Bisnis Gampang, Tapi Sulit Memulai

Bisnis Itu Gampang, Tapi Sulit Memulai – Dari blog sederhana dan masih gratisan ini saya banyak belajar. Yang awalnya hanya belajar menulis sampai akhirnya belajar bisnis. Blog yang masih numpang sama google, masih menyandang ekstensi dot co.id dan dari domain blogspot. 2014 yang lalu, hampir saja skripsiku terlantar lantaran terlalu asik mengutak atik hobi baru ini.

Seperti layaknya anak kecil yang baru belajar berjalan, terjatuh, memar dan tersandung sandung. Belajar bisnispun sama. Perbedaanya hanya pada darimana kita memulai. Karena kebetulan saya memulai dan tertarik dengan internet, maka saya memulai dari belajar menjadi internet marketer.

Beruntung sekali mereka yang menekuni bidang ini dari bangku pendidikan formal, seperti programmer, web design atau bidang marketing dari ilmu-ilmu sosial. Mereka belajar dari ahlinya, tidak seperti kami para otodidak yang belajar dari mana saja dan dengan guru siapa saja. Terkadang kami kesusahan menyambungkan potongan-potongan ilmu yang kami dapat.

Bisnis seharusnya gampang, yang sulit memulainya?

Anda pernah melihat seorang anak belajar naik sepeda? Atau Anda sendiri pernah belajar naik sepeda? Kurang lebih seperti itulah dalam memulai bisnis. Yang sulit adalah memulainya. Belajar seimbang sambil mengayuh pedal, terkadang jatuh dan memar, namun akhirnya bangkit lagi, lagi dan lagi.

Bisnis Gampang, Tapi Sulit Memulai

Bisnis jika sudah menemukan polanya maka Anda akan menyelesaikanya dengan baik. Bisnis seperti bermain game, selalu ada level yang harus dilewati, setiap level akan semakin sulit, namun poin akan semakin bertambah. Terkadang Anda harus mengulang level sebelumnya karena Anda kalah di level yang lebih tinggi. Tapi Anda akan tetap berusaha mennyelesaikan game meskipun berkali-kali Anda kalah. Seiring waktu Anda akan menemukan polanya dan akhirnya menamatkan game.

Perlu Anda ingat betul-betul bahwa,  mulailah temukan pola dari bisnis Anda, lalu berusahalah menaikan level permainan. Semakin tinggi level Anda maka semakin ahli Anda dalam berbisnis.

Gampang ko, Yang Sulit Memulainya !!

Anda tidak perlu banyak berfikir bagaimana caranya, mulai saja ! walaupun Anda meniru orang lain, tidak masalah. Seiring perjalanan waktu, Anda akan menemukan pola Anda sendiri. Yang paling susah adalah memulai bisnis, karena pada tahap itu kita belum memiliki bekal ilmu apapun, kita hanya mengandalkan teori rencana sederhana serta keberanian aktion.

Kenapa sih kita sulit untuk memulai?. Rasa ketakutan akan ketidak berhasilan, tidak percaya diri dengan ilmu yang dimiliki. Keraguan dengan modal awal. Itulah alasan paling banyak kenapa kita sulit memulai bisnis. Rasa pesimistis biasanya merontokan semangat. Padahal Anda belum sama sekali mencoba memulai. Terlalu takut.

Baca juga : Memulai sukses dari desa

Hidup itu ga asik kan, kalau hanya stagnan dan monoton, hidup butuh resiko-resiko yang akan menempa kita menjadi pribadi yang ahli dan tahan banting.

Dalam bisnis, jika Anda tidak menjual maka Anda Binasa. No selling Dying, Istilah dari Dewa Eka Prayoga. Jika bisnis telah berjalan, maka Anda berkewajiban menaikan levelnya. Proses ini tidak sesulit memulai bisnis, hanya tinggal berkreasi dengan kreatifitas dan mengkonsep kemajuan lain di bisnis Anda.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !