Artikel Bisnis, Internet Dan Teknologi

Mungkinkah Berpenghasilan dari Sebuah Blog ? Ini Cara yang Kami Lakukan

Mungkinkah Berpenghasilan dari Sebuah Blog ? Ini Cara yang Kami Lakukan – chyrun, satu dari beberapa blog  yang kami coba monetize.

Awalnya kami hanya sebuah blog gratisan,,

Jujur saja, kenapa kami bertahan lama menggunakan blog gratisan berdomain blogspot adalah karena akun adsense kami masih hosted, yang artinya kami hanya bisa memasang iklan di mitra google. Kami hanya bisa memasang iklan di produk-produk google seperti blogspot dan youtube. Jadi jelas, dari awal saya pribadi berniat betul menguangkan blog.

Kami mencoba meraup penghasilan dari blog gratisan. Tidak seberapa memang, kami tidak terlalu ambil pusing, itung-itung kami menabung dan 3 bulan sekali gajian.

Bagaimana cara saya menghasilkan dari blog gratisan, saya sendiri memiliki 2 cara, yaitu dengan memasang iklan Google Adsense dan ikut dalam jaringan afiliasi. Masih banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet sebenarnya, namun saya sendiri menekuni 2 bisnis internet di atas.

Jika membaca kisah sukses diluar sana, iri rasanya melihat blog-blog top dengan domain dan hosting premium. Seperti blog mas Marixon (Maxmanroe.com), Mba Indri (juragancipir.com), atau portal-uang milik mas Gee Jhon. Mereka mampu menjadi full time blogger dan berpenghasilan tinggi dari blog mereka.

Berpenghasilan dari Blog

Dulu,

Berbekal blogspot kami mencoba meretas asa, 2013 blog ini berdiri, awalnya saya pribadi yang membuat, saya tulis apa saja yang ingin saya tulis, tidak perduli dengan tema/niche karena awalnya saya tidak tahu apa-apa. Blog ini sempat saya tinggalkan sekitar 2 tahun karena kesibukan.

Namun hobi menulisku membawaku kembali ke blog ini.

Dulu Kami Membangun dan Coba Berpenghasilan dari Blog Gratisan

Awal 2015, saya mencoba membuat sebuah blog premium dengan ekstensi dot com, namun gagal total. Lalu akhirnya saya kembali menggunakan blogspot. Kali ini saya mengajak beberapa kawan untuk ikut mengisi konten blog ini. Update blog mulai rutin, rata-rata 1 minggu 2-3 artikel, maklum penulis blog masih sibuk dengan pekerjaan mereka, menulis hanya sebagai hobi belum sebagai produksi, jadi update 1 minggu satu artikel saja sudah bersyukur. Hehe.

Awalnya kami hanya fokus menulis, menyalurkan hobi dan belajar menjadi redaksi yang baik. Iklan yang awalnya sebagai penghias, kini hidup dan menghasilkan dollar-demi dollar. Hal ini tidak terlepas dari trafik blog yang naik seiring intensitas update yang semakin sering.

Kamipun mulai berpenghasilan dari blog

Gajian yang awalnya bisa dibilang satu tahun sekali, menjadi 6 bulan sekali, dan kini sudah mampu gajian 3 bulan sekali. Tidak terasa meskipun tiga bulan baru mampu menembus ambang pembayaran 100 dollar. Meskipun masih sangat sedikit sekali jika bandingannya blog-blog besar di atas. Tapi kami senang dengan penghasilan tersebut. Bukan jumlah nominalnya, tapi itu adalah bentuk apresiasi dari karya tulisan yang kami publish di blog ini.

Saya sendiri menjadi semakin tertarik dengan yang namanya Internet Marketer. Ilmu masih sangat berantakan,  semua kami pelajari otodidak. Browsing dari satu blog ke blog lain, membaca dari buku satu ke buku yang lain. Semakin hari rasanya semakin penasaran dengan dunia internet. Tidak habis-habis untuk dibahas, banyak ilmu baru seiring berjalannya waktu.

Merintis bisnis di internet setidaknya sudah mampu kami buktikan. Tidak seberapa jika bicara nominal, justru ini membuat kami termotivasi untuk berkarya lebih baik lagi. Kami tidak mampu untuk fokus dan terjun total sebagai seorang internet marketer. Hal ini sebagai bentuk rintisan kami dalam menghasilkan uang dari blog, meskipun masih blog.

Butuh konsistensi, kegigihan dan skill jika ingin benar-benar menjadikan penghasilan dari internet menjadi penghasilan utama. Rasa-rasanya kami belum mampu untuk itu. Kami ikuti saja prosesnya mau seperti apa. Yang terpenting terus menulis dan mengupdate blog dengan rutin sesuai kemampuan. Terus belajar ilmu-ilmu baru dalam dunia internet khususnya terkait internet marketer. Saya berkeyakinan besar bahwa kerja yang kita lakukan sekarang akan panen dikemudian hari.

Sebagai bahan motivasi, saya sungguh terinspirasi dengan blog gratisan milik mas Didin Ajidin dengan blog strukturkode.blogspot.co.id. Trafik yang sangat luarbiasa jika menilik domain yang digunakan masih domain gratisan. Semoga saya bisa belajar dari beliau.

Berpenghasilan dari blog tidak semudah yang kita semua bayangkan, butuh proses panjang dan tentu kemauan belajar. Belajar dan terus belajar tentang blogging dan bagaimana membangun situs, itu adalah kunci utama.

Baca juga : Cara membuat email gratis

Demikian artikel Mungkinkah Berpenghasilan Dari Sebuah Blog ? Ini Cara yang Kami Lakukan, Semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !