Perbedaan Gadget Asli, Palsu, Black Market dan Refurbished

Perbedaan Gadget Asli atau  Palsu , Gadget Black Market dan Gadget Refurbished – Dunia gadget memang tidak ada habisnya untuk diulas, produk gadget ada yang resmi ada juga yang illegal.

Ada yang dijual dengan status baru, ada pula berstatus refurbished. Dan yang lebih gila, Gadget tersebut berstatus replika atau tiruan populernya gadget palsu.

Saya pribadi pernah memiliki pengalaman, seorang teman memiliki HP iphone terbaru dengan harga hampir sepertiga harga aslinya, ternyata eh ternyata gadget itu palsu, masa hidup tidak kurang dari 5 bulan, lalu gadget akan mati.

Baik, chyrun.com akan mengulas ketiganya; Beda Gadget Palsu , Gadget Black Market dan Gadget Refurbished, sebelum masuk pada Pebedaan Gadget Asli atau Palsu, mari kita kenal ketiganya terlebih dahulu.

#1. Gadget Replika atau Gadget Palsu

Tidak semua gadget yang dijual di toko elektronik itu asli lho ya, ada juga yang palsu. Jadi kamu harus hati-hati.

Perbedaan gadget asli dan palsu

Nah, produk palsu ternyata juga banyak ditemui di industri gadget, khususnya smartphone. Beberapa merk smartphone yang paling sering dipalsukan adalah merek Apple iPhone dan Samsung. Namun merk lain seperti Xiaomi juga ikut dipalsukan.

Oke,

Yang jelas gadget replika ini palsu !. Bentuknya mirip dan sulit dibedakan. Harga Gadget replika biasanya ditawarkan jauh lebih murah dari harga yang asli. Begitu juga dengan fitur dan performanya, dijamin tidak sebaik gadget aslinya. Kamu bisa mengecek keaslian sebuah HP dengan cara yang cukup mudah.

Baca juga : Kebangkitan Nokia Paska Lepas dari Microsoft

Pebedaan Gadget Asli atau Palsu

1. Harga Smartphone Kamu Beli Sangat Murah, Jauh dari Harga Pasaran

Memang tidak bisa dijadikan patokan, namun ini adalah indikasi awal sebuah smartphone yang akan kamu beli palsu. Oleh karena itu, lebih baik anda mengeluarkan uang lebih tapi jelas mendapatkan produk asli.

2. Jika itu iPkone Bisa Dideteksi oleh iTunes Apakah Smartphone Tersebut Asli atau Tidak

Salah satu ciri pasti  iPhone Asli adalah Support dengan iTunes. Produk KW atau Replika tidak akan bisa terdeteksi jika dihubungkan dengan iTunes milik Apple. Jadi kamu semakin mudah dalam menemukan mana iPhone asli.

3. Material yang Digunakan

Smartphone ori biasanya memiliki body kelas premium, berbalut bahan tertentu seperti aluminium dan stainless steel pada iPhone, sehingga terasa ‘elegan’ ketika di dalam genggam.

Tentu berbeda dengan palsunya, tidak mungkin sang pembuat smartphone asli akan menggunakan bahan-bahan premium dalam pembuatanya. Tapi, tetap harus berhati-hati. Karena jika kasusnya jika sang plagiat berani modal untuk material bahan pembuatanya, maka poin ketiga ini tidak berlaku.

4. Terdapat App Store, dan BUKAN Google Play Store khusuna Pengguna iPhone

Salah satu kesalahan besar yang sering ditemui oleh para korban pembeli iPhone palsu adalah mereka tidak sadar bahwa ternyata Toko Aplikasi apa yang ada di dalamnya Goole Play Store, bukan App Store.

Penting dan INGAT !

iPhone asli menggunakan toko aplikasi  App Store. Dan jika kamu memang menemukannya

5. Gadget Asli Bisa Melakukan Screenshot dengan tombol “Power + Home Button”

Coba uji Screenshot smartphone anda yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol “Home + Power”.

Apabila sebuah smartphone tiidak dapat melakukan hal tersebut, bisa dipastikan jika perangkat tersebut palsu. Belum banyak yang tahu jika hal sesederhana ini bisa digunakan untuk membedakan Smartphone asli atau palsu.

#2. Gadget Black Market (BM)

Selain gadget replika, ada pula istilah gadget BM atau Black Market.

Pada dasarnya HP Black Market (BM) adalah HP asli namun dipasarkan dengan harga lebih murah dari yang seharusnya.

Kenapa bisa lebih murah ya?

Ya pastinya karena jalur pendistribusian dan pengirimannya dilakukan dengan tidak resmi. Gadget Black Market pasti masuk dengan cara ilegal dan tidak dikenai pajak. Inilah kenapa harganya jauh lebih murah dari gadget yang asli.

Tapi perlu diperhatikan, meskipun sama-sama asli, hanya pendistribusiannya saja yang beda, kamu harus hati-hati,

Perbedaan harga gadget Black Market dan resmi tidak melebihi 50%, yaitu antara 20% hingga 30% saja. Jika sampai sampai harga gadget BM lebih murah dari 50%, kamu harus curiga bahwa gadget tersebut palsu dan bukan dari Black Market.

#3. Gadget Refurbished

Istilah yang terakhir adalah Gadget refurbished, yaitu Gadget asli yang statusnya sudah rekondisi.

Rekondisi berarti gadget sudah pernah dipakai sebelumnya, kemudian mengalami kerusakan saat masih dalam masa garansi resmi. Lalu si pengguna, tersebut lalu dibawa ke service center resminya dan sayangnya tidak bisa diperbaiki.

Akhirnya, si pengguna mendapatkan Gadget pengganti baru dan HP lama yang rusak tadi diperbaiki kerusakannya dan oleh service center resmi.

Gadget yang sudah diperbaiki tersebut turut diperbarui dari sisi fisik. Kalau ada lecet, casing-nya diperbarui sehingga benar-benar terlihat seperti HP baru.

Baca juga : Xiaomi Mi5s dan Mi5s Plus Saingi iPhone 7 Plus

Akhirnya, HP tersebut kembali dijual sebagai barang bekas yang terasa seperti baru dan disebut gadget refurbished. Biasa dijual dengan selisih harga hingga 50% lebih murah dari harga baru yang asli. Kamu harus bisa melihat Perbedaan Gadget Asli atau Palsu, agar tidak menyesal dikemudian hari.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !