Artikel

Beda Batu Akik, Giok Dan Batu Intan/Berlian

Beda Batu Akik, Giok Dan Batu Intan/Berlian – Tertarik juga dengan tren batu akik yang akhir-akhir ini buming. Karena rasa penasaran tersebut, akhirnya saya mencoba mencari referensi tentang batu akik. Selain tertarik dengan warna dan keindahanya, saya tertarik dengan asal usul batu akik itu sendiri, sampai akhirnya saya ubek-ubek dan menemukan jawaban tentang dimana perbedaan antara akik, giok dan batu intan/berlian.

Beda Batu Akik, Giok Dan Batu Intan/Berlian

Seperti khas artikel yang lain, pada artikel ini kami akan membagi pembahasan artikel menjadi beberapa pembahasan. Yang pertama akan membahas apa itu batu mulia, kedua menjelaskan apa itu batu akik batu giok dan batu intan. Kemudian yang ketiga membahas perbedaan yang dasar dari ketiga batu (akik, giok dan intan).

Bagian Pertama ( Apa itu batu mulia? )

Batu mulia adalah jenis batuan mineral atau bahan alam lainya yang ketika diolah dengan berbagai cara menujukan keindahan, ketahanan sehingga dapat dijadikan perhiasan. Banyak sekali jenis batu mulia, pada intinya batu mulia adalah batu yang memiliki keindahan, kekerasan serta ketahanan dan mutu yang berharga.

Penyebutan kata batu mulia merujuk pada fungsi dan kegunaanya sebagai barang berharga. Apa ukuran berharga atau tidaknya sebuah batu mulia ? ada banyak faktor, dari seberapa langka, seberapa keras, seberapa indah. Tentunya nilai penghargaan tersebut didapat dari kriteria yang ditentukan berdasarkan penelitian para ahli.

Secara umum tingkat kekerasan batu mulia akan sebanding dengan kelangkaan batu tersebut di alam. Berbanding lurus juga dengan keindahan dan harga yang melekat pada batu tersebut. Semakin keras batu mulia maka akan semakin langka, semakin indah dan semakin mahal pula.

Maka untuk mengukur kualitas batu mulia dikenal istilah MOHS, kisaran skala 1-10 mohs. Semakin besar skala maka akan semakin keras, semakin langka dan patinya semakin mahal pula. Mohs adalah ukuran untuk menentukan tingkat kekerasan batuan.

Apakah batu akik, batu giok dan batu intan masuk dalam jajaran batu mulia?

Di paragraf sebelumnya menjelaskan kriteria dan pengertian batu mulia. Bahwa batu mulia adalah batuan mineral yang memiliki kekerasan, keindahan dan ketahanan dan dapat di golongkan sebagai batuan berharga. Maka ketiga jenis batuan yang saya maksud baik akik, giok dan intan jika dilihat dari nilainya masuk kedalam kriteria batuan mulia.

Jika ada pendapat yang mengatakan bahwa batu akik bukan batu mulia dan hanya batu alam, maka bisa di katakan benar karena melihat dari tingkat kekerasanya, bukan dari nilai dan arti kata mulia/berharga itu sendiri.

Dari beberapa referensi yang saya baca, batu akik adalah kelas batuan mulia paling rendah dan paling murah jika di bandingkan dengan giok dan berlian.

Lalu apa yang membedakan antara akik, giok dan berlian/intan? Sebelumnya mari kita ulas satu persatu dari ketiga jenis batuan di atas pada bagian kedua artikel ini.

Bagian kedua ( Apa itu batu akik, batu giok dan batu intan? )

Sebelum kita masuk ke penjelasan apa itu batu akik, giok atau intan, baca terlebih dahulu ringkasan kekerasan batu mulia berdasarkan skala mohs. Ini penting, karena tingkat kekerasan adalah inti dari seberapa berharganya sebuah batu mulia. Juga sebagai gambaran dasar apa itu akik, giok dan intan. Berikut ringkasan untuk anda :

Skala 1 Mohs contoh batu Talk, Skala 2 Mohs contoh batu GIPS, Skala 3 Mohs salah satunya batu Kalsit, Skala 4 Mohs contohnya Fluorit, Skala 5 Mohs contohnya Apatit, Skala 6 Mohs seperti batu Ortoklas, Skala 7 Mohs seperti  Kwarsa, Zamrud dan Hematite. Skala 8 Mohs contohTopaz, Skala 9 Mohs contoh batu Ruby, Safir, Korundum, Skala 10 Mohs seperti batu Intan

Nah, data diatas menunjukan tingkat kekerasan batu mulia. Mari kita masuk untuk mendeskripsikan apa itu batu akik, giok dan intan/berlian. Deskripsi ini berdasarkan patokan tingkat kekerasan dari data di atas.

Cek This !

  • Batu Akik

Pada umumnya batu akik yang beredar di masyarakat luas memiliki tingkat kekerasan paling rendah jika dibandingkan dengan batu giok dan batu intan/berlian. Tingkat kekerasan batu akik berbeda di setiap tempat dan jenis, Saya ambil kisaran mohs untuk batu akik secara umum antara 2-4 skala mohs. Kisaran ini berdasarkan rata-rata tingkat kekerasan batu bacan yaitu antara 2-4.

Jika masih bingung, sebagai bahan perbandingan berikut saya sertakan contoh penggambaran kekerasan berdasarkan skala mohs yang bisa anda praktekan untuk mengukur kualitas batu :

Kuku Jari kita memiliki kekerasan 2 Skala Mohs, Uang Logam Tembaga (yang berwarna putih) memiliki kekerasan 3 Skala Mohs, Bilah Pisau dapur memiliki kekerasan 5 Skala Mohs, Kaca memiliki kekerasan 5.5 Skala Mohs, Lempeng Baja memiliki kekerasan 6.5 Skala Mohs.

Dengan kekerasan batu akik dengan kisaran 2-4 skala most, artinya lebih keras dari kuku dan logam serta dapat menggoresnya.

Rata-rata batu akik bersifat kusam dan tidak jernih.  Namun warna, kejernihan dan kekerasan batu akik  tergantung dari proses mineralisasi terbentuknya batuan. Yang setiap tempat berbeda.

  • Batu Giok

Batu giok umumnya memiliki kejernihan dalam tampilan. Jika dibanding batu akik, giok rata-rata memiliki warna yang lebih bersih dan halus. Begitupun dengan tingkat kekerasannya, umumnya batu giok memiliki kekerasan lebih keras dibanding dengan akik. Namun ada beberapa yang sebaliknya.

Giok masuk dalam kelompok batu mulia level pertengahan dan dihargai berdasarkan keindahanya. Biasannya berwarna hijau, semakin jernih warna hijaunya semakin mahal harganya. Tingkat kekerasan berkisar antara 4-7 mohs. Nilai ini di dapat dari giok jenis idograce yang diukur skala kekerasanya.

Contoh batu giok yang berkualitas adalah jenis giok idograce dengan tingkat kekerasan mendekati 7 mohs.

  • Batu Intan/Berlian (permata)

Berlian memiliki skala kekerasan 10 mohs dan merupakan batuan paling keras yang ada di bumi. Terbentuk dari milyaran tahun yang lalu ketika baru terbentuknya permukaan bumi. Batu ini yang sering kita sebut dengan batu berlian.

Secara umum kita menyebutnya dengan batu permata, batu permata termasuk di dalamnya batu intan/berlian, batu ruby dan batu safir, kriteria permata memiliki kisaran kekerasan dalam skala antara 7.5-10 mohs.

Selain diukur dari tingkat kekerasan batu berlian juga dinilai dari keindahan dan kelangkaanya di alam. Sampai saat ini berlian yang paling tinggi kadar karatnya adalah berlian yang di gali dari negara Afrika Selatan.

Jika penilaianya mengedepankan kekerasan batu maka intan/berlian adalah rajanya batu mulia. Begitupun jika penilaianya tentang keindahan, berlian adalah batu permata paling indah jika di banding giok dan akik.

Bagian Ketiga (Perbedaan akik, giok dan intan/Berlian)

Pada bagian ketiga ini akan lebih diperjelas tentang perbedaan akik, giok dan berlian. Perbedaan yang paling mencollok adalah mengenai keindahanya. Dimana berlian menjadi batu paling indah jika di bandinkan dengan giok dan akik.

Jika dilihat dengan kelangkaanya, maka berlian lebih langka dari pada akik dan giok. Sementara untuk jumlah akik dibanding giok masih setara atau seimbang perbandinganya.

Jika dilihat dari proses terbentuknya, maka berlian/intan terbentuk dari milyaran tahun yang lalu. Sementara akik dan giok masih lebih muda, sekitar ribuan sampai jutaan tahun yang lalu.

Demikianlah artikel berjudul Beda Akik, Giok dan Intan/Berlian. Artikel ini diambil dari beberapa sumber penulis rangkum dengan bahasa sendiri agar lebih dipahami pembaca. Semoga dapat bermanfaat.

 

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !