Cara dan Syarat Ganti Nama Diri

Cara dan Syarat Ganti Nama Diri – Founding Father kita dulunya memiliki nama asli Koesno , namun karena alsan kesehatan, Soekemi, sang ayah, mengganti nama putranya itu menjadi Soekarno. Lalu di zaman yang modern ini apakah bisa mengganti nama? Jawabannya bisa. Menurut Pasal 52 Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, seorang boleh mengganti nama diri mereka melalui penetapan pengadilan negeri setempat dengan syarat dan alasan tertentu. Jika anda ingin mengganti nama atau menggantikan nama anak anda yang sudah tecatat di dinas kependudukan dan catatan sipil setempat, berikut syarat dan prosedurnya :

Cara dan Syarat Ganti Nama Diri

Syarat perubahan nama :

A. Anak Belum Dewasa

  1. Surat permohonan sidang
  2. FC KTP orang tua sebagai pemohon, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  3. FC surat nikah, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  4. FC kartu keluarga,  ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  5. FC akte kelahiran anak, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  6. FC KTP 2 (dua) orang saksi tanpa materai

B.     Anak Sudah Dewasa ( 21 tahun ke atas atau sudah nikah / kawin )

  1. Surat permohonan sidang
  2. FC KTP pemohon, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  3. FC surat nikah orang tua, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  4. FC kartu keluarga, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  5. FC akte kelahiran pemohon, ditempel materai Rp.6000,- serta di cap / stempel pos
  6. FC KTP 2 (dua) orang saksi tanpa materai

   Cara/Prosedur perubahan nama :

  1. Siapkan niat yang kuat dan bulat
  2. Siapkan biaya sidang
  3. Dengan membawa syarat-syarat perubahan nama (kecuali surat permohonan sidang), datanglah ke Pengadilan Negeri dimana anda tinggal dan masuklah pada Bagian Perdata.
  4. Utarakan kepada petugas tujuan anda yaitu untuk ganti nama, di situ anda akan ditanya mengenai alasan pergantian nama tersebut. (Buatlah alasan yang kuat dan logis).
  5. Setelah itu, anda akan dibuatkan surat permohonan sidang oleh petugas yang didalamnya memuat semua identitas anda dan alasan perubahan nama tersebut.
  6. Setelah itu anda akan dikenai biaya administrasi. Biaya administrasi ini bisa langsung anda bayarkan kepada petugas atau anda mentransfer melalui bank, ini tergantung kebijakan Pengadilan Negeri tersebut.
  7. Setelah membayar/mentransfer, sertakan bukti / slip pembayaran anda pada syarat-syarat yang sudah ada.
  8. Setelah syarat lengkap, petugas akan mendaftakan permohonan pergantian nama anda. Lalu anda tinggal menunggu jadwal sidang.
  9. Proses persidangan
  • Proses persidangan biasanya adalah selang satu minggu setelah berkas anda didaftarkan. Dalam proses persidangan ini, anda harus mengikutkan saksi yang sudah anda tunjuk. Pastikan 2 (dua) orang saksi tersebut mengetahui dengan jelas alasan pergantian nama tersebut dan pastikan juga 2 (dua) orang saksi tersebut mengetahui segala identitas si orang yang akan diubah namanya.Proses persidangan menggunakan hakim tunggal dan yang akan banyak berperan terhadap terkabul atau tidaknya permohonan anda adalah saksi-saksi tersebut, jadi sekali lagi pastikan saksi-saksi mengetahui dengan jelas alasan perubahan nama tersebut.
  • Persidangan  bisa satu kali bisa juga dua kali sidang. Bila dua kali sidang, agenda sidang pertama adalah mendengarkan kesaksian saksi, sedangkan agenda sidang kedua adalah pembacaan putusan oleh hakim. Dalam sidang kedua ini, tidak menggunakan saksi, jadi saksi tidak harus mengikuti sidang kedua ini.

10. Pasca putusan permohonan

  • Bila permohonan diterima, anda akan menerima salinan putusan pengadilan. Salinan putusan pengadilan ini yang digunakan sebagai dasar anda dalam perubahan KTP, akta kelahiran, katu keluarga, ijazah, SIM, kartu pelajar/mahasiswa, dan identitas-identitas yang lain.
  • Bila permohonan ditolak, maka berkas anda akan dikembalikan. Namun jika anda bersikeras ingin tetap ada perubahan nama, anda masih bisa mengajukan permohonan pergantian nama kembali, tentunya harus dimulai dari awal seperti saat pertama mendaftar dan mengeluarkan biaya lagi.

Semoga Bermanfaat!

20 thoughts on “Cara dan Syarat Ganti Nama Diri

  1. Anis

    Kira2 alasan yang kuat buat ganti nama biar di terima apa y?
    TERIMA KASIH

    Reply
  2. ixsa chacha

    maaf saya mau tanya….berapa biaya yg harus d keluarkan saat merubah nama d akte anak saya ? dan bagaimana cara pengurusanya,,,terima kasih

    Reply
    1. Tohir

      Saya dulu tidak sampai 200 ribu,,tidak tahu sekarang…coba di tanyakan saja ke disduk capil..

      Reply
      1. Wisnu

        Apa bener itu sampai 9 , 7 jutaan

        Reply
        1. Tohir

          ga ada mas…sampe 7 juta…200 ribu cukup

          Reply
  3. Kaya putra s

    Kalau misalnya kita sudah dapat penetapan pergantian nama di PN apakah PN bisa membantu kita untuk mendaftarkan pergantian nama tersebut ke dukcapil kalau misalnya daerah kita memohon berbeda dengan dukcapil tersebut. Karena pernah saya baca di uu kependudukan jika kita tidak bisa melaporkan pergantian nama tersebut karena beda daerah. Apakah bisa. Bagaimana sebenarnya. Terima kasih.

    Reply
    1. Tohir

      pn hanya mengeluarkan surat keputusan…untuk proses penggantian nama di disduk capil tetep kita yang harus melaksanakanya…untuk kasus beda daerah,,bisa langsung di tanyakan saja ke disduk capil…karena saya belum tau jika itu beda daerah..

      terimakasih..

      Reply
  4. ronny

    Mas tohir kalo alasan ajukan perubahan nama di pengadilan mengikuti / disesuaikan dengan nama yg tertera di ktp, kk dan surat2 lain, alasannya bisa diterima hakim gk ya? misal nama di akte dian nurochmah dan nama di ktp dan surat berharga lainnya dian nurrohmah……..kalo akte luar daerah bisa ikut di daftarkan di PN dimana ybs tinggalkan? Gak mesti pulang ke kampung halaman buat urus ganti nama?

    Reply
    1. Tohir

      Untuk kasus beda daerah yang mas Ronny alami, saya belum mas tahu, coba mas ronny langsung tanyakan saja ke pihak yang terkait,,,dulu saat adik saya pindah nama dari lely agustin menjadi leli agustin, itupun karena ada perbedaan antara akte dan ijasah, jadi jika perubahan nama masih mirip hanya berbeda satu atau dua hurus,,kayanya masih bisa mas,,,dengan alasan salah pada pengetikan nama di akte, jadi harus di sesuaikan…Biasanya yang menjadi pedoman adalah AKTE mas Rony…KTP, KK akan mengikuti AKTE..dan jika merubah Nama di AKTE Lahir harus melibatkan surat nikah kedua orang tua,,beserta saksi..

      Terimakasih

      Reply
  5. Lilyana Hudson Lopez

    Dear Admin,,

    Kalau salinan putusan pengadilan sudah di terima perubahan nama di KTP, Akta Lahir, Ijazah, SIM dan data lainnya yang menggunakan nama yang lama di urus pengadilan atau kita harus ajukan ke masing masing instansi untuk perubahan nama yang baru?

    Mohon infonya.

    Terima kasih
    Lyant

    Reply
    1. Tohir

      Untuk sim, akta lahir, dasn KTP, serta KK dan lainya kecuali ijazah semua harus di urus ke masing masing instansi..khusus ijazah berbeda kasusnya..paling nanti dapat surat keterangan dari masing-masing sekolah atau universitas,,karena ijazah hanya satu kali dikeluarkan,,tidak bisa berkali-kali..itu setahu saya bu..dan itu terjadi seperti adik saya,,dimana beliau mengganti nama ketika mau masuk SMA, kemudian ijazah SMP, SD tidak dapat dirubah ijazahnya,,namun hanya mendapat surat keterangan dari masing-masing sekolahan…yang menyatakan bahwa anak tersebut sudah ganti nama..

      Reply
  6. riana

    Dear.admin
    Klo surat pemohon minta ny ke siapa ya,kan q lahir di lampung,nikah di lampung tapi kk ktp ikut suami yg alamt ny di bogor,yg q mau tanya kan untuk pemohon nya itu minta nya pengadila negri lampung apa pengadilan negri bogor???trima kasih jwban nya min

    Reply
    1. Tohir

      Coba Ibu riana langsung saja ke disduk capil terdekat dulu, kalau nanti di minta ada surat dari daerah asal berarti ibu harus ke daerah asal dahulu untuk bisa ganti nama…

      Reply
  7. lukmanul hakim

    Dear admin saya mau gnti nm d ktp dan kk tpi saya udah pindah daerah gmn prosedur nya?

    Reply
    1. Tohir

      coba ikuti saja prosedurnya mas,,kalau masih bingung,,di tanyakan saja ke disduk capil dareha mas..

      Reply
  8. dinda

    Saya mau tny kl kita sudah mendapat Salinan surat penetapan dr Pengadilan Negeri, yg kita serahkan ke disdukcapil untuk prmohonan pembuatan catatan pinggir apakah berupa ft copyannya (foto copyan surat penetapan) saja? Terimakasih Admin sblmnya.

    Reply
    1. Tohir

      Coba langsung di tanyakan saja ke disdukcapil terkait, atau untuk jaga-jaga, coba mba bawa aslinya juga untuk menguatkan keautentikanya..terimakasih..

      Reply
  9. vivian_liem@yahoo.co.id

    Dear admin.,

    Saya mau naya bagaimana proses utk mendapatkan surat keterangan perubahan nama dari pengadilan kalau kita sudah punya KTP dan Akte dengan nama baru yang terdaftar dr dinas kependudukan namun belum ada surat dari pengadilan..

    dan biaya pengurusannya berapa yah? terimakasih.

    Reply
    1. Tohir

      wah,,jika sesuai dengan alur, seharusnya KTP baru bisa di buat dengan nama baru setelah ada keputusan pengadilan, untuk anda, coba tanyakan langsung ke dinas kependudukan terkait, nanti akan mendapat jawaban..terimakasih

      Reply
  10. Pingback: Merenungi dibalik hebohnya nama “Tuhan” - Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !