Alasan Kenapa Seorang Ibu Wajib untuk Menyusui Anaknya

Alasan Kenapa Seorang Ibu Wajib untuk Menyusui Anaknya – Kebagiaan tertinggi bagi seorang perempuan yang sudah menikah adalah bisa mempunyai keturunan, namun sayangnya di dunia modern seperti sekarang, seorang ibu banyak yang malas untuk menyesui buah hatinya.

Dengan berbagai alasan, mulai dari tidak banyak waktu untuk menyusui. Karena perempuan modern banyak yang menjadi perempuan karir. Namun seharusnya sebagai seorang ibu tidak boleh seenaknya sendiri dengan alasan klasik (sibuk).

Jangan hilangkan kewajiban menjadi seorang ibu yang wajib mau menyusui dan merawat anak agar tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan mempunyai kepribadian yang baik.

Alasan Kenapa Seorang Ibu Wajib untuk Menyusui Anaknya

Ilustrasi ibu menyusui

Kecuali memang dianjurkan oleh dokter karena alasan tertentu, alasan kesehatan misalnya, yang tidak memungkinkan seorang ibu dapat memberikan ASI kepada buah hatinya. Maka demi kesehatan ibu dan bayi alasan ini baru bisa diterima.

Mempunyai seorang anak adalah impian bagi semua perempuan yang sudah menikah, seharusnya bagi seorang ibu yang baru melahirkan mereka harus mau untuk menyusui anaknya.

Banyak perempuan yang begitu sangat merindukan keberadaan seorang anak di mahligai hidup berumah tangga, bahkan bagi seorang perempuan yang sudah lama menikah namun belum dianugerahi seorang anak, mereka sampai rela mengusahakan agar mempunyai keturunan hingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Alangkah sayangnya bagi seorang perempuan yang sudah dianugerahi seorang anak namun dia tidak mau untuk menyusui buah hatinya sendiri dengan alasan yang beragam.

Selain sebagai bentuk rasa sayang ibu kepada anak, menyusui juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan bayi, sudah banyak penelitian yang mengatakan tentang pentingnya ASI untuk Si bayi dan juga untuk Si ibu sendiri.

ASI sangat bermanfaat bagi bayi diantaranya adalah sebagai kekebalan tubuh dan kecerdasaan anak dikemudian hari. Selain itu ASI eksklusif juga bermanfaat merangsang kedekatan emosional antara ibu dan anaknya.

Selain itu manfaat ASi bagi bayi adalah dapat membantu mencegah konstipasi, karena ASI sangat mudah dicerna oleh bayi  dan membantu mencegah pup yang keras akibat kekurangan cairan pada tubuh bayi.

Pemberian ASI secara teratur juga bisa membantu mencegah SIDS(sudden infant death syndrome) atau kematian mendadak seorang bayi. Bayi yang berusia sekitar 1 tahun rentan terkena penyakit ini.

Tidak hanya untuk Si bayi ternyata manfaat ibu yang mau menyusui juga bermanfaat baik untuk seorang ibu yang baru melahirkan. Secara alamiah seorang ibu yang baru menghasilkan akan menghasilkan ASI yang banyak.

Bila ASI tidak dikeluarkan maka akan menggangu kesehatan Ibu, manfaat lain adalah seorang ibu yang menyusui anaknya adalah mengembalikan ukuran rahim ke ukuran normal.

Secara alami pemberian ASI membantu mengembalikan kondisi hormon ibu ke kondisi awal, sehingga mempercepat rahim ke ukuran normal setelah melahirkan. Bila rahim kembali ke ukuran normal maka perut ibu yang baru melahirkan tidak akan nampak buncit dan kembali kesedia kala.

Selain itu juga menghindari dari penyakit kangker payudara dan kangker rahim, seorang ibu yang tidak mau menyusui akan sangat rentan terkena penyakit ini dikemudian hari.

Dari segi ekonomi seorang ibu yang mau menyusui anaknya juga bisa berhemat karena tidak perlu membeli susu formula yang harganya tidak bisa dikatakan murah. Apalagi bagi pasangan yang baru berumah tangga, dimana keadaan taraf ekonominya belum mapan.

Sudah menjadi kodrat yang tak bisa ditolak ketika perempuan yang melahirkan harus mau menyusui anaknya, sebagai bentuk kasih sayang dan tanggung jawab sebagai seorang ibu.

Demikian artikel singkat mengenai “Alasan Kenapa Seorang Ibu Wajib Untuk Menyusui Anaknya”. Semoga bermanfaat.

Salam.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !