Candi Borobudur, Keajaiban Sejarah Indonesia yang mendunia

Candi Borobudur – Mungkin istilah candi tidak asing lagi di telinga banyak orang  yang ada di indonesia maupun di mancanegara . Salah satu candi  yang terdapat di indonesia adalah Candi Borobudur.

Candi borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia dan merupakan monumen bersejarah.Tidak  diketahui pasti tentang waktu penembangunan candi borobudur diperkirakan jenis aksara yang ditulis dikaki tertutup karmawibhangga dengan jenis aksara yang  digunakan pada abad ke-8 dan 9 . Diperkirakan Candi borobudur juga termasuk  peninggalan dinasti syailendra.Dinasti syailendra merupakan dinasti terbesar di nusantara yang bercorak buddha mahayana,dinasti ini berkuasa  sejak tahun 752 di mataram kuno.Raja yang memerintah pada saat pembuatan  candi borobudur adalah Raja samaratunggakala tidak diketahui apakah raja yang dijawa pada saat  itu beragama hindu atau buddha ,dinasti syailendra diketahui bahwa dinasti ini merupakan aliran budha mahayana ,akan tetapi ditemukannya prasasti sojamerto menunjukan bahwa mereka mungkin beragama buddha mereka juga sudah beragama  hindu siwa.

Sekitar 824 masehi Raja samaratungga melakukan pembangunan ,namun sebelum pembangunan candi borobudur selesai Raja samaratungga meninggal dunia . Diperkirakan pembangunan candi borobudur memakan waktu hampir setengah abad dan pembangunan candi borobudur berakhir pada abad ke-8 . Raja samaratungga kemudian di gantikan oleh anaknya yaitu balaputradewa dan kemudian pramodhawardani mengalahkan balaputra dewa dalam perang saudara .balaputradewa kemudian melarikan diri ke sriwijaya dan menjadi raja di sana .

Seiring melemahnya pengaruh kerajaan hindu buddha di jawa dan mulai masuknya pengaruh islam .sehingga candi borobudur mulai di tinggalkan ,dan pada saat itu terdapat gunung berapi yang meletus disekitar candi karena candi borobudur dikeliling banyak gunung  di antaranya gunung  merbabu(sebelah selatan),gunung merapi(sebelah barat laut),gunung sumbing (sebelah selatan),gunung sindoro(sebelah utara),sehingga candi borobudur tertimbun  abu vulkanik dan bercampur dengan tanah sehingga candi borobudur hilang  .pada saat itu juga candi borobudur mulai terkubur dan  membentuk sebuah bukit tetapi tidak hanya pembuktian tersebut candi borobudur di tinggalkan karena banyak migrasi dari agama buddha  di sekitar candi borobudur dikarenakan keruntuhan dinasti syailendra agama budha terhimpit oleh orang orang hindu yang secara umum memang lebih banyak dari orang orang penganut agama buddha .

Pada tahun 1814 ditemukannya kembali bangunan candi borobudur oleh Sir thomas stamford raffles yang pada saat itu menjabad  menjadi gubernur jendral inggris atas jawa dan pada saat itu dimulainya upaya penyelamatan dan pemugaran candi.Pada tahun 1975 -1928 upaya pemerintahan indonesia dan UNESCO melakukan proyek kemugaran terbesar di bandingkan pada tahun sebelumnya,sehingga pada itu monumen bersejarah ini menjadi situs warisan dunia .

Pembanguna candi borobudur sangat unik karena pada abad ke-7 diperkirakan masyarakat indonesia belum mengenal perhitungan arsiktektur yang tinggi,tetapi candi borobudur di bangun dengan menggunakan arsitektur yang canggih,hingga saat ini belum ada yang dapat menjelaskan tentang persoalan tersebut.

Lalu Begini Selanjutnya,,masuk pada inti dan pembahasan tentang Borobudur

Penemuan candi borobudur mendorong pemerintahan indonesia(hindi belanda pada saat itu)untuk menjaga kelestarian monumen bersejarah ini .pada 1900,pemerintah membentuk komisi untuk meneliti monumen ini mereka diantaranya ,Brandes(sejarawan seni)Theodoor van Erp(insinyur tentara belanda)dan Van de kamer(ahli kontruksi banguna dari departemen pekerja umum).pada tahun 1902,mereka mengajukan proposal kepada pemerintah untuk langkah perencana pelestarian borobudur.

Rencana pelestraian tersebut harus dilakukan karena pertama,bahaya tentang bangunan yang harus di atasi dengan mengatur kembali sudut sudut bangunan dan memindahkan batu yang membahayakan batu lain ini dilakukan untuk memperkuat pagar langkah pertama,relug,gerbang ,dan berbagai stupa .Kedua,memelihara dan memperbaikai drainase dengan memperbaiki lantai dan pancuran.Ketiga, batuan yang longgar dan bahkan lepas harus segera di perbaiki ,candi di bersihkan ,batu yang rusk dipindahkan dan stupa utama di pugar.Di perkirakan  total biaya yang harus diperlukan sekitar 48.800 Gulden.

 Pemugaran  ini dilakukan pada tahun 1907 sampai 1911,pemugaran yang dipimpin oleh Theodoor Van Erp ini menggunakan prinsip anastilosis .tujuh bulan dihabiskan untuk menggali tanah untuk menemukan kepala buddha dan panel batu yang hilang.ia membongkar dan membangun kembali tiga teras melingkar dan stupa utama yang ada dibagian puncak. dalam proses tersebut Van Erp menemukan banyak hal yang harus di perbaiki  Van mengajukan proposal dan menerima anggaran tambahan 34.600 gulden.ia mrelakukan kontruksi dan dengan lebih teliti dan iapun meneliti chttra(payung batu susun tiga ) yang menjadi mahkota puncak borobudur.Sesudah rekontruksi tersebut borobudur dilihat telah pulih seperti pada masa kejayaannya,tetapi rekontruksi chattra hanya menggunakan sedikit batu asli dan yang lainnya hanya imitasi saja .chettre dianggap tidak dapat dipastikan keasliannya ,Van Erp membongkar kembali cattra, kini cattra kemucan borobudur (cattra) susun tiga tersimpan di musium karmawibhangga borobudur.Van Erp tidak memecahkan masalah drainase dan tata air ,dan hanya membersihakan patung dan batu karena anggaran yang terbatas.Van Erp menggunakan beton yang menyebabkan terbentuknya kristal garam alkali dan kalsium hidroksida ,dan mengakibatkan pada kurun waktu 15 tahun dinding galeri miring dan relif menunjukan retakan dan kerusakan.Sehingga pemugaran kecil kecilan dilakukan pada saat  kejadian tersebut. Tetapi tidak memberikan perlindungan yang utuh.sehingga pada akhir tahun 1960,indonesia mengajukan permintaan kepada PBB untuk melakukan pemugaran besar besaran .pada  tahun 1973 ,rencana induk untuk memulihkan borobudur di buat.pemerintahan indonesia dan UNESCO mengambil langkah untuk perbaikan menyeluruh pada t ahun 1975 dan 1982 .pemugaran dilakukan untuk membongkar  seluruh lima teras bujur sangkar dan memperbaiki drainase yang dilakukan dengan menanam saluran air ke monumen.proek ini melibatkan 600 orang dan menghabiskan biaya 6.901.243 dollar AS.sehingga pada saat itu candi borobudur diakui sebagai situs warisan dunia.

Bangunan candi borobudur memiliki tinggi sekitar 34,5 meter dengan luas 123×123 meter.candi borobudur memiliki arsitektur dasar yaitu punden berundak,arsitektur punden berundak dihasilkan dari arsitektur pada zaman prasejarah ,dan arsitektur dengan 6 pelataran yang berbentuk bujur sangkar .3 pelataran berbentuk bundar yang melingkari stupa utama .10 pelataran borobudur melambangkan filsafat mazhab mahayana ,pelataran tersebut juga menggambarkan 10 tingkatan bodhisattva yang harus dilalui  orang orang buddha untuk mencapai kesempurnaan hidup , bagian kaki candi borobudur yaitu menggambarkan kamadhatu,yaitu digambarkan dengan karma(sengsara) ,sengsara disebebabkan oleh hati yang tidak ikhlas ,hati yang tidak ikhlas menjadikan hawa nafsu.

Hawa nafsu tersebut dapat dihilangkan dengan cara astamarga atau astavidhya(yaitu 8 jalan kebaikan),delapan jalan kebaikan diantaranya:

  1. Pandangan (pengetahun) yang benar,maksudnya pandangan kita jika masih di dunia harus digunakan untuk hal yang bermanfaat.
  2. Niat (sikap dan minat),artinya niat kita di dunia ketika masih hidup untuk keperluan apa saja, hal ini digu harus digunakan untuk keperluan beribadah.
  3. Perkataan yang benar,lisan yang kita punyai harus dapat di jaga karena perkataan yang menyinggung orang lain dapat dengan mudah membuat kita menjadi sengsara karena dihantui oleh kemarahan orang yang kita hina.
  4. Perbuatan(tingkah laku), kita harus menjaga perbuatan kita selama di dunia, belum tentu kita dapat hidup selama yang kita inginkan mungkin besok ,bahkan detik ini kita akan meninggalkan duni yang semakin kita cintai.
  5. Penghidupan (mata pencaharian),kita harus memilah apa perkerjaan yang cocok untuk kita sehingga kita tidak merasa bosan karena bosan merupakan penderitaan.
  6. Usaha( daya upaya) ,keinginan dapat dengan mudah kita peroleh jika kita mau dan berniat untuk mencapainya karena keinginan jika ingin tercapai perlu usaha.
  7. Perhatian(renungan ),kita seharusnya dapat merenungkan tentang apa yang kita lakukan dan perbuat selama ada di dunia ini.
  8. Samadi (memusatkan pikiran),yaitu tujuan paling akhir yang dapat dilakukan pada saat kita masi hidup didunia untuk menuju ke nirwana.

Stupa kecil berbentuk hampir sama dengan yang lainya stupa kecil ini berfungsi sebagai hiasan.jumlah stupa kecil hampir 1472 buah.

Di setiap tingkatan relif hampir memenuhi dinding candi,membaca relif ini dengan sesuai arah jarum jam yang sering di sebut mapradaksina yang dalam bahasa jawa kuno yang berasal dari bahasa sansekerta daksina yang berarti timur.relif yang ada di candi borobudur bermacam macam diantaranya:

  1. Lalitawisata,yaitu kisah penggambaran riwayat sang buddha dalam deretan relif tersebut.(relif ini bukan merupakan riwayat yang lengkap) kisah ini dimulai pada saat penggambaran turunnya sang buddha dari sorga tusira ,dan berkhir dengan wejangan pertama di taman rusadekat kota banaras.relif ini dekat dengan tangga pada sisi sebelah selatan.relief ini juga menggambarkan lahirnya sang buddha di arcapada ini sebagai pangeran sidarta ,putra raja suddhodana dan permaisuri maya dari negara kapilawasu,relif ini berjumlah 120 pigura yang berakhir dengan wejangan pertama yang secara simbolis dinyatakan sebagai pemutar roda darma.yang dapat diartikan sebagai hukum.sedangkan darma digambarkan sebagai roda.
  2. Jataka dan awadana ,isinya merupakan pokok penonjolanperbuatan baik yang membedakan sang boddhisatva dari makhluk lain manapun juga .
  3. Gandawahyuha ,ini merupakan relip menghiasi dinding lorong ke dua ini ,yang menceritakna sudhana yang berkelana tanpa mengenal lelah dalam usaha mencari pengetahuan tertinggi tentang kebenaran sejati.penggambaran dalam 460 pigura didasarkan pada kitab suci buddha mahayana .
  4. Arca buddha,patung buddha dalam relung di tingkat rupadhatu ,yang diatu berdasarkan barisan di sisi luar pagar langkan ke empat 72 relug dan baris kelima gardug,jumlah totol arca buddha 432di tingkat rupadhatu.

Pembacaan dapat kita ketahui pada akhiran pintu gerbang sisi timur di setiap tingkatannya,mulai dari sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbang maka secara nyatasebelah timur adalah tangga naik yang sesungguhnya (utama).dan menunjuk puncak candi.maka berarti candi menghadap ketimurmeskipun sisi yang lain hampir serupa.

berbeda dengan candi candi yang dibangun diatas tanah,borobudur dibangun diatas bukit,candi ini terletak di desa borobudur ,mungkid,magelang atau sekitar 40km dari barat daya daya kota yogyakarta dengan ketinggian 265m dari permukaan laut dan 15m diatas dasar danau purba yang telah mengering .pada abad ke-20 danau purba menjadi perdebatan dikalangan arkeolog,ada yang menyatakan bahwa candi borobudur dibangun ditepi atau di atas danau purba.dalamteori yang menyatakan bahwa candi borobudur dibangun di tengah danau purba,W.O.J.Hieuwenkamp adalah pelopor dariteori tersebut.

Hieuwenkamp menyatakan bahwa dahulukala dataran kedu adalah sebuah danau,bentuk bunga teratai dapat dijumpai pada inkonografi seni bangunan buddha dan bunga teratai seringkali digenggam oleh Boddhisatwa yaitu sebagai laksana (lambang  regalia)yaitu alas duduk singgasana buddha atau sebagai lapik stupa,candi borobudur dibangun di atas danau dapat di buktikan dengan arsitektur borobudur yang menyerupai bungai teratai yang dilambangkan dengan sutra teratai yang banyak ditemukan di naskah buddha mahayana ,ini dapat dibuktikan bahwa candi borobudur merupakan candi aliran budha mahayana (aliran ini mulai menyebar ke asia timur).tidak hanya Hieuwenkamp yang mendukung hal itu Niuwenkamp juga menunjukan bukti pada tahun 2000 , adanya endapan sedimen lumpur didekat situs bersejarah ini sedimen dan analisis sampel serbuk sari .yang memperkuat candi borobudur di bangun di atas danau purba ialah naik turunnya danau dan berubah ubahnya dari waktu kewaktu  ,dasar bukit candi borobudur terendam air dan tepian danau pada abad ke-13dan 14,aktivitas vulkanik juga mengubah bentang alam dan topografi lingkungan borobudur termasuk danaunya.

Tidak hanya stupa dan relif candi borobudur memiliki fungsi yaitu JAM MATAHARI yang dijelaska pada penggambaran jarum jamnya berupa bayangan stupa yang paling besar yang terletak di puncak candi dan jatuh tepat pada stupa yang terletak dilantai bawah.jam ini berguna untuk menunjukan kapan masa bercocok tanam dan masa panen.Candi borobudur juga memiliki 72 stupa yang berbentuk lonceng yang memiliki berbagai fungsi,stupa terbesar terletak dipuncak candi dan yang lainnya mengelilingi stupa tersebut hingga ke bawah.

Banyak teori yang menjelaskan tentang nama sebenarnya candi borobudur tetapi belum diketahui pasti tentang nama candi borobudu.

Salah satu kata yang menjelaskan adalah adanya nama yang berasal dari kata sambharabhudha ,yang berarti “gunung” (bhudara)yang dimana lereng lereng terletak diteras. Ada juga yang mengatakan bahwa kata borobudur dihasilkan oleh kata buddha yang berubah menjadi kata borobudur .yang dapat dijelaskan dari dua suku kata yaiti “bara”dan “beduhu”,kata bara diartikan sebagai kata vihara ,sementara ada yang mengatakan pula bahwa arti “bara” dari bahasa sansekerta yang berarti kompleks dan kata “beduhu”dapat diartikan  sebagai kata”tinggi” atau dalam bahasa bali kata yang ada “diatas”.jadi maksud dari kata tersebut biara(asrama)yang ada di tanah tinggi.

Dan sebagai kesimpulanya adalah sebagai berikut… 

Candi  borobudur dibuat sebagai penghormatan dan memuliakan buddha sekaligu sebagai tempat berziarah bagi umat manusia untuk menghilangkan hawa nafsu dan kesengsaraan yang ada di dalam diri manusia pada dunia ini,untuk menuju pencerahan dan kebijaksanaan sehingga kita dapat masuk kenirwana.

Banyak orang yang beranggapan bahwa candi borobudur hanya dimanfaatkan sebagai tempat wisata saja ,tetapi candi ini juga berfungsi sebagai tempat ibadah walau pun candi borobudur tidak memiliki tempat pemujaan bagi para dewa .kita seharusnya dapat melestarikan bangunan bersejarah ini meskipun candi ini tidak terlalu dirawat dengan baik dan banyak patung kepala arca buddha yang dicuri tapi seharusnya kita dapat menghormati dan melestarikan bangunan tersebut dan mungkin indonesia penuh dengan berbagai tempat warisan bersejarah yang belum tentu benar tentang asal usulnya ,tetapi kita harus percaya siapakah yang membuatnya ,dan pada tahun berapa pembuatannya kita harus yakin bahwa ini merupakan penemua  yang ada di indonesia.kita dapat bangga akan tempat bersejarah ini ,karena candi ini sudah termasuk situs warisan dunia yang telah di akui oleh UNESCO.candi borobudur merupakan karya seni rupa buddha yang ada di indonesia.dan merupakan teknik arsitektur dan seni rupa buddha yang telah bercampur dengan budaya jawa.

Pada dasarnya candi dibuat dengan menggunakan batu batu yang menyusun hampir sama pada setiap bongkahan yang digunakan untuk membuat candi,diperkirakan bahwa batu batuan  yang dihasilkan dari gunung merapi.

Secara sepintas mungkin arca yang ada di candi borobudur terlihat hampir serupa namun terdapat perbedaan yang diantaranya pada arca murda atau posisi sikap tangan .mungkin banyak orang yang tidak banyak mengngetahui tahap 5 golongan murda .pada dasarnya kita harus tau tentang hal tersebut, golongan murda terdiri dari

  1. Murda utara
  2. Murda timur
  3. Murda selatan
  4. Murda barat
  5. Dan murda tengah

Arah murda ini berdasarkan arah utara kompas menurut ajaran buddha mahayana

Category: Budaya

About Bayu Widyasmara

Manusia adalah sisa-sisa keikhlasan yang diikhlaskan Manusia tidak lebih daripada aktor manja yang tidak mau menghafal dan memahami tajamnya kehidupan.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !