Beda Sistem Pelumas Mesin Motor 4 Tak dan 2 Tak

Beda Sistem Pelumas Mesin Motor 4 Tak dan 2 Tak – Oke, sebelum kita membahas pelumas mesin 4 tak dan 2 tak, mari kita terlebih dahulu membedakan secara dasar apa itu mesin motor 4 tak dan 2 tak.

Sederhananya adalah ;

  • 4 Tak berarti 4 langkah untuk 1 ledakan / pembakaran yang menghasilkan tenaga mekanik untuk mesin.
  • 2 Tak berarti 2 langkah untuk 1 ledakan / pembakaran yang menghasilkan tenaga mekanik untuk mesin.

Untuk lebih jelasnya, saya akan coba rangkum penjelasan mesin motor 4 tak dan mesin motor 2 tak.

Motor dengan Mesin 4 Tak

Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol.

Penjelasannya yaitu:

  • TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
  • TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
  • TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
  • TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder.

Kemudian kalau dilihat dari bahan bakar yang digunakan kemudia konstruksi silindernya bisa dilihat dibawah ini :

Biasanya untuk motor yang menggunakan mesin 4 tak , untuk bahan bakarnya menggunakan bensin murni/ pertamax murni (tidak dicampur seperti motor dengan mesin 2 tak).

Pada bagian setiap silindernya umumnya motor 4 tak ini memiliki 2 buah atau 4 buah katup lanjut pada bagian Cylindernya.

Umumnya motor 2 tak hanya memiliki 1 macam kompresi yaitu kompresi silinder terakhir pada setiap bagian piston, biasanya motor 4 tak memiliki 3 buah ring diantaranya yaitu : ring kompresi I, ring kompresi II dan ring oli. Ketiga ring tersebut sangat penting dalam membantu pelumasan pada piston.

Motor Dengan Mesin 2 Tak

Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran, motor 2 tak memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol.

Penjelasannya yaitu:

  • TAK 1 : Yaitu proses masuk, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
  • TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/ bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)

Jika kita lihat dari jenis bahan bakar yang digunakan dan juga konstruksi silindernya , anda bisa lihat detailnya dibawah ini :

Untuk penggunaan bahan bakar, biasanya bensin campuran, bensin yang di campur dengan oli, baik secara langsung (langsung di masukan ke dalam tangki bensin atau pun yang dengan cara terpisah (ada tempat khusus oli samping di bodi motor)

Motor 2 tak biasanya tidak memiliki katup, nah sebagai penggantinya maka motor 2 tak ini menggunakan red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan silinder.

Pada bagian mesin khususnya pada setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring kompresi I dan ring kompresi II.

Pada bagian mesin di setiap silindernya memiliki 2 macam kompresi yaitu kompresi silinder (primer) dan carter (sekunder)

Oke, itu adalah kurang lebih perbedaan dasar dari mesin motor 4 tak dan 2 tak. oke, mari kita masuk pada sistem pelumasan, baik pelumasan 4 tak ataupun 2 tak.

#1. Sistem pelumasan 4 tak

Beda Sistem Pelumas Mesin Motor 4 Tak dan 2 Tak

Sistem pelumasan mesin pada motor 4 langkah (4Tak) hanya menggunakan 1 macam oli untuk melumasi seluruh bagian komponen mesin motor mulai dari komponen ruang bakar, komponen kopling dan komponen Transmisi. Oleh sebab itu di butuhkan oli sesuai dengan spesifikasi khusus untuk motor. Sistem pelumasan untuk motor berbeda dengan sistem pelumasan mobil meskipun sama – sama menggunakan mesin 4 langkah. Karena pelumasan pada mobil antara ruang bakar,transmisi dibuat berbeda dan koplingnya dibuat sistem kering seperti halnya motor matic. Pada motor 4 langkah biasanya pelumas di simpan di bak kruk as (crankcase) dan dialirkan ke seluruh komponen motor dengan bantuan pompa oli dan biasanya disebut Wet sump system. Tetapi ada juga motor yang menyediakan bak penampung pelumas secara terpisah di luar mesin motor atau biasa di sebut Dry sump system.

#2. Sistem pelumasan 2 tak

Beda Sistem Pelumas Mesin Motor 4 Tak dan 2 Tak

Sistem pelumasan pada motor 2 tak atau 2 langkah berbeda dengan sistem pelumas motor 4 tak (4 langkah). Jika pada motor 4 langkah pelumasan hanya memakai 1 macam oli saja, jika pada motor 2 langkah pelumasan terbagi menjadi 2 bagian/macam. Pelumas pertama untuk melumasi bagian transmisi saja, dan pelumas kedua untuk melumasi bagian ruang as-kruk atau bagian di belakang piston. Pelumasan dibuat berbeda karena ruang transmisi dan ruang engkol (kruk-as) terpisah. Pelumasan pada ruang engkol dibuat tercampur dengan bahan bakar dengan perbandingan tertentu dan kekentalannya lebih encer bila dibandingkan dengan pelumas untuk transmisi. Tetapi dengan seiringnya kemajuan teknologi, pencampuran pelumas untuk ruang kruk-as dan silinder dibuat sistem injeksi atau nosel.

Baca juga :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !