Artikel, Berita

Anak Muda Indonesia, Masihkah Mementingkan Tampilan?

Anak Muda Indonesia, Masihkah Mementingkan Tampilan? – Obrolanku dengan teman masa kecilku yang sudah lama tak bertemu mengerucut pada kesimpulan bahwa “Kemampuan kita sudah sedemikian tertinggal dari negara-negara maju disana yang kita tiru habis-habisan.”

Baju yang harus bagus dan sesuai trend, hafal berbagai macam lagu barat tanpa mengetahui arti dan maksudnya, dan lain sebagainya yang itu hanya sebatas pada tataran tampilan!

Tapi, ternyata!

Ada yang lebih penting dari itu semua guys! Apa itu? Itu adalah otak-otak yang harus kalian isi, isi dengan pengetahuan dan visi misi hidup kalian kedepan. Lalu perilaku yang lebih produktif dan berguna bagi kehidupan kalian nanti.

Janganlah sok-soka meniru budaya barat tanpa disertai kemampuan otak dan perilaku mereka. Kalian mempunyai adat dan budaya sendiri yang lebih bermartabat,yang lebih mengutamakan sopan santun, respek sosial yang lebih kental, kegotongroyongan yang sudah kakek buyut kita terapkan, itu yang harusnya kita lakukan!

Penampilan global tapi berwawasan lokal bahkan primitif bukanlah sesuatu yang keren! Penampilan global dan wawasan internasional juga bukan jatidiri kita sebagai manusia Nusantara. Perperilaku dan beradab-lah sesuai dengan nilai-nilai lokal yang begitu luhur namun juga berwawasanlah global dan internasional.

Baca Juga Artikel Terkait : Memaknai Hidup Dari Sepak Bola

Anak Muda Indonesia, Masihkah Mementingkan Tampilan?
anak muda

Bagi kamu anak muda Jawa, jangan pernah hilang Jawa-mu. Melayu janagn pudar melayumu. Ambon jangan luntur watak ambonmu. Sunda, Papua, Bugis, Batak dan sebagainya! Jangan pernah hilangkan identitas asli kita! Karena itu adalah hal yang tak ada dalam diri orang-orang Amerika, Inggris, Jerman, dan bangsa-bangsa lain yang selama ini kalian coba fotocopy !

Apa tidak malu?

  1. Ketika kalian berpacaran, dengan bangganya kalian membayari pacar kalian nonton film, makan, jalan-jalan, membelikannya hadiah dan lain-lain tapi itu dengan uang orang tua kalian? Yang mencarinya dengan cara kerja keras lalu dengan mudahnya kalian minta? Apa kalian tidak malu? 
  2. Kalian hafal lagu-lagu barat beserta nama penciptanya. Tapi apakah kalian hafal lagu misalnya Dhandanggula (Bagi orang Jawa)? Keroncong Kemayoran (Bagi orang Betawi)? Sinanggar Tulo (Batak)? Dan sebagainya? Atau yang lebih mudah lagi, apakah kalian tahu pencipta lagu Bagimu Negeri? Silahkan kalian jawab sendiri
  3. Kalian memakai baju keren dan gaya, lalu memakai motor terbaru. Apakah itu hasil dari usaha kalian? Atau hasil dari mengemis orang tua kalian yang bekerja keras? Sementara kalian hanya menonton tv, smsan, pacaran, dan sebagainya?

Masih ada banyak pertanyaan lagi yang membuat kalian, kita semua anak muda akan malu jika menjawabnya. Memang budaya luar bertubi-tubi masuk kedalam setiap sendi kehidupan kita, tidak bisa kita elakan hal itu. Lalu pengaruh-pengaruh eksternal dan sifat kita yang latah memang membuat kita anak muda sekarang menjadi sedemikian adanya.

Baca Juga : Tujuh Kekuatan Untuk Meraih Impian

Lalu apa yang bisa dilakukan?

Jawabannya sangat sederhana, yaitu melaksanakan kewajiban!
Banyak kewajiban yang harus kita lakukan sesuai dengan posisi kita. Kewajiban kita terhadap Tuhan, sesama manusia, alam, bangsa dan negara, orang tua, kewajiban sebagai pelajar, sebagai teman, kewajiban sebagai makhluk sosial dan kewajiban terhadap hal-hal yang lebih terperinci lagi.

Kewajiban kita terhadap Tuhan adalah melaksanakan kewajiban dan menjauhi larangannya. Itu saja! Kepada sesama manusia, tentunya harus menghormati dan memberikan bantuan adalah hal yang berdosa apabila kita mengabaikannya. Kepada bangsa dan negara adalah kita harus menerapkan nilai-nilai luhur dan kembali menghidupkan karakter dan kepribadian bangsa yang sudah mulai luntur. Serta kewajiban-kewajiban lain yang tentunya sudah kita semua pahami.

Tampilan? Itu bisa jadi penting, tapi tak lebih penting dari isi dan kempuan dari dalam diri kita. Membagus-baguskan tampilan tanpa disertai isi adalah suatu kebohongan kepada orang lain. Juga suatu kebohongan besar dan bodoh kepada diri sendiri. Seharusnya adalah bukan tampilan! Tapi isi!

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !