Internet Dan Teknologi

Bagaimana menemukan lokasi pengirim Email di Gmail Anda ?

Bagaimana menemukan lokasi pengirim Email di Gmail Anda ? – Ketika Agus mengirim pesan email ke Rian, alamat IP komputer pengirim akan tercatat  sebagai IP pengirim keluar. Sedangkan penerima (Rian) dapat mengetahui dengan  sudah geolokasi alamat IP geografis pengirim pesan.

Yahoo! Mail dan Hotmail memasukan alamat IP di header pesan keluar,  tetapi jika Agus mengirim pesan dari alamat email yang menggunakan Gmail, atau Gmail Google Apps, maka alamat IP-nya tidak akan disertakan dalam pesan.

Alamat IP ini dapat dianggap sebagai informasi sensitif. Dengan demikian, Gmail dapat menyembunyikan informasi alamat IP pengirim dari header email keluar.

Jika alamat IP Agus tidak tersedia, karena ia melakukan pengiriman email menggunakan Gmail, bagaimana bisa Rian menentukan lokasi geografis Agus berada? Ada dua pilihan :

Pilihan A: Gmail mungkin memasukan alamat IP

Bagaimana menemukan lokasi pengirim Email di Gmail Anda ?

Gmail tidak memasukan alamat IP pengirim ketika pengirim menggunakanlayanan Gmail untuk mengirim email. Namun jika ia menggunakan desktop klien (sepertiMicrosoft Outlook) atau perangkat mobile untuk mengirim email, alamat IP bisa juga terdapat dalam pesan keluar.

Buka pesan di Gmail, klik pada More-> Tampilkan asli dan cari baris “diterima: dari”-Dalam baris tersebut mungkin alamat IP pengirim pesan Anda dapat diketahui di mana lokasi fisik dengan bantuan Wolfram Alpha. Silahkan bisa di simak pada gambar di atas.

Pilihan B: Dengan cara melacak zona waktu pengirim

Bagaimana menemukan lokasi pengirim Email di Gmail Anda ?

Ketika alamat IP tidak tersedia, Anda dapat menentukan pengirim dengan memperkirakan lokasi dari zona waktu dari mana komputer berasal. Buka halaman Gmail Labs Anda dan aktifkan fitur “pengirim zona waktu”.

Sekarang buka pesan di Gmail dan klik pada panah bawah yang bertuliskan”Menampilkan rincian”. Pesan akan menampilkan waktu saat pengirim mengirim pesan di zona waktu mereka.

Selanjutnya Anda dapat menggunakan peta zona waktu ini untuk menentukan negara mana waktu saat ini yang sama dengan waktu yang ditampilkan dalam pesan Gmail. Jelas ini bukan metode yang terlalu mudah, misalnya dua negara yang berbeda namun memiliki zona waktu yang berbeda tetapi ketika alamat IP tidak tersedia di Gmail, ini adalah cara yang paling tepat untuk Anda bisa mendapatkan alamat IP.

Kesimpulannya, zona waktu pesan Gmail keluar ditentukan dari zona waktu komputer Anda. Jika Anda ingin pesan Gmail Anda menampilkan zona waktu yang berbeda, cukup rubah zona waktu komputer Anda dalam pengaturan mengubah zona waktu.

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !