Cara Memasak Telur Dadar yang Enak

Pada kenyataanya membuat dadar telur merupakan  memasak makanan yang paling mudah. Karena kemudahan itulah tidak banyak yang memperhatikan dan menghiraukan bagaimana tips memasak telur dadar yang enak. Chyrun blog akan berbagi informasi tentang bagaimana memasak telur dadar yang enak. Artikel ini ditujukan kepada para pembaca yang biasa memasak telur dadar atau pembaca yang ingin membuat telur dadar yang enak versi jawab-tips. Ini bukan resep dari koki terkenal, artikel ini dibuat sesuai dengan pengalaman pribadi, dan beberapa survey yang dilakukan oleh penulis.

  • Alat-alat yang digunakan dalam memasak telur dadar pastinya pembaca sudah tahu, yaitu berupa kompor, wajan, pengocok telur,  dan colek, serta alat-alat yang lain yang sekiranya dibutuhkan.
  • Untuk bahan-bahan yang digunakan adalah telur ayam negeri atau telur bebek, minyak goreng, cincangan daun bawang, bawang merah dan bawang putih (selera masing-masing), garam, sedikit air dan bahan lain yang mendukung seperti penyedap rasa. Atau dapat ditambahkan cabai potong jika menyukai rasa pedas.

Cara memasaknya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, telor yang sudah disediakan dipecah dan isinya ditampung di tempat yang cekung (seperti mangkok), diaduk menggunakan pengocok telor sampai tercampu merata (fungsi pengadukan agar telor pada saat didadar telor mengembang. Sambil  diaduk campurkan garam secukupnya (satu pucuk kecil sendok teh untuk 1 telor), cincangan daun bawang dan bawang di masukan secukupnya, sambil diaduk sampai merata. Tambahkan satu sendok makan air, lalu diaduk kembali. Fungsi air adalah sebagia pengembang telor dan untuk melarutkan garam dan bumbu-bumbu. Tambahkan sedikit penyedap rasa. Jika suka dengan pedas dapat di tambahkan cabai/sambal. Masak di minyak yang tidak terlalu panas, biarkan sampai kuning telur matang sempurnya.  Tanda apakah telur tersebut sudah matang adalah bagian tepi sudah kering dan warna sudah dominan putih. Jangan lupa, dalam memasak telor dadar selalu perhatikan api kompor agar tidak terlalu besar. Balik telor agar setiap bagian matang dengan sempurna. Telor siap di sajikan.
  • Perbedaan memasak telor ayam negeri dan telor bebek
  1. Perbedaan telur ayam dengan telur bebek sudah terlihat jelas dari ukuran, bentuk serta warna, warna cangkang telur bebek berwarna hijau tua, sedangkan telur ayam berwarna coklat muda, kadang ada yang berwarna putih, ukuran relatif lebih besar telur ayam negeri, bentuk telur bebek lebih oval, telur ayam lebih bulat.
  2. Telor bebek mempunyai bau lebih amis daripada telor ayam negeri, namun mempunyai nilai protein yang lebih tinggi, dan kolestrol lebih tinggi dari pada telor ayam. Telor dadar dari bebek memiliki bau khas pada saat digoreng, gurih dan lebih akas, lebih krispi dan tidak mudah lembek setelah digoreng.
  3. Memasak dadar telor bebek  membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan memasak telor ayam. Pada saat dimasak telor bebek tidak mencipratkan minyak, berbeda dengan memasak telur ayam negeri.
  4. Kuning telur bebek lebih besar dari pada telur ayam, sehingga pada saat di masak membutuhkan waktu matang yang lebih lama. Hal ini juga yang menyebabkan telur dadar bebek lebih gurih, karena kandungan lemak yang ada di kuning telur bebek lebih banyak.
  5. Volume kedua telur tersebut pada dasarnya tidak jauh berbeda, cenderung telur ayam negeri lebih banyak, namun setelah digoreng/ didadar volume telur bebek lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam. Ini disebabkan karena telur ayam negeri lebih banyak mengandung air daripada telur bebek.

Baca artikel kami yang berjudul Tips memilih telor  ayam berkualitas

Semoga Artikel ini bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !