Otomotif

Bagian-Bagian Karburator dan Cara Membersihkanya

Bagian-Bagian Karburator dan Cara Membersihkanya – Karburator terdiri atas bagian – bagian yang masing – masing mempunyai tugas tertentu dalam rangkamemenuhi fungsi yang dibebankan pada karburator. Berikut ini akan kita bicarakan satu persatu bagian tersebut beserta fungsinya, yaitu :

Bagian Karburator dan Cara Membersihkanya

  1. Mangkok karburator (float chamber) Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar pada waktu belum digunakan.
  2. Klep / jarum pelampung (floater valve). Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkok karburator.
  3. Pelampung (floater). Berfungsi mengatur agar tetap posisi bahan bakar di dalam mangkok karburator.
  4. Skep / katup gas Berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
  5. Pemancar jarum (main nozzle / needle jet ). Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor digas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
  6. Jarum skep / jarum gas ( Needle Jet). Berfungsi mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor digas.
  7. Pemancar besar (main jet). Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor digas penuh (tinggi).
  8. Pemancar kecil / stationer (slow jet). Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor langsam / stationer.
  9. Sekrup gas / baut gas (throttle screw). Berfungsi untuk menyetel posisi skep sebelum digas.
  10. Sekrup udara / baut udara ( air screw). Berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
  11. Katup cuk (choke valve) Berfungsi menutup udara luar yang masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.

Cara membersihkan karburator

  1. Sediakan alat-alat yang diperlukan seperti obeng, tang, kunci pas, kunci ring, kuas 1 inci, kain lap, dan sabagainya. Sediakan pula tempat yang cukup untuk menampung komponen-komponen karburator itu agar tidak kotor dan tercecer. Jangan lupa bensin secukupnya untuk membersihkan kompenen tersebut
  2. Tutup kran bensin dari tangki, kemudian lepaskan semua selang dari karburator
  3. Lepaskan karburator dari dudukannya, simpanlah mur dan ring pada tempat yang telah disediakan
  4. Buka saluran pembuangan bensin pada karburator dan keluarkan bensin dari ruang pelampung. Tampunglah bensin tersebut pada tempat yang tersedia. Hindari api terbuka.
  5. Buka penampung bensin dengan posisi karburator terbalik
  6. Ambil jarum pelampung dengan hati-hati kemudian periksa apakan aus atau tidak. Bila haus atau tergores sebaiknya diganti
  7. Lepaskan main jet, air screw, dan yang lainnya dengan hati-hati. Bersihkan dengan udara bertekanan atau tiup kuat-kuat. Simpan pada tempat yang tersedia
  8. Cucilah komponen-komponen karburator dengan bensin yang bersih. Semprotkan setiap saluran dengan udara bertekanan atau tiup kuat-kuat
  9. Bila semua komponen sudah dibersihkan dan diperiksa maka semua komponen tersebut siap dipasang kembali dengan urutan langkah kebalikannya dari pembokaran

Perbedaan utama antara karburator dan injeksi adalah, pada karburator bensin masuk kedalam mesin karena dihisap oleh mesin, sedangkan injeksi sesuai namanya bensin diberi tekanan terlebih dahulu oleh pompa bensin, kemudian diinjeksi kedalam saluran masuk mesin melalui komponen yang bernama injector.

Aliran Bahan Bakar Motor karburator

Bagian Karburator dan Cara Membersihkanya

Secara umum, karburator yang baik setidaknya memiliki tiga penakar bensin yang disebut jet, jet sendiri memiliki ukuran lubang tempat bensin akan mengalir yang berbeda-beda, semakin besar lubangnya, semakin banyak bensin yang dapat lewat. Penakar bensin yang disebut jet ini masing-masing akan bekerja sesuai posisi bukaan gas.

Nah, komponen pelengkap yang bernama Pilot Jet adalah penakar bensin yang paling kecil ukuran lubangnya, menakar bensin untuk kebutuhan putaran mesin rendah, bukaan gas 0 – 1/4.

Ada juga komponen yang bernama Needle Jet, nah Jet Needle ini bekerja bersama membentuk celah lubang untuk dilewati oleh bensin, dan berfungsi menakar bensin untuk putaran mesin menengah, bukaan gas 1/4 – 3/4.

Dan yang terakhir adalah Main Jet, yang berguna untuk menakar bensin pada putaran mesin tinggi dengan bukaan gas penuh 3/4 – 1.

Jet-jet ini selalu terbuka dan mengalirkan bensin saat mesin hidup.

Aliran Bahan Bakar Motor Injeksi

Bagian Karburator dan Cara Membersihkanya

Sedangkan motor injeksi memiliki komponen yang bernama injektor untuk mengatur semua aliran bahan bakar. Injector ditempatkan pada saluran masuk mesin sebelum katup masuk (intake valve). Injektor juga berfungsi seperti keran bensin yang membuka dan menutup aliran bensin yang sudah bertekanan sesuai sensor yang terhubung pada ECU (Engine Control Unit)

Cara kerja Injector mirip seperti busi yaitu juga mempunyai timing kapan dan berapa lama harus menyemprotkan bensin , jika busi memerlukan masukan dari sensor posisi crankshaft untuk menentukan saat pengapian maksimal.

Timing untuk injektor lebih rumit karena yang diukur sebagai penentu berapa lama injektor membuka untuk menyemprotkan bensin adalah berapa banyak udara yang masuk kedalam mesin, injektor harus memberikan jumlah bensin yang tepat agar dapat terbakar habis dengan jumlah udara yang ada.

Sedangkan jumlah udara O2 yang masuk kedalam mesin tidak selalu tetap berdasarkan kapasitas mesin saja, misal mesin 100cc = jumlah udara yang dihisap masuk 100cc, tetapi volume dan kandungan O2 berbeda-beda berdasarkan bukaan gas, putaran mesin, suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, jadi banyak sensor yang dipakai untuk menghitungnya, bahkan setelah pembakaran pun masih ada O2 sensor yang dipasang pada saluran buang untuk mengabarkan kepada ECU apakah hasil kalkulasi timing injektor sudah pas atau belum, perlu ditambah atau dikurangi.

Kendala-kendala yang terjadi pada saat praktikum adalah faktor cuaca yang tidak menentu. Jika turun hujan menyebabkan praktikum tidak berjalan sempurna karena praktikum dilaksanakan diluar lab. Lebih baik didalam ruangan saja agar aman dan juga bebas dari cuaca yang tidak mendukung seperti hujan. Lebih baik dalam pelaksanaan praktikum mobak dijadikan satu shift saja agar lebih mengefisienkan waktu yang ada.

Baca juga : Jenis, fungsi dan prinsip kerja karburator

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !