Artikel

Bagaimana Caranya Agar Bangun Pagi?

Bagaimana Caranya Agar Bangun Pagi? – Bangun padi menurut sebagian orang adalah hal yang sangat suli dilakukan, apalagi bagi mereka yang sedari kecil sampai dewasa tidak melakukan kebiasaan ini. Ditambah lagi badan capek karena melakukan berbagai aktifitas ataupun kerja.

Bagaimana Caranya Agar Bangun Pagi?
tidur

Rasanya sulit sekali untuk bangun lebih awal antara jam 4 samapai jam 5 (waktu sholat subuh), ketika bangun sebentarpun(sadar) tubuh terasa berat sekali untuk beranjak, mata masih ngantuk, dan tentunya dilanjutkan tidur lagi sampai jam setengah ataupun jam 7 (baru kaget dan sadar telah telat bangun, dan akan terlambat sekolah ataupun kerja, wkwkwk…)

Sebenarnya kebiasaan bangun pagi adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan, bangun pagi akan bermanfaat bagi semua aspek kehidupan, dari aspek religi sampai ekonomi.

Ketika kita bisa bangun pagi, tentu kita bisa melaksanakan kewajiban melaksanakan sholat subuh (bagi muslim), ini adalah manfaat sisi religius.

Dari segi kesehatan, dengan bangun pagi kita akan bisa menyempatkan untuk sarapan pagi yang akan berdampak besar bagi kesehatan kita.

Secara psikologi, bangun pagi memberikan rentang aktu yang luas bagi kita dipagi hari untuk mempersiapkan berbagai keperluan yang akan kita gunakan ketika kerja ataupun melakukan aktifitas lain, membuat kita tidar akan terburu-buru dan marah-marah karena semuanya berantakan.

Secara ekonomi, pernah kan mendengar ungkapan “jangan sampai rezekimu dipatok ayam”?, orang yang bangun kesiangan mengindikasikan bahwa orang tersebut malas, dan orang yang malas adalah orang yang tidak akan pernah sukses secara ekonomi.

Untuk memulai kebiasaan bangun pagi tentu perlu diusahakan dan dilakukan cara-cara sebagai berikut:

Niat

Ini mungkin menjadi 50% faktor yang menentukan keberhasilan (jiah keberhasilan..) kamu untuk bangun pagi. Sesungguhnya oleh Tuhan, manusia diberi intuisi untuk berkehendak dan secara alami pasti diberi jalan untuk mewujudkannya.

Bagaimana Caranya Agar Bangun Pagi?
niat

Sebelum tidur, ucapkan dan tekadkan dalam diri dengan tulus “okeh aku akan tidur, pasti aku bangun jam 4”, dan benar saja kamu akan bangun pada pukul 4. Aku sering melakukan hal ini. Pastinya jangan lupa berdoa sebelum tidur.

Ingat kegiatan besok

Ingat jadwal yang harus kamu kerjakan keesokan harinya. Tentu jika kegiatan itu berjalan maksimal maka diperlukan persiapan. Nah kamu tidak akan bisa melakukan persiapan jika kamu bangun siang. Jadi ingat kegiatan besok ya!

Ukur waktu tidur

Ini sebenarnya cara yang simple. Jika kamu bangun terlalu siang maka ketika kamu mau bangun pagi, kamu harus tidur lebih awal. Misalnya jika kamu biasanya tidur jam 10 dan bangun pukul 6, maka untuk bangun jam 5 kamu harus tidur jam 9 .

Siapkan tidur yang nyenyak

Sulitnya bangun di pagi hari dikarenakan kondisi tubuh yang tidak enak, masih terasa lelah dan capek. Kondisi badan yang demikian kemungkinan besar dikarenakan tidur yang tidak nyenyak. Makannya kamu juga harus melakukan persiapan sebelum tidur, antara lain makan dan minum secukupnya, cuci muka dan gosok gigi, serta bantal dan selimut yang bersih.

Jangan bawa masalah ketika tidur

Ini nih yang menjadi kebiasaan buruk setiap orang. Sebelum tidur mereka akan memikirkan masalah dan beban yang mereka miliki. Memikirkan masalah ketika akan tidur member efek buruk bagi psikologimu. Jadi sadarilah bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang mempunyai masalah, semua orang mempunyai masalah, bahkan putrid raja sekalipun

Pasang alarm

Ini adalah cara yang paling lumrah dan umum. Namun kadangkala bagi orang yang susah bangun pagi, alarm yang berbunyi dipagi hari akan mereka matikan lalu tidur lagi.

Bagaimana Caranya Agar Bangun Pagi?
alarm

So jika kamu memasang alarm, pasang di jam yang pas, jangan terlalu pagi ataupun terlalu siang. Terus yang paling penting adalah konsistensi dan disiplin, jika kamu memasang alarm pada jam 5, kamu harus bangun pada jam 5.

Segeralah bangun

Nantilah 5 menit lagi.. Nantilah 10 menit lagi.. itulah pemikiran orang yang malas ketika sudah terbangun di pagi hari. Dan akhirnya bukannya 5 menit atau 10 menit malah keterusan sampai berjam-jam. Segeralah bangun ketika kamu sudah terbangun, jangan malas-malasan, jangan nanti-nanti, segeralah bangun! Sekarang!

Baca Juga : Tips Tidur Nyenyak Dan Nyaman

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !