Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Sapi

Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Sapi – Musim penghujan akan datang sebentar lagi, jika mengikuti musim normal maka di prediksi musim hujan akan jatuh pada bulan November. Lalu apa hubunganya dengan budidaya rumput gajah?

Rumput gajah membutuhkan waktu 60 hari agar bisa di panen dan dijadikan pakan ternak sapi. Waktu sekitar dua bulan tersebut akan efektif jika rumput gajah cukup dalam air dan nutrisi. Oleh karena itu jika musim hujan di mulai bulan November maka lebih baik penanaman rumput gajah juga dilakukan di bulan yang sama.

Jika anda memiliki lahan yang kurang produktif, rumput gajah bisa dijadikan alternatif agar lahan yang tidak produktif tersebut menjadi produktif. Berikut akan diuraikan budidaya rumput gajah untuk budidaya.

Baca Juga Artikel Terkait : Pakan Penggemukan Sapi Dari Fermentasi Jerami

Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Sapi

 Apa Itu Rumput Gajah ?

Sebelum kita mulai membudidayakan rumput gajah, alangkah baiknya kita kenal terlebih dahulu apa itu rumput gajah itu. Menurut wikipedia, Rumput Gajah (pennisetum purpureum) adalah rumput berukuran besar dan mengandung nutrisi tinggi, biasanya dipakai sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing atau gajah. Ketahanan rumput gajah dari cuaca panas adalah kelebihan yang jarang di dapat dari tanaman sejenis lain.

Sebenarnya ada beberapa jenis rumput gajah, namun secara umum kita dapat melihat morfologi rumput gajah sebagai berikut : Rumput gajah tumbuh tegak lurus, tinggi tanaman dapat mencapai 7 meter, berbatang tebal dan keras, daun panjang, dan berbunga seperti es lilin.

Kandungan gizi rumput gajah terdiri dari 19,9% bahan kering; 10,2 % protein kasar; 1,6% lemak; 34%,2 serat kasar; 11,7% abu. Kandungan ini akan sangat dibutuhkan oleh ternak ruminansia seperti sapi atau kerbau.

Baca Panduan Lengkap Budidaya Cabai Merah (Lombok Abang)

Syarat Lahan Yang Akan Ditumbuhi Rumput Gajah

Rumput Gajah membutuhkan Sinar matahari penuh atau minimal 40%. Rumput ini dapat tumbuh di daerah dengan miskin nutrisi. Tidak ada kriteria lahan yang khusus, karena tanaman rumput gajah saya sebut tanaman bandel. Hehe

Lalu Bagaimana Cara Penanamannya :

(Pertama) Pembersihan lahan

(Kedua) Pengolahan tanah dilakukan pada akhir musim kemarau sehingga penanaman dapat kita dilakukan pada awal musim hujan.

(Ketiga) Pembuatan lubang-lubang tanaman. Jarak yang digunakan 60 x 100 cm, atau bisa disesuaikan. Namun jika ingin hasil maksimal maka saya sarankan menggunakan jarak tanam tersebut.

(Ketiga) Jika menggunakan asumsi jarak tanam di atas, maka membutuhkan sekitar  17.000 bahan stek untuk lahan seluas 1 hektar.

Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Sapi

Cara Pemupukan Pemupukan

  1. Pemupukan di lakukan dua kali dalam setahun. Yaitu pada saat pengolahan lahan dan setelah 6 bulan. Biasanya rumput gajah akan di panen setiap 40-50 hari setelah tanam. Pupuk yang digunakan adalah jenis pupuk P dan K dengan takaran masing-masing 200 kg DS dan 200 kg ZK per hektar.
  2. Pupuk N diberikan 200 kg ZA/ha/tahun setiap kali setelah 2 – 4 kali pemotongan.
  3. Dapat juga digunakan pupuk kandang sebanyak 400 kw/ha/tahun yang diberikan pada waktu pengolahan tanah dan setelah pemotongan. Pemungutan Hasil (pemotongan) :

Cara Pemotongan Rumput Gajah

Pada pemotongan batang rumput gajah sebaiknya ditinggalkan 10-15 cm dari permukaan tanah. Pemotongan batang tanaman yang terlalu pendek akan menyebabkan lambatnya pertumbuhan kembali, namun jika batang yang ditinggalkan terlalu panjang maka tunas batang saja yang akan berkembang sedangkan jumlah anakan akan berkurang.

Gambar Rumput Gajah Segar

Rumput Gajah Segar

Setelah pemanenan atau pemotongan maka lakukan Peremajaan

Proses peremajaan dilakukan jika tanaman sudah berumur 3 – 4 tahun dan di tandai dengan tanaman sudah tidak cepat tumbuh.

Cara Pola Tanam Rumput Gajah

  • Monokultur, artinya pada lahan hanya ditanami rumput gajah saja.
  • Tanaman sela , bisa ditanam sebagai tanaman sela dan dikombinasikan dengan hijauan pakan lain.

Cara Pemanenan Rumput Gajah

  1. Pada penanaman pertama kali rumput gajah dapat dipanen pada umur 60 hari.
  2. Cirri-ciri rumput sudah dapat dipanen adalah panjang antar ruas minimal 15 cm.
  3. Umur panen pada musim penghujan 40 hari. Umur panen pada musim kemarau 50 hari.
  4. Jika ingin panen normal di musim kemarau maka lakukan pengarian.
  5. Gunakan sabit yang tajam untuk memotong rumput.
  6. Jumlah anakan dalam satu rumpun setelah pemanenan 2 dan seterusnya minimal 40 batang dengan potensi produksi bisa mencapai 15 kg per rumpun pada kondisi nutrisi hara yang baik.

Cara Pengairan Dan Pemeliharaan

  1. Pada musim kemarau rumput ini memerlukan pengairan minimal 15 hari sekali untuk pertumbuhan yang optimal.
  2. Lakukan pembumbunan atau meninggikan guludan dengan tanah, sekaligus melakukan penyiangan dari rumput-rumput lain (gulma) yang tidak dikehendaki.

Penanggulangan Hama

Tikus dan serangga adalah pemakan rumput gajah, jika dekat dengan pemukiman warga ayam doyan memakan tunas rumput gajah yang masih muda. Perlu dibuat pagar jika penanaman rumput ini disekitar pemukiman.

Semoga Artikel ini bermanfaat
Baca Juga Artikel Terkait : Pakan Alternatif  Kambing Dari Amoniasi Jerami Padi

3 thoughts on “Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Sapi

  1. Randa Kristoni

    Rumput gajah sangat penting sekali bagi sapi. Dengan memahami cara menanam rumput gajah yang baik di chyrun.com kita bisa menambah wawasan dunia peternakan kita.

    Saya sangat menyarankan peternak kita untuk menambah wawasannya dengan membaca materi di situs yang berkualitas seperti chyrun.com dan faterna.com

    Semoga dengan membaca di dua situs di atas dunia peternakan Indonesia dapat berkambang dan maju.

    Semoga Sukses

    Reply
    1. Tohir

      Terimakasih mas randa kristoni…semoga dengan semakin majunya Ilmu pengetahuan terkait pakan hijau dan semakin pedulinya pemerintah pada peternakan akan semakin memajukan peternakan sapi di Indonesia..

      Reply
  2. Pingback: Pematokan Daging Sapi Di Bawah 80 Ribu, Kebijakan "PELAYARAN HONGI" Bagi Peternak Sapi - Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !