Bisnis Itu Jualan !

Bisnis tu jualan – Pertama-tama, apa yang Anda pikirkan tentang jualan?. Yups, Jualan Adalah  menyediakan barang yang dibutuhkan oleh pembeli. Kita mengambil keuntungan dari selisih harga kulakan dan harga jualan. Jualan, sebuah kata yang mungkin lebih khusus jika di bandingkan dengan istilah bisnis. Ibaratnya, jika bisnis adalah rumah, maka jualan adalah taman atau isi ruangannya.

Ada paradigma salah yang berkembang, sebuah cara pandang yang kebanyakan masyarakat Indonesia anut. Begini, jika ada pertanyaan, Anda setelah lulus sekolah ingin jadi karyawan atau wirausaha?.

Pertanyaan tersebut, memiliki arti Anda ingin jual keahlian Anda ke perusahaan (Menjadi Karyawan) atau menggunakan keahlian Anda untuk menjual barang milik sendiri (Wirausahawan)?

Anda pikir menjadi karyawan bukan jualan?. Pertama, Anda menjual keahlian Anda pada perusahaan dengan bekerja menjadi karyawan. Kedua bisnis dari perusahaan tempat Anda bekerja pasti mengandalkan penjualan.

Bisnis Itu Jualan !

Saya ambil sebuah contoh sederhana, misalnya Anda memilih bekerja di bank dari pada Anda berdagang emas sendiri di Toko. Artinya, Anda menjual keahlian Anda ke Bank, dan Bank memanfaatkan keahlian Anda entah itu sebagai karyawan  oprasional atau marketing dan ujung-ujungnya pasti untuk memfasilitasi dan memudahkan bank dalam menjual jasanya kepada nasabah.

Kalau begitu kenapa anda tidak jualan sendiri saja.?

Uang yang ada dalam perusahaan tempat Anda bekerja merupakan uang dari hasil aktifitas penjualan !. Perusahaan apapun di kolong bumi ini akan mendapatkan uang dari jualan. Bisnis itu ya jualan, pengin punya uang banyak ya wajib punya bisnis dan pintar jualan.

Ada 4 pilar utama dalam menghasilkan uang, dan ini sangat umum, sudah ada dari jaman sebelum saya lahir, begini : setiap perusahaan akan tersusun dari empat (4) pilar utama ini. Apa itu, yaitu Pemasaran ( Marketing dan Sales), Sumber Daya Manusia (SDM), Keuangan dan Oprasional.

Baca : Pengusaha Tiga Juta Sehari, Karyawan?

Kesatuan 4 pilar tersebut bersinergi yang ujung-ujungnya adalah penjualan atas barang/ jasa yang diproduksi.

Menjadi pekerja kantoran, PNS, Guru, Presiden. Mereka menjual jasa dan dibayar uang. jangan salah, Mereka jualan. Jualan keahlian bro. Jadi jangan salah dan termanipulasi, semua hal yang ada di dunia ini ujung-ujungnya jualan. Hehe.

Nah, jadi buat apa kita sibuk menjadi karyawan, sementara kita bisa jualan sendiri saja. Jika gaji karyawan 4 juta sebulan, omset jualan bisa dapat 4 juta satu hari. Modal?. Akh, Itu hanya alasan bagi yang males jualan. Bank berteteran di mana-mana, Anda bisa pinjam jika Anda memang senang jualan.

Jualan itu memanfaatkan kahlian untuk diri sendiri, karyawan itu menjual keahlian untuk perusahaan. Sumber uang adalah dari jualan, Ujung tombak perusahaan apapun adalah dari segi penjualan produk barang yang mereka hasilkan.

Saya pribadi merasakan bahwa jualan dapat melipatgandakan penghasilan dibanding sebagai karyawan. Kalau ingin banyak uang, ya jualan.

Misal Anda memiliki pabrik besar, tapi Anda tidak bisa jualan, tutup tuh pabrik !. Tapi, Anda jago jualan, tapi Anda belum mampu produksi barang pabrik sendiri, Anda masih bisa jualin produk orang lain. so, you must selling.

Jago bisnis pasti juga jago dalam penjualan juga, ujung tombak dari sebuah perusahaan adalah para marketing dan sales. Oprasional hanya sebagai fasilitator dan penyedia keperluan rumah tangga perusahaan. Jika marketing adalah bapak, maka oprasional adalah seorang ibu. Dalam keluarga, ujung tombak mencari uang adalah seorang bapak.

Bisnis akan sukses jika Anda mahir dalam hal penjualan, atau paling tidak Anda merekrut sumberdaya yang mahir di bidang menjual.

Baca : Bisnis Jualan pakaian di Desa

Jika Ingin cepat kaya dan banyak uang maka mulailah Jualan !