Berikut Tips Membuat Artikel Pilar untuk Blog yang Bisa Kamu Coba

Artikel Pilar?

Atau,

Artikel tutorial ?

Artikel pilar lebih pada jenis dan seperti apa strategi sebuah artikel disampaikan,,

sementara artikel tutorial adalah artikel yang menjelaskan sesuatu,,

begini,

Sederhananya, saya akan membuat artikel tutorial tentang bisnis online yang berbentuk artikel pilar yang lengkap..

Artikel tutorial bisa berupa artikel pilar yang lengkap, bisa juga berbentuk artikel tutorial biasa…

Lebih bagus jika kamu membuat artikel tutorial  yang lengkap, sederhananya dengan strategi membuat artikel utama dan didukung oleh beberapa artikel pendukung.

Kenapa harus artikel tutorial? Mari kita mulai dengan kenapa harus artikel tutorial. Artikel tutorial adalah artikel yang dibuat untuk memudahkan orang lain melakukan sesuatu dengan dipandu membaca sebuah catatan artikel itu sendiri. Artikel tersebut akan menjelaskan detail apa yang harus dilakukan.

Kenapa harus artikel tutorial?Dalam dunia tulis menulis, terutama tulis menulis online, artikel tutorial memiliki banyak kelebihan dibanding artikel berita, terutama dalam mencari trafik semi abadi di blog. Artikel tutorial banyak dicari oleh pembaca. Akan saya ambil sebuah kasus.

” saya pernah menjumpai seorang teman yang sedang kesulitan untuk membuat pakan ikan organik, lalu seorang teman menyarankan untuk googling. Kemudian dia mengetikan kata kunci cara membuat pakan ikan organik, disearch pencarian akan muncul banyak situs yang mengulas tentang cara tersebut. Harapan sang pencari pasti dapat menemukan artikel tutorial yang berkualitas dan terpercaya diantara situs-situs yang ditemukan dimesin pencari”.

Google sebagai mesin pencari sudah sangat termashur. Hampir setiap orang mengenal google, meskipun ada mesin pencari lain seperti bing atau yahoo. Google sudah menjadi sumber informasi yang tidak terbatas. Kita bisa mencari dan bertanya apa saja. Kepopuleran mesin pencari inilah yang kita manfaatkan dengan membuat sebanyak mungkin artikel tutorial yang berkualitas.

Lalu bagaimana membuat artikel tutorial berkualitas yang banyak dicari oleh pembaca?

Perlu digaris bawahi bahwa artikel tutorial berkualitas tidak berarti akan banyak dicari pembaca. Semua tergantung seberapa banyak peminat terhadap isi artikel tersebut.

Jika ingin membuat artikel tutorial, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dari segi teknis yaitu menyangkut isi dan cara penyampaian dalam bentuk tulis. Sederhananya kita harus menguasai isi namun bukan cuma menguasai, kita juga dituntut mampu menyampaikan isi dalam bentuk tulisan dengan tujuan akhir pembaca paham dan mengerti informasi dan petunjuk yang terdapat dalam artikel tersebut.

Penjelasan di atas adalah masalah teknis, yaitu faktor internal yang mempengaruhi kualitas artikel yang dibuat. Lalu bagaimana jika kita sudah membuat artikel dengan baik dan informatif namun ternyata tidak banyak pembaca. Disinilah peran faktor ekstern atau faktor luar sangat mempengaruhi jumlah peminat artikel.

Apa itu faktor luar yang di maksud?

Jika kita membahas produk, pasti kita akan berhubungan dengan kualitas dan jumlah peminat produk tersebut. Kita ambil contoh, sepatu yang paling banyak dijual di Indonesia adalah sepatu dengan ukuran rata-rata kaki orang Indonesia. Merek sepatu menggambarkan kualitas sebagai faktor internal sedangkan ukuran sebagai faktor luar atau eksternal disesuaikan dengan rata-rata ukuran kaki pemakai.

Begitupun dengan artikel tutorial, tidak semua artikel tutorial itu laris manis dicari. Setiap artikel tersebut pasti akan menyasar pembaca yang spesifik dan unik. Tinggal bagaimana kita mencari tema yang banyak dicari. Dan siapa target  yang kita sasar. Secara tidak langsung jika kita membuat artikel tutorial bertema tertentu dan diposting di blog, maka pembaca yang mencari dari search engine seperti google akan menggunakan kata kunci yang spesifik. Mensin pencari seperti google akan membantu menyaring informasi yang lebih spesifik dengan memunculkan situs-situs yang relevan terhadap kata kunci yang dicari.

Dengan mekanisme seperti itulah nantinya artikel tutorial yang kita buat akan ditemukan oleh pembaca. Semakin populer sebuah tema yang kita ambil maka semakin banyak kemungkinan untuk dibaca, dan pasti akan banyak pesaing dari blog-blog lain yang menulis artikel dengan tema yang sama. Inilah yang dinamakan perang kualitas dan kekuatan optimasi blog agar SEO (search engine optimation).

Tidak ada aturan khusus dalam membuat artikel tutorial, aturan masih standar seperti; penggunaan bahasa yang mudah dipahami, rinci dan berisi, bersifat informatif, pengejaan dan jangan salah dalam penulisan karena akan mempengaruhi optimasi mesin pencari dalam mengindeks tulisan kita.

Buatlah artikel pilar yang efektif dan efisien di blog

Dalam membuat postingan kita sering terpaku pada jumlah kata dalam satu artikel, tema, banyak atau tidak dicari oleh pembaca, bahasa dan persaingan di search enggine. Hal-hal tersebut memang dibutuhkan namun bukan hal yang terpenting dalam membuat postingan yang berkualitas.

Hal hal yang  terpenting dan sering terlupakan adalah strategi dalam membahas sebuah topik masalah. Strategi yang dimaksudkan adalah alur/gaya tulisandalam penyampaian artikel, kemampuan dalam mempengaruhi pembaca agar terus membaca artikel tersebut sampai selesai, selalu memberikan informasi-informasi barudisetiap paragrafnya, bobot informasi yang disampaikan serta momentum waktu yang tepat pada saat artikel tersebut di publish.

Sebuah artikel berkualitas di blog akan memberikan tras/kepercayaan pembaca untuk membaca artikel-artikel yang lain di blog tersebut. Jika tujuan kita membuat artikel yang membahas tema tertentu maka buatlah artikel pilar dalam membahas tema tersebut. Artikel pilar akan menjadi pemandu pembaca dalam step by step untuk menggali informasi yang sedang dicari.

Baik kembali pada tema postingan kali ini tentang Artikel pilar,

Apa Itu artikel pilar ?

Artikel pilar dalam konsep bloging adalah artikel yang dibuat berdasarkan tema utama yang menjadi konsentrasi pembahasan dalam blog tersebut. Tema yang dibahas akan saling berhubungan antara artikel pertama dan seterusnya. Biasanya Artikel pilar akan menjadi tulang punggung dari blog tersebut dalam mendatangkan trafik atas target pengunjung tertentu.

Setelah kerangka artikel pilar terbentuk kemudian barulah didukung oleh sub artikel yang topiknya membahas turunan dari artikel pilar tersebut. Sebagai contoh jika membuat artikel tentang kangker sebagai artikel pilar maka kita juga membuat sub artikel yang membahas penyebab, obat dan topik-topik yang lain yang mempunyai hubungan langsung atau tidak langsung dengan atikel pilar yang dibuat.

Untuk menghasilkan artikel pilar yang berkualitas ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat artikel pilar.

Artikel pilar yang efektif dan efisien diblog dengan tema tertentu sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan blog yang dikelola serta jenis pengunjung yang akan membaca. Jika membuat artikel tentang kangker maka pengunjung dan pembaca pastinya mempunyai minat atau kepentingan terkait dengan kangker.

Artikel pilar akan lebih efektif jika membahas poin-poin utama dalam pembahasan tertentu, setelah pembaca mengetahui poin-poin utama tersebut pembaca akan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi dan fungsi sub artikel akan memberikan pemecahannya dan penjelasanya.

Artikel sub yang dibuat memberikan penyelesaian-penyelesain yang dikemukakan di dalam artikel pilar. Bagi pembaca hal ini akan memberikan keefektifan waktu saat artikel sub tersebut berada dan mendukung artikel pilar yang dibuat didalam blog tersebut.

Selain artikel pilar dan artikel subnya, alangkah baiknya membuat artikel penyelang dari artikel pilar yang membahas tema lain. Pencarian tema lain ini hendaknya disesuaikan dengan keadaan dan kondisi atau disesuaikan dengan musim.

Maksudnya adalah, jika blog kita bertema kesehatan dengan artikel pilar kangker dan artikel subnya pengobatan alternatif kangker maka kita bisa membuat artikel penyelang seperti tips sehat langsing atau artikel tentang pemilu, intinya artikel penyelang dibuat sesuai tranding topik pada saat itu. Fungsi artikel penyelang salah satunya adalah untuk mendatangkan pengunjung baru, dan diharapkan pengunjung baru tersebut akan tertarik untuk membaca artikel pilar dan menambah jumlah pembaca yang berlangganan artikel pilar yang kita buat.

Namun jumlah artikel penyelang tentunya hanya sebagai selingan saja, tidak dijadikan sebagai artikel utama yang sering ditulis.  Frekuensi pembuatan artikel penyelang dibuat pada momen-momen tertentu seperti musim piala dunia kita buat artikel tentang piala dunia, musim pemilu kita buat artikel yang membahas tentang pemilu. Artikel penyelang juga dibuat untuk menghilangkan kejenuhan dalam membuat artikel pilar. Menurut saya, kebosanan akan hilang ketika kita membahas tema yang lain di momentum tertentu dan memberikan semangat untuk membuat artikel pilar yang baru dengan kembali ketema utama blog.

Artikel pilar, Artikel pendukung, dan artikel penyelangmerupakan 3 strategi yang efektif dalam mengisi blog bertema niche.

semoga artikel ini bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !