Bagian dan Tipe Kaki pada Serangga

Bagian dan Tipe Kaki pada Serangga – Serangga merupakan kelompok hewan dominan di muka bumi dengan jumlah spesies hampir 80% dari jumlah total hewan di bumi. Habitatnya di darat, air tawar, tanah atau lumpur dan di dalam tumbuh – tumbuhan. Serangga mampu bertahan dari seleksi alam karena memiliki beberapa keunggulan sepert tingkat reproduksi yang tinggi, kemampuan memakan jenis makanan yang berbeda, dan kemampuan menyelamatkan diri dari musuhnya.

Bagian tubuh serangga terbagi atas kaput, toraks, dan abdomen. setiap bagian tersebut terdapat alat-alat fungsional. Contohnya, mata faset yang berfungsi untuk melihat lingkungan sekitar dan sayap untuk terbang. Contoh lainnya adalah terdapat perbedaan struktur pada segmen terakhir dari abdomen sebagai petunjuk serangga betina atau serangga jantan.

Bagian dan Tipe Kaki pada Serangga

Serangga memiliki berbagai peran dalam kehidupan manusia, diantaranya sebagai organisme pembusuk dan pengurai termasuk pengurai limbah, sebagai objek estetika, bermanfaat dalam proses penyerbukan, sebagai hama tanaman padi, pakan hewan yang bernilai ekonomi tinggi, penghasil madu sebagai sumber makanan bagi beberapa spesies hewan. Bebarapa daerah menjadikan beberapa jenis belalang sebagai bahan makanan, seperti belalang kayu, larva beberapa jenis kumbang juga dikonsumsi sebagai makanan yang lezat.

Bentuk kaki serangga akibat Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sehingga mampu untuk bertahan hidup. Adaptasi merupakan bagian dari proses seleksi alam sehingga akan menghasilkan makhluk hidup yang mampu untuk survive. Salah satu dari mekanisme adaptasi adalah adaltasi morfologi. Adaptasi morfologi mudah untuk dikenali karena umumnya melibatkan bagian-bagian yang mudah untuk diamati.

Serangga merupakan salah satu makhluk hidup yang mengalami adaptasi morfologi. Bagian serangga yang paling mudah untuk diamati adalah bagian kaki. Pada dasarnya, kaki serangga terdiri atas beberapa bagian yang saling bekerjasama satu sama lain. Namun, beberapa jenis serangga memiliki bagian kaki mengalami modifikasi sesuai dengan habitat dan perilaku yang dimiliki oleh serangga.

Modifikasi kaki serangga terdapat pada belalang. Kaki belalang memiliki bagian kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depan. Kaki yang panjang ini memiliki fungsi khusus seperti melompat.

Kaki serangga terletak pada bagian torak dan setiap segmen toraks terdapat satu pasang kaki. Kaki serangga terlindungi oleh eksoskeleton. Dibawah eksoskeleton terdapat otot-ototmyang mengerakkan kaki serangga.

Bagian permukaan telapak kaki serangga memiliki gaya adesif yang memungkinkan serangga untuk menempel pada subtrat. Struktur yang mengakibatkan gaya adesif ini ditemukan pada Blattodea, Orthoptera, dan Coleoptera. Umumnya, kaki serangga terdiri atas koksa (ruas pangkal), tronchanter, femur, tibia, tarsus, dan pretarsus.

Bagian tersebut mengalami modifikasi sesuai dengan bentuk adaptasi yang dimiliki oleh serangga tersebut.

Akibat dari modifikasi tersebut, terdapat beberapa jenis kaki serangga, diantaranya :

Tipe natatorial

Kaki ini dimiliki oleh serangga perenang, bentunya pipih dan pada bagian tepinya terdapat rambut-rambut kasar. Contohnya, Hydrophilus triangularis.

Kumbang tanduk (Xylotrupes gideon)

Kingdom  : Animalia

Filum : Arthropoda

Kelas  : Insekta

Ordo : Coleoptera

Family : Scarabaeidae

Genus : Xylotrupes

Spesies : Xylotrupes gideon

Tipe raptorial

Kaki ini khas pada spesies Mantis religiosa, sepasang kaki depan yang mengalami modifikasi seperti lengan untuk memegang mangsa.

Belalang sembah (Mantis religiosa)

Kingdom : Animalia

Filum : Arthropoda

Kelas : Insekta

Ordo  : Orthoptera

Famili : Mantisadeae

Genus : Mantis

Spesies : Mantis religiosa

Tipe saltatorial

Kaki ini dimiliki serangga peloncat. Contohnya Valanga nigricornis. Kaki ini memiliki femur yang panjang dan besar.

Belalang kayu (Valanga nigricornis)

Kingdom : Animalia

Filum : Arthropoda

Kelas : Insekta

Ordo : Orthoptera

Famili : Acrididae

Genus : Valanga

Spesies : Valanga nigricornis

Tipe fossarial

Kaki ini berfungsi untuk menggali. Bentuk tibia kaki depan lebih besar dari kaki belakang. Contohnya, Gryllotalpa sp

Tipe klasping

kaki ini terdapat pada kumbang air. Kaki ini terdiri atas tarsomer yang memiliki alat penghisap dan cakar yang besar. Contohnya Dysticus sp.

Tipe ambulatorial

Kaki ini berfungsi untuk berjalan atau berlari. bentuk kaki ini sederhana, tibia dan femur panjang. Tipe kaki ini terdapat pada Periplaneta americana.

Tipe korbikulum

Tipe kaki ini mengalami modifikasi pada bagian tungkainya dan berfungsi membawa tepung sari. Contohnya, Apis cerana.

Contoh serangga dengan jenis kaki yang berbeda

Lalat rumah (Musca domestica) dan lalat buah

Kingdom  : Animalia

Filum : Arthropoda

Kelas : Insekta

Ordo  : Diptera

Famili : Muscidae

Genus : Musca

Spesies : Musca domestica

Lebah madu (Apis mellifera)

Kingdom : Animalia

Filum : Arthropoda

Kelas  : Insekta

Ordo : Hymnoptera

Famili : Apidae

Genus  : Apis

Spesies : Apis mellifera

Rangkuman ;

Bagian-bagian kaki serangga adalah koksa, tronchanter, tibia,femur, tarsus, dan pretarsus.

Tipe-tipe kaki serangga yaitu diantaranya tipe natatorial (Hydrophilus triangularis), tipe ambulatorial (Periplaneta americana),  tipe klasping (Dysticus sp.) tipe saltatorial (Valanga nigricornis) tipe fossarial (Gryllotalpa sp), tipe raptorial (Mantis religiosa), dan tipe korbikulum (Apis cerana).

Demikian artikel Bagian dan Tipe Kaki pada Serangga,

Salam

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !