntansi mencatat tidak hanya pengeluaran sewa, tetapi juga untuk apa kas dikeluarkan. Transaksi keuangan dicatat pertama kali dalam buku jurnal dan kemudian diringkas dalam buku besar .

Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja.

Apa itu MYOB Accounting ?

Akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis karena merupakan suatu alat untuk menyampaikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang memerlukannya. Semakin baik kita mengerti bahasa tersebut, maka semakin baik pula keputusan kita, dan semakin baik kita didalam mengelola keuangan. Untuk menyampaikan informasi-informasi tersebut, maka digunakanlah laporan akuntansi atau yang dikenal sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan suatu perusahaan biasanya terdiri atas empat jenis laporan, yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. Untuk memudahkan proses akuntansi dalam menginputkan laporan keuangan dalam suatu perusahaan, maka digunakan program MYOB.

MYOB Accounting merupakan paket program komputer untuk olah data akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated software). Program dibuat oleh MYOB Limited Australia, selanjutnya software ini telah dipakai dan dikembangkan di beberapa negara lain. MYOB sudah menyediakan daftar rekening siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan.

MYOB Accounting merupakan salah satu software aplikasi yang digunakan untuk membantu para praktisi akuntansi dalam mengelola pembukuan. Software tersebut memiliki fasilitas yang dapat digunakan dalam berbagai usaha. Kemudahan dalam mengubah kode dan nama rekeningnya memberikan keleluasaan kepada para pengguna untuk mensetting laporan keuangan sesuai dengan jenis usaha dan bentuk laporan yang diinginkan.

                Dalam program MYOB Accounting terdapat menu pada tampilan awal, sebagai berikut:

  1. OPEN your company file, berfungsi untuk membuka file-file MYOB Accounting yang telah dibuat.
  2. CREATE new company file, berfungsi membuat file data perusahaan yang baru.
  3. EXPLORE the sample company, berfungsi untuk membuka contoh file yang disediakan oleh MYOB Accounting.
  4. EXIT MYOB Accounting, berfungsi untuk keluar dari MYOB Accounting.

Langkah-langkah dalam membuat kode dan nama akun yaitu:

  1. Aktifkan Command Centre Accounts
  2. Klik Account List
  3. Klik tombol New sehingga jendela Edit Account ditampilkan
  4. Tekan tipe akun dengan mengklik salah satu tombol opsi Header Account (Non Postable), Detail Account (postable), atau Detail Account Cheque (postable).

Aplikasi MYOB Vs. 18 memiliki kategori akun/ rekening, yaitu:

Akuntansi software MYOB

Program MYOB mempunyai kelemahan antara lain :

  1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
  2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
  3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
  4. Untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.
  5. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
  6. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

Untuk lebih jelas tentang program Aplikasi MYOB untuk acounting perusahaan anda , Anda bisa mengunjungi situs web terkait di : MYOB.com.au

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !