Artikel, Berita

Bibit Bebek Pedaging Berkualitas

Bibit Bebek Pedaging Berkualitas – Sampai saat ini jenis bebek yang digunakan sebagai bebek pedaging merupakan jenis bebek jantan dan betina yang tidak lolos seleksi sebagai bebek petelur.

Nah, paradigma dan cara pandang tersebut sudah semestinya diganti, bahwa peternakan bebek pedaging sama menguntungkanya dengan peternakan bebek petelur.

Seluruh bibit bebek lokal Indonesia dapat dijadikan sebagai bebek pedaging. Dan bahkan, bebek lokal memiliki kelebihan dalam kualitas daging. Daging lebih empuk, tidak terlalu berserat dan tidak berbau anyir sehingga rasanya lebih gurih.

Berikut ciri-ciri bibit bebek pedaging berkualitas : 

  1. Tidak dihasilkan dari indukan yang memiliki riwayat terkena penyakit colibacillosis, chronic, respiratory desease (CRD), dan salmonellosis. Karena induk yang memiliki riwayat terkena tiga penyakit ini berpotensi menghasilkan anak bebek yang lemah dan mudah terkena penyakit.
  2. Tidak memiliki cacad pada anggota tubuh, seperti mata buta, paruh tidak menutup simetris, sayap patah, sayap jatuh terkulai, sayap memiliki panjang yang tidak sama, kaki pincang, kaki bengkok, selaput renang sobek, ruas jari bengkok, atau bentuk cacat lain. ini akan mempengaruhi kualitas bebek pedaging.
  3. Badan terlihat tegak dengan kaki lurus simetris.
  4. Jika membeli bebek melalui pesanan dan dikirim langsung kekandang, seleksi bebek yang cacad dan pisahkan dalam pemeliharaan sendiri. Karena bebek yang cacat tidak mampu berkompetisi dengan bebek yang lain.
  5. Bebek yang sehat akan memiliki mata yang bulat cerah, agak cembung, tidak mengeluarkan air, tidak mengeluarkan kotoran mata, tidak sayau dan terlihat segar.
  6. Tidak terlihat sering bersin atau mengeluarkan cairan yang berlebihan pada lubang hidung.
  7. Bulu kering, menutup merata, dan lurus, bulu yang tampak keriting menandakan itik baru saja menetas atau bermasalah pada saat proses penetasan.
  8. Bagian rongga perut akan terasa kenyal jika ditekan perlahan.
  9. Bagian pusar dan dubur kering, tidak lengket dan tidak ada kotoran atau cairan berlebihan.
  10. Pilih bebek jantan yang memiliki ukuran tubuh seragam. Ukuran yang seragam cenderung memiliki laju pertumbuhan yang hampir sama, sehingga pada saat panen bisa dilakukan dengan serntak.
  11. Jika terjatuh atau tertabrak bebek lainya, bebek akan cepat berdiri, selain itu bibit bebek pedaging berkualitas akan memberi respon terhadap itik lainya sehingga tampak bersosialisasi atau bermain.
  12. Bebek terlihat aktif makan dan minum dan memiliki nafsu makan yang baik.
  13. Bebek Akan Meronta jika ditangkap. Selain itu, bebek akan memberi perhatian kepada orang, baik yang memberi pakan dan minum maupun orang asing serta suara-suara tertentu. hal ini menunjukan bebek dalam keadaan baik dan mampu memberikan respon terhadap lingkungan sekitar.

Cara Membawa Bibit Bebek Yang Benar

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri bibit bebek pedaging berkualitas, selanjutnya adalah bagaimana teknik membawa bibit ke lokasi kandang tempat Anda akan beternak bebek.

Baca Juga : Memulai Usaha Ternak Bebek Pedaging Di Pinggir Sawah

Jika jumlah bibit yang dibeli relatif banyak, biasanya pengiriman dilakukan oleh penjual. Perlu teknik khusus untuk membawa anak bebek agar tidak stres.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Waktu pengiriman bibit bebek pedaging yang baik adalah saat pagi hari, maksimum sebelum pukul 09.00 atau sore hari minimum pukul 16.00. pada waktu tersebut, udara tidak terlalu panas, sehingga memberi kenyamanan pada bibit bebek pedaging.
  2. Jika menggunakan alat tranportasi yang tidak memiliki peneduh, jangan mengirim bibit bebek pedaging ketika hujan atau panas terik. Hujan akan menyebabkan itik kedinginan sehingga berpotensi terkena cold sters (stres akibat udara dingin) dan akhirnya mengalami kematian. Sebaliknya, jika membawa bebek saat panas terik, akan menyebabkan heat stress (stres akibat udara panas) sehingga bebek akan mengalami dehidrasi.
  3. Jumlah wadah dengan jumlah bebek memiliki perbandingan yang seimbang. Jika menggunakankardus boks bekas, jumlah bebek yang diajurkan maksimum 100 ekor. Namun, jika menggunakan kardus bekas kemasan makanan seperti mi instan atau kemasan sejenis lainya, bisa menampung 10-15 ekor bibit bebek pedaging. Jika menggunakan kardus bekas, lubangi kardus tersebut secukupnya untuk memberi sirkulasi udara.
  4. Jangan menggunakan kardus yang kotor, terkontaminasi bahan kimia, memiliki bau yang menyengat, ada bekas tumpahan minyak atau cat. Kardus-kardus tersebut akan membuat bibit bebek pedaging tidak nyaman, bahkan membahayakan kesehatan dan keselamatan pada saat proses pengiriman.

Baca juga : Jenis Bebek Pedaging Unggulan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !