Wawancara kerja dengan telepon ?Kumpulan tips sukses wawancara kerja

Cara dan Syarat Ganti Nama Diri

Cara dan Syarat Ganti Nama Diri – Founding Father kita dulunya memiliki nama asli Koesno , namun karena alsan kesehatan, Soekemi, sang ayah, mengganti nama putranya itu menjadi Soekarno. Lalu di zaman yang modern ini apakah bisa mengganti nama? Jawabannya bisa. Menurut Pasal 52 Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, seorang boleh mengganti nama diri mereka melalui penetapan pengadilan negeri setempat dengan syarat dan alasan tertentu. Jika anda ingin mengganti nama atau menggantikan nama anak anda yang sudah tecatat di dinas kependudukan dan catatan sipil setempat, berikut syarat dan prosedurnya :

Cara dan Syarat Ganti Nama Diri

Syarat perubahan nama :

A. Anak Belum Dewasa

  1. Surat permohonan sidang
  2. FC KTP orang tua sebagai pemohon, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  3. FC surat nikah, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  4. FC kartu keluarga,  ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  5. FC akte kelahiran anak, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  6. FC KTP 2 (dua) orang saksi tanpa materai

B.     Anak Sudah Dewasa ( 21 tahun ke atas atau sudah nikah / kawin )

  1. Surat permohonan sidang
  2. FC KTP pemohon, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  3. FC surat nikah orang tua, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  4. FC kartu keluarga, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  5. FC akte kelahiran pemohon, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  6. FC KTP 2 (dua) orang saksi tanpa materai

   Cara/Prosedur perubahan nama :

  1. Siapkan niat yang kuat dan bulat
  2. Siapkan biaya sidang
  3. Dengan membawa syarat-syarat perubahan nama (kecuali surat permohonan sidang), datanglah ke Pengadilan Negeri dimana anda tinggal dan masuklah pada Bagian Perdata.
  4. Utarakan kepada petugas tujuan anda yaitu untuk ganti nama, di situ anda akan ditanya mengenai alasan pergantian nama tersebut. (Buatlah alasan yang kuat dan logis).
  5. Setelah itu, anda akan dibuatkan surat permohonan sidang oleh petugas yang didalamnya memuat semua identitas anda dan alasan perubahan nama tersebut.
  6. Setelah itu anda akan dikenai biaya administrasi. Biaya administrasi ini bisa langsung anda bayarkan kepada petugas atau anda mentransfer melalui bank, ini tergantung kebijakan Pengadilan Negeri tersebut.
  7. Setelah membayar/mentransfer, sertakan bukti / slip pembayaran anda pada syarat-syarat yang sudah ada.
  8. Setelah syarat lengkap, petugas akan mendaftakan permohonan pergantian nama anda. Lalu anda tinggal menunggu jadwal sidang.
  9. Proses persidangan
  • Proses persidangan biasanya adalah selang satu minggu setelah berkas anda didaftarkan. Dalam proses persidangan ini, anda harus mengikutkan saksi yang sudah anda tunjuk. Pastikan 2 (dua) orang saksi tersebut mengetahui dengan jelas alasan pergantian nama tersebut dan pastikan juga 2 (dua) orang saksi tersebut mengetahui segala identitas si orang yang akan diubah namanya.Proses persidangan menggunakan hakim tunggal dan yang akan banyak berperan terhadap terkabul atau tidaknya permohonan anda adalah saksi-saksi tersebut, jadi sekali lagi pastikan saksi-saksi mengetahui dengan jelas alasan perubahan nama tersebut.
  • Persidangan  bisa satu kali bisa juga dua kali sidang. Bila dua kali sidang, agenda sidang pertama adalah mendengarkan kesaksian saksi, sedangkan agenda sidang kedua adalah pembacaan putusan oleh hakim. Dalam sidang kedua ini, tidak menggunakan saksi, jadi saksi tidak harus mengikuti sidang kedua ini.

10. Pasca putusan permohonan

  • Bila permohonan diterima, anda akan menerima salinan putusan pengadilan. Salinan putusan pengadilan ini yang digunakan sebagai dasar anda dalam perubahan KTP, akta kelahiran, katu keluarga, ijazah, SIM, kartu pelajar/mahasiswa, dan identitas-identitas yang lain.
  • Bila permohonan ditolak, maka berkas anda akan dikembalikan. Namun jika anda bersikeras ingin tetap ada perubahan nama, anda masih bisa mengajukan permohonan pergantian nama kembali, tentunya harus dimulai dari awal seperti saat pertama mendaftar dan mengeluarkan biaya lagi.

Semoga Bermanfaat!

82 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *