Bagaimana Merintis Usaha Sukses ?

Mengapa Indonesia belum menjadi negara maju?

Padahal di tanah khatulistiwa ini mempunyai sumber daya alam yang lebih baik daripada negara-negara maju saat ini. Ibu Pertiwi ini mempunyai daratan yang sangat subur, apapun bisa tumbuh dinegeri ini. Lautannya juga terdapat “harta-harta” yang belum dimanfaatkan maksimalkan. Belum lagi keelokan dan keeksotisan yang harusnya menjadi destinasi wisata nomor satu dunia. Jawabannya adalah pengusaha di Indonesia yang kurang dari 2%. Padahal menurut penelitian, syarat untuk menjadi negara maju harus mempunyai penduduk minimal 2 % yang berwirausaha.

Lihatlah deretan orang-orang terkaya di Indonesia. Pasti mereka adalah seorang pengusaha. Anda juga ingin seperti mereka bukan? uang banyak, mobil bagus, fasilitas kelas atas dll. Maka mulailah berfikir bagaimana menciptakan kerja, bukan mencari kerja.

Nah berikut adalah Tips Cara Memulai Usaha Sukses:

1. Ber-mindset-lah sebagai Pengusaha

Mindset atau cara berfikir adalah modal yang paling mendasar dalam berwirausaha. Dia yang akan menjadi pondasi awal kokoh tidaknya bangunan usaha anda nantinnya. Jika ingin menjadi pengusaha maka bermentalah menjadi pengusaha, bukan mental karyawan(bahasa halus) atau kuli (bahasa kasar).

Mereka yang bermental pengusaha bukan berfikiran mencari gaji, tapi mereka akan berfikiran membangun aset, dimana aset itu yang akan menghasilkan gaji untuk mereka. Setelah menghasilkan pendapatan untuk menginvestasikan untuk aset lagi, lalu menghasilkan lagi, lalu untuk investasi lagi dan seterusnya.

Bagaimana Merintis Usaha Sukses ?

Orang yang bermental pengusaha bukan mencari zona keamanan, tapi kebebasan. Mereka bebas beusaha untuk mendapatkan penghasilan seberapapun yang mereka inginkan.

2. Menentukan bidang Usaha

Pertanian, peternakan, dagang dan masih banyak lagi bidang usaha beserta masing-masing variabelnya. Pilihlah bidang tersebut yang sesuai dengan passion anda. Pilih yang sesuai dengan minat anda, kesukaan. Sehingga nantinya dalam menjalankan usaha tersebut anda serasa sedang melakukan hobby. Oleh karena itu anda akan bekerja dengan pikiran yang bebas, tanpa tekanan dan tentunya akan mempengaruhi hasil kerja tersebut.

Baca : ‘Bekerja tanpa passion, tersiksanya !”

Kebanyakan orang (yang sudah dewasapun) kadangkala masih bingung apa yang menjadi bakat dirinya. Mungkin ini terjadi akibat sistem pendidikan Indonesia, dimana bakat dan minat kita tidak diarahkan sejak kecil. Untuk mengetahui bakat dan minat anda, lakukanlah pemetaan terhadapnya atau berkonsultasikanlah kepada orang yang berkompeten.

3. Carilah Referensi

Sebelum anda menjalankan usaha, anda harus mempelajari segala hal yang berhubungan dengannya. Baik itu menyangkut modal, lokasi, cara dan target pemasaran, teknik, kelemahan dan kelebihan usaha tersebut. Belilah atau pinjam buku-buku panduan tentang bisnis anda, pelajari dan cermatilah betul-betul. Atau jika ingin meminimalisir modal bisa juga anda browsing diinternet dan mendownload ebook-ebook yang banyak disediakan secara gratis.

Bagaimana Merintis Usaha Sukses ?

Belum cukup hanya buku, anda juga harus mencari orang yang sudah berpengalaman dalam bidang bisnis anda. Mintalah mereka untuk mengajarimu dan meceritakan pengalaman yang sudah dialami. Segala sesuatu jika ada gurunya pasti akan cepat memahami.

4. Action!!

Teori sebanyak apapun dan sebagus apapun akan menjadi omong kosong jika tidak dipraktekan. Konsep sesempurna apapun tetaplah tidak akan lengkap tanpa diikuti action. Kata orang, lebih baik 1 % melakukan daripada 1000% yang hanya omongan. Bersegeralah melakukan apa yang sudah dirumuskan. Mengenai apa hasilnya nanti itu tidaklah terlalu penting, yang terpenting adalah usahanya. Lakukanlah yang terbaik, lakukanlah secara cepat, cermat dan teliti.

5. Gunakanlah power of survival

Kegagalan dalam berusaha pasti ada, tapi “bangkit dari itu” adalah jalan terbaik untuk dijalani. Jika kamu sudah mempunyai tekad yang kuat, seribu kali kegagalan bukanlah alasan untuk menyerah. Dalam diri setiap orang pasti ada Power Of Survival, pergunakanlah kekuatan itu. Tuhan maha mengetahui dan melihat kegigihanmu, suatu saat Dia pasti menghendaki kehendakmu untuk suskes.

-RianNova-