Pertanian

Cara Membersihkan Kandang dan Tempat Pakan Minum Sapi

Cara Membersihkan Kandang Tempat Pakan dan Minum Sapi – Proses pembersihan kandang dikerjakan sesuai prosedur yang ada dalam manajemen pemeliharaan. Pembersihan kandang meliputi bak pakan, bak minum, lantai kandang serta lingkungan kandang.  Alat yang digunakan dalam pembersihan kandang berupa kayu pendorong feses, sekop, sapu lidi serta karung untuk menampung kotoran yang akan dijadikan pupuk organik.

Pembersihan Kandang Sapi

Kandang yang bersih selain mencegah timbulnya penyakit, juga memberikan kenyamanan bagi ternak maupun peternak. Menambahkan bahwa lantai kandang yang bersih sangat berpengaruh terhadap kebersihan udara di dalam ruangan kandang itu sendiri sehingga ternak menjadi lebih nyaman.

Sesekali sapi harus dibersikan dan dimandikan supaya sapi terhindar dari berbagai penyakit dan nafsu makannya meningkat. Sapi yang kulitnya bersih, air keringatnya akan keluar dengan lancar, pengaturan panas tubuh akan sempurna, dan parasit kulit yang menyebabkan penyakit pada kulit tidak mudah menginfeksi.

Ukuran panjang dan lebar kandang pemeliharaan untuk satu ekor sapi dewasa adalah:  panjang dan lebar 2,10 m x 1,45 m untuk sapi lokal dan 2,10 m x 1,50 m untuk sapi impor.

Pembersihan Tempat Pakan dan Minum Sapi

Pembersihan tempat pakan dan minum dilakuan setiap hari. Pembersihan tempat pakan dilakukan apabila ada kotoran yang terdapat pada konsentrat serta pembersihan konsentrat dari sisa jerami amoniasi yang tidak dimakan oleh ternak.

Selain itu, pembersihan juga dilakukan apabila ada konsentrat atau jerami amoniasi yang tercecer di sekitar kandang.  Pembersihan tempat pakan dilakukan jika diperlukan, tetapi untuk tempat minum dibersihkan secara rutin yaitu pada pagi hari.

Cara membersihkan Kandang Tempat Pakan dan Minum Sapi

Tujuan pembersihan tempat pakan dan minum adalah untuk menjaga kualitan pakan sapi dan kebersihan air minum. Apabila kualitas pakan dan kebersihan air menurun, maka dapat mengurangi palatabilitas pakan yang dapat menyebabkan konsumsi pakan menurun sehingga pakan banyak yang tersisa.

Sisa pakan yang ada sesegera mungkin dilakukan penanganan lebih lanjut dengan cara dibuang ataupun dimanfaatkan kembali, karena apabila pakan yang tersisa dibiarkan terus-menerus dapat terjadi pembusukan yang dapat berdampak pada kesehatan.

Baca juga :

Pembersihan tempat pakan dilakukan secara manual menggunakan tangan atau dibantu dengan sekop kecil yang berbahan plastik. Ukuran tempat pakan ternak memiliki panjang 10,32 m, lebar 0,67 m, tinggi 1,07 m dan kedalaman 0,33 m per paddock. Bentuk tempat pakan yang digunakan adalah palungan memanjang seperti persegi panjang yang terbuat dari bahan semen dan batu bata..

Pembersihan tempat minum dilakukan dengan menggunakan sikat atau lap kecil. Pembersihan tempat minum bertujuan agar  bak air minum tidak kotor dan bak tidak berlumut. Kebersihan air minum perlu dijaga, karena sangat berhubungan erat dengan kesehatan ternak.

Model tempat minum ada 2 macam yaitu berbentuk persegi panjang dan lingkaran. Untuk model persegi panjang memiliki ukuran 1,05 m, lebar 0,8 m, tinggi 0,9 m dan kedalaman 0,3 m. Sedangkan model lingkaran memiliki diameter 0,27 m dan kedalaman 0,35 m.

Baca juga : Jenis sapi dan kerbau potong unggul Indonesia

Demikian artikel tentang Cara Membersihkan Kandang dan Tempat Pakan Minum Sapi

Salam,

 

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !