Branding Banyumas, Better Atau SATRIA ?

Branding Banyumas, Better Atau SATRIA ? – Baik, banyak masyarakat khususnya Masyarakat Banyumas bingung dengan  slogan ‘Banyumas SATRIA’ dan Branding ‘Better Banyumas’. Saya sebagai masyarakat Banyumas akan mencoba menguraikan , Better Banyumas atau Banyumas Satria sih?

Saya bisa pastikan bahwa : 

Slogan “Better Banyumas” itu bukan untuk menggantikan motto Banyumas SATRIA (Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, dan Aman) yang selama ini telah menjiwai warga Banyumas.

Ceritane kaya kie Sedulur :

Pertengahan April lalu Pemerintah Kab. Banyumas meluncurkan city brand “Better Banyumas” bertepatan dengan Hari Jadi Banyumas ke-433. Peluncuran city brand itu ditandai dengan logo dan tagline baru “better” yang tentu saja bermakna “lebih baik”.

“ Better Banyumas” memiliki arti yang sebenarnya, sesuai dengan bahasa Inggris yaitu lebih baik. Tujuanya apa kawan? Tujuanya adalah untuk membangun sebuah brand yang bernilai jual, sebuah upaya atau strategi dalam membangun citra wilayah.

Slogan city brand ‘Better Banyumas” jelas bertujuan untuk mendingkrak branding banyumas salah satu sasaranya adalah ekonomi kreatif di Banyumas.

Mari kita coba telisik makna di balik Logo dan Tagline ‘Better Banyumas”

Peluncuran logo dan tagline ‘Better Banyumas’ dibarengi dengan penerbitan logo dan buku panduan (brandbook). Anda bisa mengunduhnya di di http://betterbanyumas.com. Dalam buku panduan itu dijelaskan makna logo dan tagline baru.

Branding Banyumas, Better Atau SATRIA ?

Namun, saya tahu Anda tidak mau repot-repot , chyrun.com akan coba menjelaskan. Tentunya sesuai dengan buku panduan dan logo “better Banyumas” yang di rillis pemerintah daerah.

Logo yang seperti huruf “B” adalah ikonisasi dari kepala Bawor. Dalam ikon huruf “B” tersebut juga terkandung ikon implisit yakni sungai, kuncir Bawor dan angka tiga. Semuanya punya makna yang melambangkan kebanyumasan.

Jika ingin kepo kenapa ikonisasi Banyumas adalah Bawor, Silahkan dibaca : Ikon Bawor Banyumasan. Mari kita lanjutkan. Makna “better” adalah pengharapan agar Banyumas menjadi lebih baik. Juga dapat bermakna penawaran kepada orang luar (wisatawan, investor dan pihak lain) bahwa lebih baik Anda berkunjung dan berinfestasi di Banyumas.

Sebagai representasi laku hidup “wong/orang” Banyumas yang sederhana, cerminan harmoni antara manusia, kosmos, dan realitas. Sedangkan aliran air Sungai Serayu, bisa dimaknai sebagai sumber kehidupan Banyumas sekaligus simbol yang mensucikan atau mengembalikan diri Banyumas pada kesejatian Alam.

“Unsur-unsur filosofi tersebut diwujudkan dalam logo yang mirip huruf B dan jika diperhatikan secara saksama menyerupai kepala Bawor dengan kuncirnya. Logo berwarna biru pekat yang merujuk pada persahabatan, sedangkan warna kuning pada kuncir yang berada di atas logo mengandung makna energi sosial, kehangatan, optimisme, imajinasi, harapan, dan keintiman jika digabung dengan warna biru.

logo “Better Banyumas” disusun dari beberapa unsur yang memuat filosofi kekhasan Banyumas, yakni sosok Bawor yang menggambarkan kelugasan, “cablaka” (apa adanya), dan jujur.

Bagaimana Dengan Banyumas Satria 

“Motto Banyumas SATRIA tidak bisa dipasarkan sebagai bentuk komersialisasi yang ‘menjual’, dan menurut hemat saya hanya sebagai identitas kita sebagai Banyumas. Banyumas  SATRIA  sudah menjadi roh warga Banyumas yang bersifat satria, ‘cablaka’. Jika ingin tahu makna SATRIA, bisa di baca artikel kami sebelumnya berjudul  Arti Banyumas Satria.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !