Anak Muda, Cinta

Cara Bijak Memutuskan Pacar

Cara Bijak Memutuskan Pacar – Setelah sekian lama menjalin hubungan, ternyata ada ketidak cocokan kepada pasangan. Entah karena faktor orang ketiga, faktor sifat, hingga restu orang tua, ataupun berbagai sebab lainnya. Ketika akan memutuskan hubungan, kamu pasti dalam tahap kebimbangan. Kamu akan merasa takut jika keputusanmu akan menyakiti hati pasangan dan akhirnya rusaklah hubungan.

Putus Cinta
Putus Cinta

Tapi ragu-ragu dan banyak pertimbangan justru akan semakin memperburuk kedaan, segeralah bertindak, bersikap dewasalah dengan mengatakan secara terus terang. Meskipun akan menyakitkan, toh emutusakan hubungan bukanlah sebuah kejahatan, selama alasannya logis dan memang tak bisa dimaklumi lagi. Jadi kamu tak perlu mengulur-ulur waktu.

Berikut cara yang bijak dan dewasa ketika kamu akan memutuskan pacar :

1. Sekarang Waktunya, Jangan Berlama-lama

Tak perlu lagi kau menunggu besok, lusa, minggu depan, justru itu akan memperparah keadaan. Menunda-nunda memutuskan justru membuatmu yang terlihat aneh dimata dia. Gerak-gerikmu cepat atau lambat akan diketahui, dan seolah-olah memang kamu yang melakukan kesalahan.

2. Jangan pernah menggantung statusnya

Karena tak lagi cocok kamu lalu menghilang begitu saja, tanpa kabar dan tak ada kejelasan. Itu bukanlah cara seorang dewasa bersikap. Selesaikan masalah dengan segera. Memang terlihat sadis dan kejam, tapi ini adalah cara yang paling bijak utuk dijalankan.

Baca juga : Ciri Pacar Kekanak-kanakan

3. Jangan mengungkit-ungkit kesalahan

Kalaupun pacarmu punya banyak kesalahan, jangan terlalu menjelek-jelekan. Hindari drama, hindari kondisi seolah-olah dia adalah orang yang paling salah dan kamulah yang selama ini paling benar. Kamu hanya perlu memutuskan dan semua kesalahannya harus kamu maafkan.

4. Kamu tak perlu membuat-buat alasan

Tak perlu kamu memcari-cari alasan agar si dia dapat memahami dan mengerti, dengan alasan apapun putus adalah sebuah hal yang menyakitkan hati. Jika memang sudah tak cocok katakan saja. Jangan beralasan tak direstui orang tua, ingin fokus sekolah, terlalu baik, itu adalah cara usang yang sangat kekanak-kanakan.

5. Bertemu langsung, jangan lewat media

Jika kamu tak ingin disebut bocah, katakanlah secara langsung dihadapan dia, secara tatap muka. Jangan memutuskan lewat sms, chat, apalagi media sosial.

6. Jangan plin-plan, jangan mudah berubah pikiran

Banyak orang yang sudah memutuskan putus namun selang berapa waktu mereka akan jadian kembali. Mereka tidak ingat dengan kejadian menyakitkan yang dulu dialami.
Pesona mantan memang sangat manawan, tapi jangan jangan mudah tergoda. Tetaplah konsisten dengan jalan yang sudah dipilih.

7. Buang semua barang kenangan

Cara kamu untuk cepat move on salah satunya adalah dengan membuang semua barang pemberian mantan. Kamu harus benar-benar memulai lembaran baru, lembaran yang putih dan bersih. Termasuk barang-barang pemberian mantan yang pasti akan menjadi kenangan.

8. Lapanglah memaafkan, jangan pernah simpan dendam

Jika alasanmu memutuskan karena dia membuat kesalahan, selingkuh atau berbohong misalnya. Jangan simpan itu dalam hati, itu akan membuatmu lebih sakit hati, dan yang pasti hanya akan merugikan diri sendiri.Ikhlaskan saja dan fokuslah untuk move on. Memperbaiki diri sambil mencari pacar yang lebih baik.

Baca juga : Penyebab diputuskan pacar

9. Jaga jarak, dia sekarang orang lain

Memang terasa agak aneh jika baru putus hubungan. Orang yang biasanya intens menayakan kabar dan mengingatkan makan, serta menjadi tempat curhatan, kini harus dilupakan. Memang seharusnya begitu, kamu harus melupakan.

Lawanlah rasa penasaran kepada mantan, hindari melihat-lihat media sosialnya. Balas chatingnya hanya seperlunya saja. Jangan pernah pedulikan jika dia mengajak ketemuan. Perlakukan dia layaknya orang lain, bila perlu anggaplah dia orang asing.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !