Perbedaan Sederhana Istilah Blog Dan Website, Opini Otodidak

Beda Blog Dan Website Dalam Analisis Opini – Salam berbagi semua, saya juga kurang begitu paham dengan beda blog dan website.. tapi jika di lihat dari sejarah dan susunan katanya, kita bisa memiliki gambaran perbedaan keduanya.

Penting di ketahui bahwa istilah website itu lahir terlebih dahulu dari pada blog..kalau ga percaya, tanya sama bapak ibunya sono !..hehe..pokoknya website lebih tua gitu deh,,

Web dan site, awalnya merupakan sebuah kata terpisah,

sesuai artinya;

web = jaringan,

dan site = situs atau alamat,

….namun kini penulisan dan penyebutanya menjadi satu kata saja tanpa dipisah yaitu website..

Website

..nah usut punya usut nih, kalau kita telaah dalam pemahaman keseluruhan arti makna website, berarti sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet (jaringan/WEB) sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan internet. Berisi informasi berupa teks, gambar, suara, animasi , dan dapat dikunjungi oleh orang lain sebagai sebuah alamat atau SITE.

Blog VS Website

Blog VS Website

Maaf , kalau sedikit bikin bingung…

Nah dari makna itu, bisa kita pahami bahwa definisi website secara sederhana adalah informasi apa saja yang bisa di akses dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

lalu blog itu apa?

Blog

Istilah Blog sendiri muncul setelah istilah website, bagi saya sendiri makna blog memiliki kecenderungan lebih khusus dibandingkan dengan website yang bermakna lebih luas. Blog lebih mewakili kebebasan, sementara website terpaku dengan sebuah aturan dalam mengisi kontennya.

Penyebutan Website Pemerintah, Website Sekolah atau Website institusi formal lain. Dari pemakaian dan fungsi website memiliki kecenderungan keterikatan, formal dan bersifat memfasilitasi, sementara blog lebih kepada kebebasan dalam mengisi konten apa di dalamnya (forum, artikel, vidio dll).

Saya sering menjumpai sebuah website dimana sub didalamnya memuat label blog, misalnya viva.co.id, di dalam situs tersebut disediakan forum blog untuk berbagi informasi.

Beda Blog Dan Website Dalam Analisis Opini

Untuk memudahkan membayangkan saja, Website ibarat sebuah negara, maka blog adalah negara bagian atau provinsi dari keseluruhan jaringan yang terhubung dengan garis patah-patah, seperti kita menggambar struktur organisasi yang dihubungkan dengan garis putus-putus. Artinya memiliki otonomi sendiri dan terpisah secara fungsi dan tujuan.

Secara global,. seluruh blog terhubung oleh jaringan internet yang di sebut dengan Word Wide Web, dimana seluruh website dan blog adalah komponen di dalamnya. Ibarat sebuah jaring laba-laba yang terhubung setiap untai jaringnya. Seperti google yang memiliki banyak sub, lalu apa istilah yang tepat untuk situs google, apakah website atau blog?..jika asumsi saya sendiri, google adalah sebuah website, sementara blogspot, youtube adalah subblognya…hehe

…Just my opinion..

Baca juga artikel terkait blogging;

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !