Kesehatan

Begini Baik dan Buruk Meminum Kopi

Begini Baik dan Buruk Meminum Kopi – Siapa yang tak suka dengan minuman yang satu ini? Apalagi di Indonesia baik laki-laki maupun perempuan hampir setiap hari mengkonsumsi minuman berkafein ini.

Pada awalnya kopi di Indonesia hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan elit Hindia Belanda saja. Berawal dari kegemaran orang Belanda mengkonsumsi kopi, akhirnya mereka mencoba menanam di Indonesia.

Iklim di Indonesia sangat pas untuk menanam kopi, sehingga dengan cepat perkebuman kopi merambah seluruh penjuru negeri,padahal awalnya hanya ditanam di sekitar Jakarta saja.

Begini Baik dan Buruk Meminum Kopi
Ilustrasi kopi

Merasa menguntungkan, apalgi di Eropa harganya tinggi. Belanda banyak membuka perkebunan kopi di Indonesia, tidak hanya di Jawa bahkan wilayah lain seperti Sumatra dan Timor-Timur dulu meyebar perkebunan ini,

Tanaman kopi merupakan tanaman yang banyak diminati oleh masyarakat karena kopi memiliki kenikmatan yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini menjadi lahan bisnis dengan cara membuat perkebunan kopi.

Kopi merupakan tanaman tahunan, tanaman ini akan mulai berbunga setelah berumur kurang lebih dua tahun.Dalam jangka waktu ini tanaman kopi sudah mulai bisa berbuah dan bisa untuk dikonsumsi.

Itulah gambaran umum mengenai seluk-beluk kopi di Indonesia, sekarang mari kita mulai membahas sisi baik dan buruk minum kopi:

Sisi baik meminum kopi

Kopi dipercaya dapat menjaga konsentrasi orang yang sedang bekerja. Benarkah demikian? Disamping dengan istirahat yang cukup disiang hari, upaya yang lain untuk membuat mata melek dan tetap berkonsentrasi tinggi adalah dengan minum kopi.

Kopi mengandung kafein dan antioksidan. Dari penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, Harvard School of Public Health dan US Veteran Administration, terungkap bahwa kopi aman dan bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan meminum kopi dua sampai empat cangkir kopi perhari bisa mengurangi resiko kanker usus besar sampai 25%, batu empedu 45%, radang hati 80%, parkison 50-80% dan asma 25%.

Selain itu kopi yang berkadar kafein tinggi dan rendah dapat mencegah pembentukan batu ginjal sekitar 10%. Batu ginjal terjadi karena kalsium oksalat atau zat kimia lainnya membentuk kristal di dalam urin.

Dengan meminum kopi biasanya frekuensi dan jumlah urin lebih banyak sehingga bisa mengurangi kemungkinan terbentuknya kristal pada urine.

Antioksidan yang terkandung dalam kopi adalah polyphenol (asam klorogenik) yang berfungsi untuk mengurangi resiko terkena penyakit degeneratife seperti penyakit jantung, kangker dan sistem saraf.

Meminum kopi juga bisa menghilangkan sakit kepala akibat stress yang mendera, disamping itu kopi juga bermanfaat meningkatkan libido seksual pria. wow dan dapat mengilangkan rasa lelah, kantuk, meningkatkan kewaspadaan saraf motorik.

Meski demikian, para peneliti menyatakan bahwa pembakaran kalori yang distimulasi oleh kafein akan lebih baik jika disertai dengan olahraga, hal ini pun menepis anggapan dengan banyak minum kopi akan terlepas dari berbagai penyakit.

Sisi buruk meminum kopi

Kopi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak (dua sampai tujuh cangkir perhari) dapat juga menimbulkan berbagai macam penyakit diantaranya. Mual, kegelisahan, sakit kepala, otot tegang, ganguan tidur palpitasi jantung dan noreksia.

Sementara jika meminum kopi lebih dari tujuh cangkir perhari atau diatas 750 mg, akan muncul berbagai ganguan emosi dan indra, utamanya ganguan pendengaran dan penglihatan.

Sisi negatife kafein ternyata tidak hanya itu para peneliti mengungkapkan bahaya kafein bagi kehidupan manusia berefek pada jangka panjang. Akan berasa dikemudian hari.

Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat baru-baru ini, bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi setiap hari akan memiliki resiko lebih besar sulit untuk hamil dan mempunyai keturunan.

Adapun menurut Physicians Medicine, sebenarnya kaitan kopi dengan resiko kangker belum jelas. Namun beberapa studi mengatakan kemungkinan kopi mempengaruhi DNA dan meningkatkan resiko terkena kanker kandung kemih dan ovarian.

Bahaya lain adalah ternyat menurut penelitian tersebut kafein dapat menendang kalsium melalui urine yang selanjutnya memerosotkan kekuatan tulang dan menjadikan tulang menjadi gampang patah.

Studi Harvad mengatakan bahwa wanita yang sudah memasuki masa menopause yang mengkonsumsi banyak kafein, resiko menderita patah tulang pinggul tiga kali lebih tinggi dari pada yang tidak mengkonsumsi banyak kafein.

Minum kopi juga bahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menaikkan darah dengan signifikan secara cepat, selain itu kopi juga mengalirkan darah ke ginjal dengan berakibat produksi urine bertambah.

Pada dosis sedang kafein juga menghasilkan asam lambung yang berlangsung lama, sehingga dapat memperbesar resiko penyakit gangguan lambung. Jadi bagi penderita kelemahan lambung sebaiknya menhindari mengkonsumsi kopi.

Demikian artikel berjudul “Begini baik dan buruk meminum kopi” Semoga bermanfat dan mari lanjut minum kopi.

Salam.

Baca juga: Ngopi dan Orang Indonesia

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !