www.FolderBisnis.comSajian lengkap seluk beluk usaha dari strategi sampai promosi

5 Cara Saya Mempertahankan Peringkat SEO Artikel

5 Cara Saya Mempertahankan Peringkat SEO Artikel – Setelah artikel kamu berada di posisi 1 mesin pencari bukan berarti kamu bisa tenang dan tidur dengan nyaman. Sama sulitnya dengan menjadikan konten artikel di halaman satu search engine, mempertahankan artikel tetap di halaman page one google pun sama sulitnya.

Banyak pesaing yang siap menggantikan konten kamu.

..Lalu bagaimana cara agar konten kamu tetap dipage one google..?

Saya mengutip seorang Kolumnis Daniel Faggella yang memberikan tips mempertahankan peringkat SEO.

Menghasilkan sumber yang konsisten dari lalu lintas situs Web adalah dasar bisnis online. Jika kamu tidak memiliki pengunjung yang datang ke website kamu, tidak mungkin untuk mengkonversi mereka menjadi prospek dan pelanggan jangka panjang yang setia. Ketika kamu menyasar mesin pencari sebagai sumber trafik, maka SEO dibutuhkan, dan mempertahankan posisi SERP terbaik di mesin pencari mutlak.

Tapi apa yang terjadi setelah Anda diposisi teratas halaman hasil pencarian Google?

Kamu harus selalu ingat, Faktanya SEO selalu berkembang, begitupun prinsip SEOnya, selalu berkembang mengikuti algoritma terbaru, dan kamu sebagai seorang pembisnis online harus selalu up to date dengan tren terbaru.

mempertahankan SEO

Oke, lanjut…

Kali ini saya akan berbicara tentang bagaimana mempertahankan kata kunci yang sudah kamu dapatkan di mesin pencari, dan kata kunci tersebut mampu menduduki peringkat satu google atau mesin pencari lainya.Strategi ini akan menjaga posisi kata kunci kamu tetap di posisi page one google meskipun algoritma google berubah-ubah..

#1. Selalu Perbarui situs Kamu

Artinya jangan biarkan situs/ blog kamu terlantar tidak pernah diupdate.

Meskipun banyak yang mengira update konten adalah masalah sederhana , tapi itu salah satu kesalahan paling umum di niche internet marketing. Google selalu memperhitungkan 2 poin utama,

Yaitu,  kualitas konten

..dan kesegaran konten

Keduanya adalah bagian dari algoritma untuk tetap mejadi peringkat satu di halaman google, sehingga menjaga situs tetap update adalah cara yang bagus untuk mempertahankan posisi SEO di mesin pencari.

Poin selanjutnya adalah ;

Tinggalkan cara lama dengan “hanya” mengandalkan teks saja, tanpa diperkaya dengan gambar dan video.

Tujuannya adalah memanjakan pengguna dan pembaca situs.

Lagi-lagi, ini adalah tentang kualitas konten !

Luangkan waktu untuk meningkatkan daya tarik visual dari situs Anda. Mengoptimalkan tata letak situs Anda akan mengurangi tingkat bouncing dan meningkatkan kemungkinan pengunjung Anda terlibat dengan konten Anda.

#2. Percepat situs

Kamu bisa menggunakan google page speed untuk menguji kecepatan situs. Kecepatan situs menjadi faktor peringkat dalam pencarian, bukan hanya kecepatan di dekstop, namun juga kecepatan situs ketika di buka di mobile.

Berapa batasan minimal kecepatan situs yang baik,?

Google sendiri menetapkan tidak lebih dari 3 menit.

Jika lebih dari itu, maka 70 % pengunjung akan pergi dan mencari situs lain.

Berikut adalah tiga cara mudah meningkatkan kecepatan situs Anda:

Beralih ke layanan hosting yang lebih cepat, lebih dapat diandalkan.

Mengaktifkan kompresi pada semua gambar di website Anda.

Menggunakan jaringan pengiriman konten (CDN) untuk meningkatkan kecepatan download.

Google PageSpeed ​​Insights akan membantu mengidentifikasi masalah-masalah spesifik yang memperlambat waktu buka website dan menyarankan cara untuk memperbaikinya.

#3. Memperluas dan mengembangkan link Building

Ingat backling berkualitas masih penting, tapi utamakan backlink yang berkualitas, bukan sekedar kuntitas.

Jangan bangun backlink yang berlebihan untuk kata kunci yang sudah memiliki peringkat bagus di mesin pencari.

Optimasi dengan wajar, bangun backlink senatural mungkin, toh jika konten kamu sudah berkualitas, dan sudah mendapat posisi yang bagus di SERP, backlink akan terbangun dengan sendirinya.

Sekali lagi hati-hati dengan proses ini, karena bisa-bisa website kamu akan mendapat pinalti dan hilang dari peredaran mesin pencari.

Ini berlaku untuk link do follow dan link no follow. Salah dalam membangun link building, maka bisa bisa artikel kamu terdepak dari halaman satu google.

Jika kamu ingin mempertahankan peringkat kata kunci, maka kamu harus memperluas inbound link ke semua beberapa halaman di situs Anda, tentunya yang relevan. Strategi ini akan meningkatkan keseluruhan otoritas website Anda dari perspektif Google.

#4. Manfaatkan dengan maksimal outbound link dan internal

Link dalam situs Anda bisa sama pentingnya dengan backlink ke situs Anda.

Artinya,

Internal dan eksternal link sama pentingnya, namun harus sesuai kebutuhan !

Eksternal Link (Outbound link)

Mengirim link keluar dengan sasaran situs otoritas dan di niche sesuai membantu Google menentukan relevansi situs.

Selalu pastikan bahwa link eksternal menyediakan konten yang relevan, konten yang berharga bagi pembaca.

Misalnya, jika artikel kamu tentang cara bertahan hidup di alam liar, maka Anda bisa melakukan backlink ke luar seperti cara mengatasi gigitan ular milik wikiHow.

Secara semantik, hal tersebut berhubungan dan google akan menilai relevansi yang terjadi. Dengan relevansi tersebut, Situs kamu akan mendapat otoritas kepercayan seperti wikiHow.

Internal Link

Internal berperan menghubungkan antar artikel satu dengan artikel lain dalam situs kamu. Setiap kali Anda link ke artikel terkait di situs Anda sendiri, ini akan membantu artikel/ konten kamu tetap diposisi pageone google.

Ketika dilakukan dengan benar, menghubungkan internal akan membantu mesin pencari untuk lebih memahami fokus topik setiap halaman.

Selain mempertahankan peringkat SEO, internal link juga menjaga pengguna di situs anda lebih lama dengan memberikan kemudahan mereka menuju konten terkait.

Tapi jangan lakukan dengan membabi buta,,sewajarnya, saya pribadi jika artikel 500 kata, maka saya sertakan link internal maksimal 3 link internal ke halaman terkait.

#5. Manfaatkan media sosial

Masih menjadi perdebatan dikalangan praktisi webmater, apakah keterlibatan media sosial mempengaruhi faktor peringkat dalam pencarian, baik dampak secara langsung atau tidak langsung.

Dan kemudian ditemukan bahwa, hal itu sangat jelas,  bahwa mesin pencari melihat setiap platform media sosial sebagai situs otoritas. Website media sosial populer seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn semua memiliki PageRank yang tinggi di Google.

Jadi, manfaatkan media sosial untuk mempertahankan SEO adalah cara cerdas !, lakukan promosi konten dengan facebook atau media sosial lainya.

Lagi-lagi tentang relevansi,

Mendapatkan link dari jaringan media sosial akan membantu Google menentukan relevansi dari situs kamu.

Semakin banyak orang suka dan berbagi konten,. Ketika terus mengumpulkan backlink berkualitas dari sosial media seperti facebook, akan membantu meningkatkan dan mempertahankan peringkat Anda dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa tips cepat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas blog Anda di media sosial:

Menambahkan tombol share media sosial di situs kamu

Gunakan kata “ajakan” Anda (misalnya, “Jika Anda menyukai konten ini, pastikan untuk berbagi dengan mengklik tombol ini di sini.”).

Penutup ;

Optimisasi situs di mesin pencari adalah proses jangka panjang, bukan cara instan semalam. Biasanya, Anda membutuhkan beberapa bulan untuk meihat hasil kerja SEO Anda.

Cona terapkan 5 Cara Saya Mempertahankan Peringkat SEO Artikel, semoga akan membantu kamu mempertahankan posisi terbaik di SERP lebih lama

Simpan

Simpan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *