Artikel

Bahan dan Cara Pembuatan Pie Pisang Ambon Sebagai Cemilan Manis

Bahan dan Cara Pembuatan Pie Pisang Ambon Sebagai Cemilan Manis – Suatu inovasi baru bahan-bahan dasar pie tersebut dengan  keju, sweet corn, kelapa muda, kurma sebagai bahan pokok untuk isi pie dan campuran pisang ambon sebagai bahan tambahan kulit pie.

Hal ini didukung karena pisang ambon merupakan salah satu jenis komoditi hortikultura dalam kelompok buah-buahan yang memiliki nilai sosial dan ekonomi cukup tinggi bagi masyarakat Indonesia karena antara lain pisang ambon mengandung sumber pro vitamin A yang baik, mineral dan karbohidrat, memiliki rasa manis dan aroma harum, budidaya pisang ambon dapat dilakukan dimana saja dan cepat tumbuhnya dan pisang ambon cukup dikenal oleh masyarakat luas.

Pie pisang Ambon mempunyai keunggulan dalam segi rasa yang berbeda dengan yang lain karena dalam kulit pie memakai bahan pisang ambon yang baik dikonsumsi oleh masyarakat dan bahan pokok untuk isi pie adalah keju, sweet corn, kelapa muda, kurma yang mudah diperoleh dan proses produksi yang relatif mudah.

Adanya kegemaran masyarakat Indonesia pada camilan terutama kue pie dengan cita rasa pie yang bervariasi membuat mayoritas orang tidak begitu tertarik untuk mengkonsumsi pie.

Lalu bagaimana sih cara pembuatan kue Pie, pada artikel ini akan di ulas cara pembuatan Pie pisang Ambon.

Tahap Persiapan

 

Alat

Kompor gas

Oven

Blender

Hand mixer

Cetakan pie

Wadah

Loyang

Bahan

Tepung terigu 50 kg

Margarin 15 kg

Telur 15 kg

Susu Bubuk 15 bungkus

Pisang 15 sisir

Garam 2 bungkus

Susu cair 15 liter

Gula pasir 5kg

Maizena 3kg

Kelapa muda 15 buah

Jagung 7,5kg

Keju 1kg

Kurma 1kg

Mika plastic 3000 buah

Gula halus 3kg

Cara Pembuatan Pie Pisang Ambon

Kulit Pie

  1. Mentega dipanaskan kemudian dikocok hingga lembut
  2. Pisang dipersiapkan dan dihaluskan
  3. Telur dimasukkan satu per satu, dikocok hingga merata
  4. Tepung dan susu bubuk dimasukkan, diaduk atau diuleni
  5. Adonan kulit dibentuk dalam loyang
  6. Adonan kulit pie dioven hingga setengah matang

Isi

  1. Susu kental manis, gula pasir, dan maizena dimasukkan, dimasak dan diaduk hingga kental
  2. Saat masih panas, bahan-bahan dimasukkan ke dalam loyang yang berisi kulit pie
  3. Topping (keju, sweet corn, kelapa muda, kurma) diletakkan di kulit pie setengah matang yang telah disiapkan.

Daya Tahan Cemilan Manis Pie Ambon

Daya tahan produk pie pisang Ambon sekitar 2 hari karena produk olahan berbahan pisang untuk kulit pie dan keju, sweet corn, kelapa muda, kurma sebagai isi. Jadi produk akan bertahan dari basi maksimal 2 hari.

Pie Pisang

Peluang Bisnis Kue Pie

Adanya kegemaran masyarakat Indonesia pada camilan terutama kue pie dengan cita rasa pie yang bervariasi membuat mayoritas orang tidak begitu tertarik untuk mengkonsumsi pie. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pelaksanaan program ini untuk dikembangkan kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama bagi kalangan anak-anak hingga dewasa karena keunggulan program ini berbahan baku dari buah-buahan dari hasil budidaya pertanian sehingga pada program ini memiliki tujuan yang sangat penting bagi masyarakat penggemar kue pie yaitu lebih mengenalkan dan memberikan suatu khas cita rasa yang unik pada masyarakat bahwasanya kue pie dengan bahan baku pisang ambon dan isi keju, sweet corn, kelapa muda, kurma tidak kalah enaknya dengan kue pie yang sering mereka makan.

Baca juga :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !